sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Pilihan Essential Oil Untuk Menenangkan Kulit Eksim, Apa Saja?

Henny Alifah | Rabu, 06 Jan 2021 11:00 WIB
7 Pilihan Essential Oil Untuk Menenangkan Kulit Eksim, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Eksim adalah kondisi kulit yang membuat kulit jadi kering, kasar, gatal, dan meradang. Kondisi ini tidak menular, paling umum terjadi pada bayi dan anak-anak namun juga tidak menutup kemungkinan muncul pada usia remaja dan berlanjut hingga dewasa. Pada beberapa orang, kondisi ini akan memudar seiring waktu. Namun bagi sebagian orang yang lain, mereka harus berjuang tahun demi tahun dengan kondisi kulit yang biasanya kambuh-kambuhan ini.

Selain perawatan topikal dari produk skincare dan balsem atau salep yang banyak beredar di pasaran, ada juga opsi essential oil yang bagus digunakan untuk menenangkan kulit eksim. Nah, berikut adalah tujuh essential oil untuk eksim.

1. Jojoba oil

Desert Essence 100% Pure Jojoba Oil
Jojoba Oil/ Foto: Instagram.com/desert_essence

Jojoba oil memberikan kelembapan yang serupa dengan kelembapan dari minyak alami kulit. Ini menjadikannya sebagai essential oil yang bagus untuk mengatasi kulit kering atau pecah-pecah. Essential oil yang ini meresap ke dalam kulit tanpa meninggalkan residu dan membantu melembapkan lapisan kulit terdalam.

2.  Frankincense oil

Organic Supply Co Frankincense Essential Oil
Frankincense Oil/ Foto: Instagram.com/organicsupplyco

Frankincense oil atau minyak kemenyan ini dapat menyembuhkan kulit serta dapat membantu tubuh dan pikiran rileks. Encerkan terlebih dahulu essential oil ini dengan carrier oil, lalu oleskan ke kulit untuk menenangkan dan membantu meningkatkan perbaikan sel.

3. Lavender oil

Young Living Lavender Essential Oil
Lavender Oil/ Foto: Instagram.com/youngliving_indonesia

Beberapa essential oil, seperti lavender dan kemenyan, memiliki sifat anti-inflamasi, yang bagus untuk mengatasi eksim.

4. Helichrysum oil

Young Living Helichrysum Oil
Helichrysum Oil/ Foto: Instagram.com/youngliving_indonesia

Helichrysum dapat membantu menyembuhkan pembuluh darah yang rusak. Campuran helichrysum oil dengan essential oil lainnya bisa sangat efektif dalam mengobati eksim.

5. Geranium oil

Bathaholic Geranium Aromatherapy Essential Oil
Geranium Oil/ Foto: Instagram.com/thebathaholic

Lembut dan dikenal karena sifat penyeimbangnya, campuran geranium oil dan coconut milk atau oat milk adalah essential oil yang bagus ditambahkan ke dalam bak mandi untuk membantu menenangkan dan menyeimbangkan kulit yang meradang. Geranium oil juga dikenal dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi. Pastikan untuk mengencerkannya sebelum dioleskan pada kulit yang rusak atau kering.

6. Grapeseed oil

Haple Grapeseed Oil
Grapeseed Oil/ Foto: Instagram.com/haple.id

Berikutnya, essential oil untuk eksim yaitu grapeseed oil atau minyak biji anggur. Grapeseed oil tidak hanya memiliki sifat anti-inflamasi, tetapi juga dikenal dapat melindungi kulit dan mengurangi rasa gatal.

7. Roman chamomile oil

Nusaroma Roman Chamomile Oil
Roman Chamomile Oil/ Foto: Instagram.com/nusaroma

Satu lagi rekomendasi essential oil untuk eksim, roman chamomile oil. Essential oil ini memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menenangkan kulit sambil meminimalkan perkembangan bercak kulit yang mengalami dehidrasi.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id