sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Manfaat Witch Hazel dalam Skincare, Cocok untuk Kulit Berjerawat!

Intan Dwi | Kamis, 03 Sep 2020 08:00 WIB
7 Manfaat Witch Hazel dalam Skincare, Cocok untuk Kulit Berjerawat!
caption

Bagi pecinta skincare pasti udah enggak asing lagi dengan kandungan witch hazel di produk skincare kalian kan? Witch hazel sendiri merupakan tanaman yang memiliki khasiat obat yang bisa digunakan dengan berbagai cara.

Terdapat banyak spesies witch hazel, tetapi Hamamelis Virgianiana jenis yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di Amerika. Karena memiliki banyak manfaat untuk mengatasi segala masalah di tubuh dan salah satunya untuk kecantikan.

Tanaman ini pun kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan skincare. Penasaran apa aja sih manfaat dari witch hazel?


Meredakan Peradangan

witch hazel mengandung banyak senyawa dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, termasuk asam galat dan tanin.
Meredakan Peradangan/freepik.com

Mengatasi peradangan di kulit kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan witch hazel. Karena kandungan tersebut mengandung banyak senyawa dengan sifat anti-inflamasi yang kuat, termasuk asam galat dan tanin.

Witch hazel juga mengandung antioksidan yang membantu mencegah peradangan yang meluas dan menetralkan radikal bebas. Oleh karena itu, witch hazel memiliki manfaat yang luas terkait masalah peradangan, seperti jerawat, eksim atau psoriasis. Jika secara efektif mengoleskan witch hazel, itu juga akan membantu menenangkan kulit.

Mengurangi Iritasi Kulit

Beberapa penelitian menunjukkan, jika mengoleskan witch hazel ke kulit sensitif mungkin bermanfaat untuk mengobati kulit yang meradang, iritasi atau rusak.
Mengurangi Iritasi Kulit/freepik.com

Beberapa penelitian menunjukkan, jika mengoleskan witch hazel ke kulit sensitif mungkin bermanfaat untuk mengobati kulit yang meradang, iritasi atau rusak. Witch hazel sendiri juga telah terbukti menekan eritema atau bercak kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh iritasi. Dalam penelitian lainnya membuktikan bahwa bahan dasar ini mengandung witch hazel yang mampu meredakan kulit sensitif dan iritasi.

Melawan Jerawat

Karena memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan witch hazel ini bermanfaat untuk mengobati jerawat.
Melawan Jerawat/freepik.com

Karena memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, beberapa penelitian menunjukkan witch hazel ini bermanfaat untuk mengobati jerawat. Kamu bisa langsung mengaplikasikan produk skincare dengan bahan dasar witch hazel setelah membersihkan dan menguapi wajah agar produknya bisa menyerap secara maksimal.

Witch hazel juga membantu mengecilkan pori-pori sekaligus menenangkan kulit. Ini dapat mencegah bakteri penyebab jerawat menginfeksi kulit, tapi penelitian tentang efek samping witch hazel untuk jerawat masih terbatas dan masih dalam penelitian lebih lanjut.

Melindungi Dari Kerusakan Kulit

Witch hazel sendiri kaya akan tanin, yaitu senyawa tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan.
Melindungi Dari Kerusakan Kulit/freepik.com

Witch hazel sendiri kaya akan tanin, yaitu senyawa tumbuhan alami dengan sifat antioksidan yang kuat sehingga bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan. Saat melakukan penelitian, ditemukan bahwa tanin bisa bertindak sebagai penghalang. Dengan mencegah zat penyebab peradangan memasuki sel kulit.

Selain itu, ada sebuah penelitian yang menunjukkan reaksi bahwa witch hazel membantu menetralkan radikal bebas  berbahaya dan mencegah penyebaran sel kanker kulit.

Memperbaiki Warna Kulit

Witch hazel juga memiliki manfaat lainnya, yaitu bisa untuk menghasilkan warna kulit yang lebih merata.
Memperbaiki Warna Kulit/freepik.com

Karena memiliki berbagai khasiat, mulai dari memperkecil pori-pori hingga meredakan peradangan. Witch hazel juga memiliki manfaat lainnya yang akan membantu mengatasi masalah  lainnya, yaitu bisa untuk menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Menenangkan Mata Sembab

Berkat sifat anti-inflamasi dan astringentnya, witch hazel bisa mengurangi bengkak dan menenangkan area di bawah mata.
Menenangkan Mata Sembab/freepik.com

Berkat sifat anti-inflamasi dan astringentnya, witch hazel bisa mengurangi bengkak dan menenangkan area di bawah mata. Tak hanya kedua itu, kandungan ini juga akan memberikan efek pengencangan di kulit kamu.

Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Kandungan polifenol witch hazel ternyata juga bisa membantu melawan penuaan diri.
Mencegah Tanda-Tanda Penuaan/freepik.com

Kandungan polifenol witch hazel ternyata juga bisa membantu melawan penuaan diri. Hal ini mungkin dikarenakan adanya efek antioksidan di dalamnya. Sehingga membantu mengurangi dan mencegah kerusakan radikal bebas pada kulit akibat sinar UV dan pengoksidasi polusi udara. sifat astringentnya dapat membuat kulit kamu terlihat lebih kencang.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id