sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Beauty Hacks yang Ternyata Berbahaya untuk Wajah, Apa Saja?

Pavita Sevilla | Rabu, 31 Mar 2021 14:15 WIB
7 Beauty Hacks yang Ternyata Berbahaya untuk Wajah, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Beauty hacks merupakan salah satu jalan pintas dengan memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita untuk digunakan sebagai produk kecantikan kulit. Orang-orang sering mengandalkan ini karena biayanya yang dianggap lebih terjangkau dan juga praktis. Namun, ternyata banyak beauty hacks yang sebenarnya berbahaya dan bisa merusak kulit.

7 beauty hacks ini ternyata berbahaya, lho. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini.

1. Pasta gigi untuk jerawat dan bekas jerawat

Ilustrasi pasta gigi/pixabay.com
Ilustrasi pasta gigi/pixabay.com

Beauty hacks satu ini pasti sudah turun-temurun dilakukan. Walaupun dapat mengeringkan jerawat dan memudarkan bekasnya dengan cepat, namun pasta gigi mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) dan baking soda yang dapat membuat iritasi wajah serta menimbulkan reaksi alergi. Kebanyakan pasta gigi juga mengandung pemutih yang dapat menimbulkan reaksi terbakar pada wajah.

2. Mengobati jerawat dengan bawang putih, jeruk nipis, atau tomat

Jeruk nipis, tomat, dan bawang putih/pixabay.com
Jeruk nipis, tomat, dan bawang putih/pixabay.com

Lagi-lagi beauty hacks untuk jerawat. Meskipun bawang putih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, namun tidak untuk jerawat. Bawang putih dapat menimbulkan rasa terbakar yang hebat serta berpotensi meninggalkan bekas luka bakar apabila digunakan di wajah.

Tomat juga sangat tidak baik untuk wajah karena memiliki tingkat keasaman atau pH yang tinggi, terutama jeruk nipis yang lebih asam daripada tomat. Sehingga keduanya dapat menyebabkan wajah iritasi, alergi, bahkan bisa menimbulkan jerawat yang lebih banyak lagi.

3. Putih telur untuk mengangkat komedo

Putih telur mentah/healthline.com
Putih telur mentah/healthline.com

Telur mentah mengandung bakteri salmonella. Jika dijadikan sebagai masker pengangkat komedo, bakteri ini bisa saja masuk ke dalam kulit melalui pori-pori yang terbuka atau mungkin luka yang tidak disadari ada dan menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu, apabila tidak sengaja termakan juga akan mengakibatkan gejala keracunan seperti diare, demam, dll.

4. Kompres es batu untuk mengecilkan pori-pori

Ilustrasi es batu/pixabay.com
Ilustrasi es batu/pixabay.com

Pori-pori yang besar memang tidak akan bisa mengecil ke ukuran semula, dan pori-pori juga tidak bisa dihilangkan. Banyak yang mengatakan bahwa kompres dengan es batu langsung akan membuat pori-pori mengecil. Tetapi, kompres es batu yang sangat dingin ke muka dapat menyebabkan muka merah-merah dan menjadi iritasi.

5. Deodoran sebagai primer penahan minyak

Deodoran sebagai primer/instagram.com/s_hossine
Deodoran sebagai primer/instagram.com/s_hossine

Deodoran memiliki kandungan alumunium sebagai pencegah bakteri agar tidak menimbulkan bau serta parfum yang kuat. Pada beberapa orang, deodoran yang digunakan di ketiak saja bisa tidak cocok dan menyebabkan iritasi, bagaimana jika diaplikasikan di wajah? Tentunya ini berbahaya karena kandungan alumunium serta parfumnya dapat menimbulkan iritasi, reaksi alergi, hingga jerawat meradang.

6. Hair spray sebagai setting spray makeup

Ilustrasi hair spray/unsplash.com
Ilustrasi hair spray/unsplash.com

Beberapa waktu lalu, beauty hack ini sempat viral di TikTok. Para ahli menyebutkan bahwa hair spray yang dijadikan setting spray makeup ini sangatlah berbahaya. Hair spray mengandung banyak sekali alkohol yang dapat membuat kering kaku seketika. Hal ini dapat mengakibatkan wajah sangat kering, menimbulkan jerawat, hingga reaksi alergi yang luar biasa.

7. Menggunakan Vaseline Repairing Jelly atau baby oil sebagai first cleanser

Vaseline repairing jelly dan baby oil/vaseline.com dan johnsonsbaby.co.id
Vaseline repairing jelly dan baby oil/vaseline.com dan johnsonsbaby.co.id

Banyak yang menggunakan kedua produk ini sebagai pengganti cleansing balm atau cleansing oil. Kedua produk ini bersifat comedogenic dan tidak cocok digunakan di wajah. Repairing jelly atau baby oil dapat menyumbat pori-pori yang nantinya akan mengakibatkan jerawat, bahkan hingga jerawat meradang. Penggunaannya di sekitar mata juga dapat menimbulkan milia.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id