sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Makanan Mencegah Keriput pada Wajah

Intan Kumala | Minggu, 27 Dec 2015 01:00 WIB
7 Makanan Mencegah Keriput pada Wajah
caption
Perawatan kulit tidak hanya dilakukan dari luar, tapi juga dari dalam tubuh. Pemakaian krim atau lotion memang ampuh mengatasi keriput pada wajah. Tapi sebenarnya efeknya tidak berlangsung lama dan harus dilakukan berulang. Belum lagi biaya yang dikeluarkan juga sangat mahal. Sebaiknya konsumsi bahan makanan yang mengandung antioksidan. Berikut 5 makanan yang dapat mencegah keriput pada wajah:

1. Kacang-Kacangan


Hampir semua kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang hijau, kedelai, buncis dan kacang panjang mengandung serat. Kacang polong juga memiliki indeks glikemik rendah sehingga gula darah tidak cepat naik. Polong-polongan juga anti radang dan dapat mencegah kulit kendur dan berkerut.
Foto: https://m.infospesial.net/30203/cegah-kanker-payudara-dengan-makanan-berikut-ini_2/

2. Kunyit


Kunyit mengandung antioksidan, dapat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Kunyit berkhasiat mengurangi masalah kerutan, keriput dan melembutkan kulit. Caranya cukup dengan membuat masker kunyit. Parut kunyit yang telah dibersihkan kemudian campurkan dengan olahan timun. Lakukan dua minggu sekali untuk hasil yang maksimal.
Foto: https://nangimam.blogspot.co.id/2013/12/khasiat-dan-manfaat-kunyit-untuk.html

3. Kacang Almond


Kacang almond mengandung selenium dan vitamin E untuk kesehatan kulit. Sebaiknya almond diolah dengan cara dipanggang atau dimakan biasa tanpa tambahan gula atau garam. Satu sajian almond (12 butih) per hari dapat memperbaiki kerusakan kulit, meremajakan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.
Foto: https://dbagus.com/manfaat-kacang-almond-bagi-kesehatan

4. Minyak Zaitun


Salah satu konsumsi minyak sehat yaitu minyak zaitun. Minyak ini mengandung oleic acid yang berfungsi menyerap omega 3, vitamin dan mineral. Tubuh membutuhkan lemak dalam batas tertentu untuk menjaga sel kulit tetap bercahaya dan bebas kerutan.
Foto: https://www.medianita.com/8-manfaat-minyak-zaitun-untuk-kecantikan/

5. Teh Hijau


Teh hijau mengandung polifenol sebuah senyawa yang mampu mengatasi masalah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Senyawa ini juga dapat mengatasi masalah kulit dan melindungi sel sehat dari ancaman kanker. Konsumsi teh hijau secara rutin dapat mencegah penyakit kulit psoriasis dan memperlambat penuaan seperti keriput.
Foto: https://scint.org/kecantikan-bisa-didapat-dari-teh-hijau/

6. Bawang Putih


Bawang putih berfungsi sebagai antiseptik. Khasiat yang terkandung di dalamnya memang tidak dapat diragukan lagi. Dapat menunda keriput serta mengembalikan sel kulit rusak akibat radikal bebas yang masuk ke tubuh. Selain itu bawang putih dapat menekan darah tinggi, memperlancar peredaran darah ke jantung.
Foto: https://selingkaran.com/news/read/931/2015/08/manfaat-bawang-putih-untuk-kesehatan-tubuh/

7. Sayuran Hijau


Sejumlah khasiat pada sayuran memang sudah banyak dibuktikan. Banyak pakar kulit percaya bahwa sayuran hijau mampu memperlancar peredaran hemoglobin di sel darah merah. Beberapa sayuran seperti bayam mengandung phytonutrients yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh agar kulit bening dan bercahaya.
Foto: https://media-shareplus.blogspot.co.id/2015/03/hebat-sering-konsumsi-bayam-bisa-cegah-6-penyakit-ini.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id