sign up SIGN UP

SKINCARE

7 Tips Mencegah Benjolan dan Ruam Merah di Kulit Setelah Bercukur

Tria Oktyana | Jumat, 12 Jul 2019 11:00 WIB
7 Tips Mencegah Benjolan dan Ruam Merah di Kulit Setelah Bercukur
caption
Razor burn merupakan perasaan tidak nyaman berupa kulit perih, panas ataupun adannya benjolan merah setelah mencukur. Hal ini sangat menggangu penampilan dan aktivitas. Inila 5 tips mencegah razor burn setelah mencukur.

Mencukur adalah salah satu cara yang sering dilakukan. Namun, setelah mencukur dan rambut bersih tak tersisa kita malah terkena razor burn. Hal ini merupakan rasa tidak nyaman yang dirasakan di kulit setelah mencukur. Biasannya berupa rasa perih, panas, ataupun berupa menjolan merah di kulit. Walaupun akan hilang sendiri, tapi razor burn dapat mengganggu aktivitas dan penampilan kita. So, bagaimana cara mencegah razor burn setelah mencukur?


Eksfoliasi Secara Teratur


Sebelum melakukan mencukur rambut pada bagian tangan dan kaki, baiknya melakukan eksfoliasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kulit mati dikulit. Sehingga kulit menjadi lembut dan rambut menjadi lebih halus. Gunakan scrub yang mengandung campuran minyak seperti minyak zaitun ataupun almond. 

Untuk kamu yang ingin membuat scrub sendiri, dapat mencampurkan dua sendok kopi, satu sendok garam, dua sendok minyak zaitun dan satu sendok yogurt. Campur denga rata dalam sebuah mangkuk. Kemudian oleskan secara memutar pada bagian tangan dan kulit. 


Foto: https://id.pinterest.com/coffeescrubbeforeandafter/

Jangan Lupa Menggunakan Minyak atau Krim Cukur


Pisau cukur yang terkena langsung ke kulit rentan terjadi iritasi dan menyebabkan razor burn. Untuk itu sebaiknya gunakan minyak ataupun krim cukur sebelum melakukan ritual membersihkan bulu ini. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun ataupun minyak kelapa apabila tidak ingin menggunakan krim cukur. Bersikan bagian yang akan dicukur terlebih dahulu dan oleskan minyak. Tunggu sekitar 5 menit sebelum mencukur agar minyak menyerap di bulu dan kulit. 


Foto: https://id.pinterest.com/sharonwhitfield/

Gunakan Pisau Cukur yang Tajam



Hal yang penting yang harus diperhatian sebelum mencukur adalah memastikan pisau cukur tajam untuk digunakan. Pisau yang tumpul akan membuat gesekan dengan bulu lebih sulit. Sehingga bulu yang dipotong menjadi kurang rata dan tertarik saat mencukur. Pisau yang tajam juga memudahkan kita untuk memotong dengan cepat. Jadi proses mencukur tidak perlu pengulangan yang menyebabkan kulit menjadi iritasi.
Foto: https://www.instagram.com/marymitchellmassage/

[Gambas:Youtube]

Cukur Sesuai Arah Tumbuh


Mencukur bulu tidak boleh sembarangan. Salah-salah dapat menyebakan iritasi dan razor burn. Cukurlah bulu sesuai arah tumbuh bukan sebaliknya. Sehingga bulu lebih mudah tercabut dan tidak terjadi gesekan yang berlawanan. Cukur dengan satu arah agar gesekan dapat sedikit dihindari. 
Foto: https://www.instagram.com/arthealthyliving/

Bersihkan Pisau Cukur Setelah Mencukur


Saat melakukan ritual mencukur, kamu harus menyiapkan satu baskom air besih untuk membersihkan air bersih. Kamu dapat menggunakan air hangat ataupun dingin. Hal ini dilakukan agar pisau cukur tetap bersih selama pencukuran. Sehingga tekanan dalam mencukur sedikit lebih ringan. Cukurlah bulu dan langsung bersihkan bulu dalam air, lakukan kembali sampai bulu tercukur dengan bersih. 


Foto: https://www.instagram.com/misschloxoxo/

Kompres dengan Air Dingin


Siapkan air es ataupun air dingin untuk mengopres bagian yang telah dicukur. Air es atau air dingin dapat membantu kulit memperkecil pori-pori yang terbuka. Air dingin juga bermanfaat untuk meredakan iritasi yang terjadi. Sehingga kompreslah bagian yang telah selsai dicukur dengan air es ataupun air dingin.


Foto: https://id.pinterest.com/designlovefest/

Perhatikan Waktu Mencukur


Mencukur memang bermanfaat untuk menjaga penampilan. Walaupun begitu kita harus memperhatikan jadwal mencukur dengan baik. Jangan mencukur terlalu sering karena rentan terjadinnya iritasi. Cukurlah bulu saat kulit yang telah iritasi sebelumnya sudah sembuh. Atau kamu juga dapat mencukur bulu sekitar 1-2 minggu sekali untuk membantu kulit beristirahat. 


Foto: https://id.pinterest.com/lisbetblog/

[Gambas:Youtube]

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id