sign up SIGN UP

SKINCARE

9 Alasan Kamu Perlu Coba Serum Vitamin C dalam Skincare Routine

Atikah Nur Pertiwi | Senin, 04 Jan 2021 17:00 WIB
9 Alasan Kamu Perlu Coba Serum Vitamin C dalam Skincare Routine
caption

Sejak 2020 kemarin, banyak serum kandungan yang populer, termasuk vitamin C. Serum dengan vitamin c memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kulit tetap halus bercahaya dan memiliki kandungan anti penuaan atau anti aging yang terbaik di pasaran. 

Walaupun kamu tetap mendapatkan vitamin C dalam makanan, tapi itu semua tidak menjamin akan bereaksi langsung ke kulit kamu. Itu dia kenapa kamu tetap membutuhkannya dari serum vitamin c yang bisa langsung bereaksi untuk kulit wajah kita. 

Ada beberapa alasan yang baik jika kamu menggunakan vitamin c sebagai skincare rutin kamu lho!

1. Aman untuk Sebagian Besar Jenis Kulit

LemonLemon/ Foto: Freepik.com


Vitamin C terkenal memiliki kandungan aman yang sangat baik. Kebanyakan orang dapat menggunakan vitamin C topikal untuk jangka waktu yang lama tanpa terjadi gejala, walaupun ada sebagian orang yang memiliki kulit hipersensitif mungkin mengalami iritasi ringan.

Vitamin C juga aman digunakan bersama dengan bahan aktif perawatan kulit lainnya, termasuk asam alfa hidroksi, retinol, dan SPF.

2. Membantu Menghidrasi

Nah, kandungan inilah yang akan berperan untuk menangkal radikal bebas. Sehingga, proses regenerasi sel-sel kulitmu akan lebih lancar dan menghambat terjadinya penuaan dini.Kulit Sehat Foto: Freepik.com

Magnesium ascorbyl phosphate, salah satu turunan vitamin C utama yang digunakan dalam perawatan kulit, dan telah terbukti memiliki efek melembabkan pada kulit kita. Menggunakan serum vitamin C dapat mengurangi kehilangan air transepidermal, yang memungkinkan kulit kamu untuk bisa mempertahankan kelembaban dengan lebih baik.

3. Mencerahkan Kulit

Perempuan dengan kulit cerah
Mencerahkan/freepik.com

Vitamin C dapat membantu memudarkan pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit untuk mengurangi kusam. Dengan menggunakan serum vitamin C, kulit kamu akan tampak terlihat muda bercahaya.

4. Membantu Mengurangi Kemerahan dan Meratakan Warna Kulit 

benzoyl peroxide memiliki efek samping pada kulit, seperti kulit menjadi kering, mengiritasi, mengelupas dan kemerahan.benzoyl peroxide memiliki efek samping pada kulit, seperti kulit menjadi kering, mengiritasi, mengelupas dan kemerahan./ Foto: freepik.com


Vitamin C juga telah terbukti dapat mengobati berbagai macam kondisi peradangan kulit. Menggunakan serum vitamin C bisa membantu untuk meminimalkan kemerahan dan dapat membuat warna kulit tampak lebih rata.

5. Membantu Memudarkan Hiperpigmentasi

Mencegah Pemicu Masalah Kulit WajahMencegah Pemicu Masalah Kulit Wajah/ Foto: freepik.com


Hiperpigmentasi, termasuk bintik matahari, bintik penuaan, dan melasma dapat terjadi saat melanin diproduksi berlebihan di area kulit tertentu. Hal ini juga bisa terjadi di area jerawat yang telah sembuh lho.

Dengan mengaplikasikan vitamin C telah terbukti dapat menghambat produksi melanin. Hal ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dan membuat warna kulit jadi lebih merata.

6. Mengurangi Munculnya Lingkaran di Bawah Mata

Wanita dengan mata panda/Sumber: Freepick.comWanita dengan mata panda/Sumber: Freepik.com

Menggunakan serum vitamin C juga dapat membantu menghaluskan garis halus dengan cara menepuk dan melembabkan area bawah mata.

Meskipun vitamin C lebih efektif dalam mengurangi kemerahan secara keseluruhan, tapi beberapa orang mengatakan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi perubahan warna yang terkait dengan lingkaran di bawah mata.

7. Meningkatkan Produksi Kolagen

Dalam hal menjaga kulit di masa menopause yang terpenting adalah kulit tetap terhidrasi karena kolagen menipis sehingga menghasilkan kulit yang lebih tipis.kolagen/freepik.com


Vitamin C terkenal untuk meningkatkan produksi kolagen. Kolagen adalah protein alami yang habis seiring waktu. Tingkat kolagen yang lebih rendah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Bahkan produksi kolagen terkait dengan elastisitas dan kekencangan kulit. Saat kadar kolagen mulai turun, kulit juga ikut mulai mengendur.

Menggunakan serum vitamin C dapat meningkatkan produksi kolagen, menghasilkan efek pengetatan secara keseluruhan.

8. Melindungi dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

perempuan yang menggunakan sunscreen
Melindungi dari Sinar Matahari/freepik.com

Kerusakan akibat sinar matahari disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada kulit.

Vitamin C kaya akan antioksidan, dimana antioksidan ini dapat melindungi sel-sel kulit yang sehat dengan mengubah elektron dari radikal bebas menjadi tidak berbahaya.

9. Membantu Meningkatkan Penyembuhan Luka

Bekas luka jerawat
Meningkatkan Penyembuhan Luka/freepik.com

Mengingat efeknya pada kulit yang terbakar sinar matahari, tidak mengherankan bahwa aplikasi vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka secara keseluruhan. Penyembuhan luka yang sehat mengurangi resiko peradangan, infeksi, dan jaringan parut.

Selain itu vitamin C dapat mempercepat pergantian sel. Hal ini terjadi untuk menggantikan sel yang rusak dengan sel baru yang sehat.

Itu dia beberapa alasan kenapa kamu harus mulai menggunakan serum vitamin C sebagai skincare kamu ya ladies. Yakin masih enggak mau coba?

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id