sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Masker Alami Ini Ampuh Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit Wajah

Ayuliy Lestari | Sabtu, 09 Jan 2021 10:30 WIB
7 Masker Alami Ini Ampuh Mencerahkan dan Mengencangkan Kulit Wajah
caption

Memiliki kulit wajah yang terlihat cerah dan kencang memang meningkatkan rasa percaya diri. Tak heran jika berbagai perawatan wajah dilakukan oleh para wanita untuk mendapatkan kulit wajah idamannya. Mulai dari penggunaan krim, masker wajah hingga tindakan-tindakan medis.

Namun perlu diingat Ladies, tidak semua kulit cocok dengan perawatan atau produk kecantikan. Jika kamu memaksakan diri menggunakan produk yang tidak sesuai, tentunya malah akan memicu masalah kulit. Sebaiknya cobalah bahan-bahan alami terlebih dahulu, kamu bisa mengaplikasikannya sebagai masker. Meskipun tidak secepat produk kecantikan instan yang mengandung bahan kimia, bahan-bahan alami juga ampuh mencerahkan dan mengencangkan kulit jika di pakai secara rutin bahkan kulit pun menjadi lebih sehat.

Bahan alami apa saja sih yang bisa dijadikan sebagai masker untuk membuat kulit lebih cerah dan kencang? Keep scrolling!

1. Tomat

Masker alami untuk kulit wajah
Tomatoes/Freepik.com

Tomat mengandung antioksidan yang cukup tinggi serta vitamin A, B dan C sehingga bisa membantu menjaga kesehatan kulit, meratakan warna kulit hingga mencegah penuaan dini. Apalagi cara menggunakannya juga sangat mudah dimana kamu hanya perlu memotong tomat menjadi dua buah bagian lalu mengoleskannya pada wajah yang sudah dibersihkan. Bisa juga dengan menghaluskan tomat dan dicampur kan dengan susu murni.

2. Putih Telur

Masker alami untuk kulit wajah
Eggs/Freepik.com

Mungkin kamu tidak asing dengan manfaat putih telur sebagai masker. Putih telur memang bisa digunakan sebagai masker alami yang membantu mencerahkan kulit wajah.

Tidak hanya mencerahkan, putih telur juga membuat kulit wajah kamu menjadi lebih kencang bahkan bisa membantu menghilangkan komedo. Kamu hanya perlu mengoleskan putih telur pada wajah, diamkan hingga wajah terasa kencang dan bilas dengan air bersih.

3. Alpukat

Masker alami untuk kulit wajah
Avocado/Freepik.com

Konsistensi dari alpukat yang dilumatkan membuatnya mudah diaplikasikan ke kulit sehingga memungkinkan masuk jauh ke dalam pori-pori mikroskopis kulit. Adapula kandungan vitamin dan asam lemak yang menutrisi kulit serta membantu mengeluarkan sel kulit mati, debu dan minyak berlebih.

Kandungan antioksidan pada alpukat juga ampuh meremajakan kulit sehingga tidak hanya membuat lebih cerah karena kulit mati dan kotoran terangkat namun juga mengencangkan. Kamu hanya perlu menghaluskan alpukat kemudian mencampurkannya dengan air atau susu untuk hasil yang lebih efektif.

4. Pepaya

Masker alami untuk kulit wajah
Papaya/Freepik.com

Selain membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, pepaya juga recommended dijadikan sebagai bahan masker bahkan cukup ampuh untuk mencerahkan wajah. Pepaya mengandung vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dapat meningkatkan warna kulit. Enzim aktif yang ada di dalamnya, seperti papain membantu mengurangi pigmentasi, mengendalikan jerawat dan pembentukan kerutan.

Caranya sama seperti alpukat di mana kamu hanya perlu menghaluskan pepaya kemudian campurkan dengan air atau susu. Untuk mengatasi jerawat maka kamu bisa mencampur pepaya yang sudah dihaluskan dengan air lemon.

5. Kentang

Masker alami untuk kulit wajah
Potatoes/Freepik.com

Kentang juga salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik kulit. Kandungan mineral pada kentang ampuh digunakan untuk menghindari masalah penuaan dini, membantu regenerasi kulit dan memberikan efek lebih cerah dan segar. Bahkan antioksidan pada kentang dapat membuat kulit wajah terhindar dari noda hitam.

Untuk anti penuaan, kamu bisa menghaluskan kentang dan mencampurkannya dengan yogurt. Sedangkan untuk mencerahkan kulit, kamu bisa mencampur kentang yang sudah dihaluskan dengan air lemon.

6. Kunyit

Masker alami untuk kulit wajah
Curcuma/Freepik.com

Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari kunyit dapat membantu memperlambat penuaan. Kunyit juga memiliki sifat antimutagenik yang dapat melindungi kulit dari sinar UV berbahaya bahkan juga cukup ampuh menunda tanda-tanda penuaan. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok makan bubuk kunyit dan 3 sendok teh air mawar lalu oleskan pada kulit wajah, 10 hingga 15 menit.

7. Kopi

Masker alami untuk kulit wajah
Coffee/Freepik.com

Mengaplikasikan kopi secara langsung bisa membantu mengurangi munculnya bintik-bintik akibat terpapar matahari, kemerahan dan garis-garis halus. Kopi mengandung antioksidan, seperti polifenol yang membantu melindungi kulit terhadap sinar ultraviolet (UV) dan beberapa tanda penuaan terkait dengan paparan sinar matahari. Kamu juga hanya perlu mencampurkan kopi bubuk dengan air atau susu.

Nah, itulah beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker. Bahan-bahan yang mudah didapat tersebut sangat ampuh digunakan sebagai pencerah kulit dan juga mengencangkan.

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id