sign up SIGN UP

SKINCARE

8 Tips Ampuh Merawat Rambut Tetap Sehat Untukmu Para Hijabers

Refa Aprianty | Kamis, 16 Feb 2017 07:00 WIB
8 Tips Ampuh Merawat Rambut Tetap Sehat Untukmu Para Hijabers
caption
Cantik memakai hijab, juga harus cantik di dalamnya dong. Ya, rambutmu juga harus tetap cantik. Meski sedang memakai hijab, tetapi keindahan dan kecantikan rambut jangan sampai terabaikan! Justru itu ketika berhijab, rambut memerlukan ekstra perawatan agar tetap sehat dan terawat seperti berikut ini.

Keramas


Keramaslah minimal dua kali sehari. Kepala yang tertutup hijab akan lebih rentan berkeringat dan hal tersebut menyebabkan rambut akan cepat bau dan lepek. Kamu bisa pakai shampoo yang sesuai dengan jenis rambut, atau memilih shampoo yang dirancang khusus untuk rambut berhijab.


Foto: https://www.lihat.co.id/kecantikan/perawatan-rambut-yang-salah-saat-keramas.html

Keringkan


Usahakan ketika akan memakai hijab, rambut yang sudah dikeramas harus benar-benar dalam keadaan kering. Karena jika rambut dalam keadaan sedikit basah, akan menyebabkan tumbuhnya jamur dikepala. Selain itu, rambut juga akan cepat rontok. Kamu bisa pilih hair dryer atau gunakan kaos berbahan katun yang sudah tidak terpakai, untuk melakukan proses pengeringan lebih cepat.
Foto: https://lifestyle.liputan6.com/read/2558127/6-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-mengeringkan-rambut

Hair Tonic


Kamu bisa gunakan hair tonic untuk merawat rambut berhijab. Hair tonic berguna untuk merawat rambut rontok akibat panas dari pemakaian hijab. Serta, hair tonic dapat membuat rambut dan kulit kepala terasa bersih.


Foto: https://lifestyle.liputan6.com/read/2558127/6-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-mengeringkan-rambut

Mengikat Rambut


Ketika memakai hijab, kamu pasti akan mengikat rambut kamu. Usahakan jangan mengikatnya terlalu kencang. Selain membuatmu sakit kepala, mengikat rambut terlalu kencang juga akan membuat rambut patah-patah dan bercabang. Kamu juga tidak boleh mengikat rambut saat rambut dalam keadaan basah.


Foto: https://www.loop.co.id/articles/hindari-rasa-gerah-dengan-3-tips-mengikat-rambut-berikut-ini

Pilihan Jilbab


Pilihlah jilbab dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti bahan kaos atau katun Hal tersebut dapat mengurangi efek bau rambut yang disebabkan oleh keringat Juga menghindari rambut cepat lepek karena kain yang mempengaruhi suhu yang ada di kepala.


Foto: https://www.bintang.com/style/read/2541474/tren-hijab-3-bahan-hijab-yang-menyerap-keringat

Pilihan Warna


Ketika cuaca sedang panas terik, hindari pemakaian hijab berwarna gelap seperti hitam Sebab, warna hitam dapat cepat meresap sinar matahari, sehingga membuat rambut cepat lembab dan berkeringat. Sebaiknya pilihlah hijab berwarna, kamu bisa pilih warna pastel jika tidak terlalu suka yang berwarna terang.


Foto: https://diarymuslimahindonesia.blogspot.co.id/2016/03/tips-terbaru-memilih-jilbab-sesuai.html

Istirahat


Istirahatkan rambutmu setelah seharian panjang beraktifitas. Kamu bisa melakukannya ketika beranjak tidur seperti tidak mengikat rambut sama sekali Hal tersebut dikarenakan akan membuat rambut sulit bernafas. Sebaiknya biarkan rambut tetap terurai agar sirkulasi di dalam sel rambut lancar.


Foto: https://epahlefi.blogspot.co.id/

Asupan Makanan


Selain merawatnya dari luar, kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan. Untuk menjaga kecantikan rambut, kamu perlu asupan vitamin yang cukup untuk rambut seperti mengkonsumsi makanan rendah lemak serta kaya akan protein, vitamin B-6, B-12 dan C serta zat besi yang dapat menutrisi rambut secara alami seperti bayam, kacang-kacangan dan pisang yang sangat berguna.


Foto: https://majalahdokterrambut.blogspot.co.id/2016/07/5-makanan-untuk-asupan-gizi-rambut-agar-rambut-sehat-dan-kuat.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id