sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menambahkan Jojoba Oil Dalam Rutinitas Skincare

Intan Dwi | Rabu, 28 Apr 2021 14:00 WIB
7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menambahkan Jojoba Oil Dalam Rutinitas Skincare
caption

Kalau kamu mencari bahan perawatan kulit untuk menutrisi dan melindungi kulit, maka minyak jojoba bisa menjadi pilihan untuk digunakan. Minyak jojoba ini berasal dari tanaman jojoba, dan minyak ini cukup lembut untuk digunakan sebagai minyak pembawa untuk dicampur dengan minyak esensial lainnya.

Karena kaya akan vitamin A, E dan D yang dapat meningkatkan kecantikan ditambah antioksidan dan asam lemak, banyak orang menggunakan minyak jojoba sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit mereka. Buat kamu yang belum tahu, mungkin tujuh alasan ini bisa kamu pikirkan untuk memasukkan minyak jojoba ke dalam rutinitas perawatan kulit kamu.

Melindungi kulit

Jojoba memiliki cara alami untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.
Melindungi kulit/freepik.com

Jojoba memiliki cara alami untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Dilansir dari Byrdie, jojoba satu-satunya tumbuhan di dunia yang diketahui menghasilkan ester lilin cair murni. Tanaman itu melapisi molekul panjang di lapisan luar daunnya untuk menghentikan sinar UVB menembus daunnya. Karena itu, mungkin ini akan melakukan hal yang sama untuk kulit kamu.

Mengontrol produksi sebum

Minyak jojoba mengatur produksi sebum karena sangat mirip dengan sebum yang diproduksi tubuh secara alami.
Mengontrol produksi sebum/stocksy.com

Minyak jojoba mengatur produksi sebum karena sangat mirip dengan sebum yang diproduksi tubuh secara alami. Ketika kamu mengoleskan minyak jojoba ke kulit, maka kulit menjadi tenang dan lembap.

Ini mengirimkan sinyal ke rambut dan folikel keringat kamu bahwa kulit tidak membutuhkan sebum tambahan untuk hidrasi. Ini juga membuat kulit terlihat berminyak dan membantu mencegah jerawat yang disebabkan pori-pori terbuka.

Mengobati jerawat

Minyak jojoba memiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan, khasiat penyembuhan, melembapkan dan antimikroba alami.
Mengobati jerawat/freepik.com

Dilansir dari Healthline, ada satu uji klinis yang menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Minyak jojoba memiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan, khasiat penyembuhan, melembapkan dan antimikroba alami. Sifat-sifat ini menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu kamu menghindari jerawat serta mempercepat penyembuhan jerawat ringan.

Melembapkan bibir

Karena konsistensi berminyak dan manfaat hidrasi tersebut, minyak jojoba adalah bahan yang bagus digunakan untuk bibir.
Melembapkan bibir/freepik.com

Buat kalian yang memiliki bibir kering, kalian bisa menggunakan minyak jojoba untuk melembapkannya. Karena minyak jojoba kaya akan antioksidan yang menenangkan kulit dan asam lemak yang melembutkan dan melindungi lapisan kulit luar. Karena konsistensi berminyak dan manfaat hidrasi tersebut, minyak jojoba adalah bahan yang bagus digunakan untuk bibir.

Non-comedogenic

Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan di kulit dan menyumbat pori-pori kamu yang menyebabkan lebih sedikit jerawat dan jerawat tidak terlalu parah.
Noncomedogenic/freepik.com

Meskipun minyak jojoba merupakan zat nabati, tapi ini sangat mirip dengan minyak (sebum) yang diproduksi secara alami oleh tubuh sehingga kulit kamu tidak dapat membedakannya. Hal ini mengurangi kemungkinan terjadinya penumpukan di kulit dan menyumbat pori-pori kamu yang menyebabkan lebih sedikit jerawat dan jerawat tidak terlalu parah.

Meminimalkan bekas luka

Sifat penyembuhan luka alami minyak jojoba yang dikombinasikan dengan kandungan vitamin E-nya, dapat meminimalkan munculnya bekas luka.
Meminimalkan bekas luka/freepik.com

Vitamin E sudah lama direkomendasikan untuk membantu mengatasi jaringan parut. Kalau kalian ingin mencoba vitamin E sebagai obat untuk jaringan parut, minyak jojoba terbukti bermanfaat dalam proses penyembuhan. Sifat penyembuhan luka alami minyak jojoba yang dikombinasikan dengan kandungan vitamin E-nya, dapat meminimalkan munculnya bekas luka.

Meningkatkan sintesis kolagen

Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh kamu memproduksi kolagen.
Meningkatkan sintesis kolagen/freepik.com

Antioksidan dalam minyak jojoba dapat membantu tubuh kamu memproduksi kolagen. Kolagen adalah protein yang ada di kulit dan persendian kamu, serta bagian tubuh kamu yang terbuat dari tulang rawan. Tingkat kolagen menurun seiring bertambahnya usia, ini adalah bagian dari alasan struktur wajah kamu berubah seiring bertambahnya usia.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id