sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Cara Mudah Mengatasi Jerawat di Punggung

Ratih Dewi | Kamis, 10 Jun 2021 17:00 WIB
7 Cara Mudah Mengatasi Jerawat di Punggung
caption

Tidak hanya di area wajah, jerawat juga bisa muncul di area tubuh kita yang lain, salah satunya adalah jerawat punggung. Banyak faktor penyebab munculnya jerawat punggung yang membuat kita tidak nyaman karena punggung tidak mulus dan menjadi tidak percaya diri, terutama jika menggunakan baju dengan memperlihatkan punggung kita. 

Selain melakukan perawatan seperti menggunakan sabun mandi khusus jerawat, cream untuk jerawat, obat jerawat atau lainnya, ada juga beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat di punggung lho Ladies, yuk kita simak bersama! 

1. Jaga Kebersihan Rambut

Jaga Kebersihan Rambut
Jaga Kebersihan Rambut/Foto : freepik.com

Punya rambut panjang sampai menutupi punggung? Perhatikan kebersihan rambut kamu ya Ladies. Rambut panjang kamu bisa menjadi faktor penyebab munculnya jerawat di punggung kamu, terutama jika rambut kamu berkeringat, kotor, atau belum keramas. 

Selalu ikat atau cepol rambut kamu jika kamu merasa keadaan rambut kamu tidak dalam keadaan bersih dan berkeringat, kotoran di rambut atau keringat di rambut yang menutupi punggung akan menempel dan menjadi penyebab jerawat. 

2. Langsung Mandi Setelah Olahraga

Langsung Mandi Setelah Olahraga
Langsung Mandi Setelah Olahraga/Foto : freepik.com

Ketika berolahraga sudah pasti kita mengeluarkan keringat lebih banyak dan juga tercampur dengan debu juga kotoran yang menempel di tubuh, menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Jika tidak langsung mandi atau membersihkan tubuh maka keringat dan debu akan menumpuk lebih lama dan menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Gunakan juga pakaian yang nyaman, tidak terlalu tebal, dan pastinya menyerap keringat jadi kamu lebih nyaman ketika berolahraga juga meminimalisir menjadi pemicu timbulnya jerawat di punggung. 

3. Hindari Menggunakan Pakaian Ketat

Hindari Menggunakan Pakaian Ketat
Hindari Menggunakan Pakaian Ketat/Foto : freepik.com

Untuk sehari-hari sebaiknya hindari menggunakan pakaian yang ketat karena pakaian yang ketat bisa menimbulkan gesekan antara kulit punggung kamu dengan pakaian ketat, terutama jika berkeringat maka keringat akan menempel dan menyumbat pori-pori kulit punggung dan menyebabkan jerawat. 

Pakaian yang longgar selain membuat kamu nyaman, tidak gerah, dan meminimalisir gesekan antara pakaian dengan kulit punggung kamu. 

4. Oleskan Lidah Buaya atau Obat Jerawat

Oleskan Lidah Buaya atau Obat Jerawat
Oleskan Lidah Buaya atau Obat Jerawat/Foto : freepik.com

Seperti yang sudah diketahui, lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak manfaat terutama untuk kecantikan dalam melawan jerawat. Kamu bisa mengoleskan lidah buaya di area punggung kamu yang berjerawat, tunggu sekitar 30 menit, lalu kamu bilas. Kamu bisa menggunakan lidah buaya sehari 2 sampai 3 kali. 

Kalau kamu tidak cocok dengan lidah buaya atau produk yang mengandung lidah buaya, kamu bisa menggunakan obat jerawat lainnya misalkan yang mengandung BHA, Retinol, atau lainnya. Pastikan kamu memperhatikan juga cara pemakaiannya agar bisa bekerja dengan optimal melawan jerawat. 

5. Selalu Gunakan Pelembap Setelah Mandi

Selalu Gunakan Pelembap Setelah Mandi
Selalu Gunakan Pelembap Setelah Mandi/Foto : freepik.com

Pastikan kamu menggunakan pelembap setelah mandi untuk menjaga area punggung kamu selalu lembab dan pastikan kandungan pelembap yang akan kamu gunakan sudah sesuai dan bisa untuk mengatasi jerawat. Area kulit yang kering bisa memicu jerawat menjadi timbul rasa gatal, juga kemerahan yang membuat kamu harus menggaruknya. 

Kalau terlalu kasar menggaruk, bisa jadi jerawat kamu akan luka, timbul iritasi, dan malah membuat jerawat kamu menjadi berbekas dan sulit untuk pudar. 

6. Rutin Mandi dan Eksfoliasi 

Rutin Mandi dan Eksfoliasi
Rutin Mandi dan Eksfoliasi/Foto : freepik.com

Normalnya, mandi sehari 2 kali pada pagi dan malam hari. Jangan sampai kamu tidak mandi seharian karena keringat dan kotoran yang tidak kamu sadari menempel di kulit punggung dan menimbulkan jerawat.

Rutin juga untuk eksfoliasi seminggu 1 sampai 2 kali untuk mengangkat sel kulit mati di tubuh kamu dan bisa meredakan jerawat. Pastikan kamu dengan lembut melakukan eksfoliasi agar tidak melukai jerawat di punggung atau menimbulkan iritasi. 

7. Gunakan Kandungan Produk Perawatan yang Tepat 

Gunakan Kandungan Produk Perawatan yang Tepat
Gunakan Kandungan Produk Perawatan yang Tepat/Foto : freepik.com

Apapun produk perawatan yang kamu gunakan untuk mengatasi jerawat di punggung, mulai dari sabun mandi, produk eksfoliasi, pelembap, body lotion, obat jerawat, atau lainnya pastikan kandungan yang ada diproduk tersebut cocok, aman, dan fokus untuk mengatasi kulit yang berjerawat. 

Kamu pastikan juga cara pemakaiannya, apakah boleh digunakan setiap hari atau pada waktu tertentu saja, supaya bisa bekerja dengan optimal dan tidak membuat kulit menjadi iritasi. Semoga tips ini bisa membantu kamu mengatasi jerawat di punggung ya Ladies.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id