sign up SIGN UP

SKINCARE

8 Kandungan Skincare yang Mampu Membasmi Jerawat

Annisa Balqis | Senin, 14 Sep 2020 19:30 WIB
8 Kandungan Skincare yang Mampu Membasmi Jerawat
Foto: pinterest.com

Masalah kulit yang awam dialami sebagian orang adalah jerawat. Pemicu jerawat beragam faktor, seperti genetik, gaya hidup, hormon, atau tidak cocoknya kulit dengan suatu bahan skincare.

Sudah gonta-ganti skincare yang mengklaim dapat membasmi jerawat, tapi belum ada hasil memuaskan. Mungkin sudah saatnya mengganti skincare lama dengan skincare yang mengandung ingredients berikut untuk mengatasi jerawat membandel.

1. Propolis

PropolisPropolis/ Foto: Instagram.com/hanasui

Ingredients satu ini sedang menjadi hits di kalangan pecinta skincare, khususnya bagi yang mengalami masalah dengan jerawat. Propolis didapatkan dari getah pohon yang dikumpulkan oleh lebah madu dari berbagai pohon atau sumber tumbuhan lainnya yang digunakan lebah untuk menutupi atau memperbaiki celah pada sarangnya. Karena propolis merupakan bagian dari madu, propolis memiliki manfaat baik bagi kulit.


Propolis bermanfaat sebagai antibacterial dan antifungal untuk membasmi bakteri penyebab jerawat dengan kandungan flavonoid serta mengontrol produksi sebum wajah.  Selain itu, propolis dapat membuat kulit lebih lembut, lembab, dan halus. Selain itu, propolis mengandung antioksidan memberi perlindungan lebih pada kulit dari paparan polusi dan radikal bebas.  

2. Tea Tree Oil

Tea Tree Oil
Tea Tree Oil/Photo: https://www.instagram.com/thebodyshopindo/

Salah satu ingredients ini disinyalir dapat membantu mengatasi msaalah jerawat. Tea tree oil dibuat dari daun tumbuhan Melaleuca alternifolia yang bentuknya seperti jarum. 

Tea tree oil mengandung antibakteri bernama terpenes yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Salah satu penyebab jerawat adalah adanya penyumbatan pada pori-pori kulit. Pemakaian tea tree oil mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat tersebut. Selain jerawat, tea tree oil mampu mengeringkan blackhead dan whitehead

3. Centella Asiatica

 

Centella Asiatica
Centella Asiatica/Photo: https://www.instagram.com/skin1004indonesia/

Tanaman yang juga memiliki nama lain daun pegagan ini nggak kalah jadi buruan para acne fighter. Tanaman yang banyak tumbuh di Indonesia ini dipercaya dapat membantu melawan jerawat yang sering muncul. 

Skincare dengan kandungan Centella Asiatica (Cica) dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat tanpa membuat efek kering. Cica membantu mencegah pembentukan bekas jerawat yang menggelap dan memudarkannya secara perlahan.

Tak hanya baik untuk jerawat, Cica dapat meningkatkan produksi kolagen kulit. Seiring bertambahnya usia, kemampuan tubuh memproduksi kolagen cenderung menurun. Cica membantu memaksimalkan produksi kolagen yang secara tidak langsung mampu mencegah timbulnya bekas jerawat. Cica membuat kulit lebih terhidrasi sehingga lebih lembap.

4. Niacinamide

Niacinamide
Niacinamide/Photo: https://www.instagram.com/somethincofficial/

Niacinamide adalah salah satu jenis vitamin B3 yang baik untuk memperkuat lapisan terluar kulit. Niacinamide banyak terdapat pada protein seperti daging ayam, salmon, dan tuna.

Untuk urusan jerawat, Niacinamide berfungsi sebagai anti inflamasi yang mengurangi kemerahan dan peradangan pada jerawat. Kulit pun terbantu menjadi lebih terhidrasi karena Niacinamide meningkatkan produksi ceramide serta mengunci kadar air pada kulit. Sebum wajah yang berlebih dan sering menyumbat pori-pori akan lebih terkendali produksinya oleh Niacinamide.

Punya masalah dengan bekas jerawat yang tak kunjung hilang? Niacinamide akan membantunya lewat produksi kolagen yang meningkat dan perlahan memudarkannya. Istimewanya lagi, kandungan skincare satu ini cocok bagi semua jenis kulit.

5. Sulfur

Sulfur
Sulfur/Photo: https://www.instagram.com/sariayu_mt/

Sulfur atau belerang sudah lama dikenal sebagai salah satu pembasmi jerawat. Bagi yang memiliki kulit kemerahan atau peradangan karena jerawat, sifat anti inflamasi pada sulfur membantu mengurangi rasa sakit dan merah yang ditimbulkan.

Sulfur pun dapat membersihkan pori-pori dan mengendalikan produksi sebum sehingga mencegah timbulnya jerawat. Jerawat yang tergolong ringan dan komedo cocok diatasi dengan sulfur. Sulfur memiliki tiga tahapan cara kerja.

Pertama, sulfur akan mengelupaskan kulit lapisan terluar untuk menghilangkan sel kulit mati dan mencegahnya menyumbat pori-pori. Lalu, sulfur akan menghilangkan bakteri penyebab jerawat dan selanjutnya menyerap minyak wajah berlebih. Formula sulfur termasuk yang lembut sehingga aman bagi pemilik kulit sensitif dan sebaiknya digunakan satu kali per hari.  

6. Witch Hazel

Witch Hazel
Witch Hazel/Photo: https://www.instagram.com/mineralbotanica/

Kandungan witch hazel pada skincare membantu mengobati jerawat. Witch hazel berperan sebagai astringent yang dapat membersihkan kulit yang kotor dan pori-pori tersumbat penyebab timbulnya jerawat.

Ingredients ini juga dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat dan mengecilkan pori-pori. Witch hazel juga berfungsi sebagai pembasmi bakti jerawat. Produk skincare yang banyak mengandung witch hazel adalah face toner dan moisturizer.

Jika ingin jerawat mereda, pastikan skincare pilihanmu mengandung ingredients satu ini ya!

7. Clay

Clay
Clay/Photo: https://www.instagram.com/eminacosmetics/

Kandungan clay dipilih sebagai pembasmi jerawat karena mampu menyerap minyak wajah berlebih dan mendetoksifikasi kulit wajah tanpa kandungan bahan kimia berlebih dapat menyebabkan iritasi kulit. Clay mampu mengeksfoliasi sel kulit mati pada lapisan kulit terluar sehingga mencegah pori-pori tersumbat karenanya.

Manfaat clay bisa kamu rasakan dengan pemakaian masker clay dan mud mask. Kombinasi antar bahan pada clay mask dapat membantu mengatasi permasalahan pada kulit wajah.

8. Benzoyl Peroxide

Benzoyl Peroxide
Benzoyl Peroxide/Photo: review.femaledaily.com

Benzoyl peroxide kerap digunakan sebagai obat totol jerawat dan mudah ditemukan di apotek. Benzoyl peroxide berfungsi untuk mengelupaskan kulit untuk menghilangkan sel kulit mati dan membasmi bakteri jerawat.

Bagi yang memiliki jerawat yang meradang merah serta besar, bisa menggunakan produk ini dan digunakan sebagai spot treatment. Hati-hati dalam penggunaannya karena dapat menimbulkan efek kulit kering dan pengelupasan.

Selain bisa didapatkan secara bebas, benzoyl peroxide juga perlu digunakan sesuai anjuran dokter untuk kasus-kasus tertentu. Gunakan dosis terendah jika kamu baru pertama kali memakainya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id