sign up SIGN UP

Acne Fighters, Yuk Kenali Tingkat Keparahan Jerawat dan Cara Mengatasinya

Meydiana Adinda | Kamis, 03 Jun 2021 19:15 WIB
Acne Fighters, Yuk Kenali Tingkat Keparahan Jerawat dan Cara Mengatasinya
caption

Jerawat merupakan masalah kulit paling umum dan hampir pernah dialami oleh semua orang. Permasalahan jerawat timbul akibat penyumbatan minyak pada pori-pori sehingga menyebabkan radang.

Peradangan ini kemudian menyebabkan timbulnya benjolan kecil berisi nanah yang biasa kita sebut jerawat. Tak hanya di wajah, jerawat juga dapat muncul di dada, punggung, leher, dan bagian tubuh lain yang memiliki banyak kelenjar minyak.

Meskipun tak berbahaya, jerawat dapat mengganggu sehingga tetap harus diobati ya, Ladies. Pengobatan dan perawatan yang tepat dapat meminimalisir peradangan yang lebih parah.

Perawatan ini dapat Ladies lakukan mandiri atau dengan bantuan dokter kulit. Untuk menentukan bagaimana perawatan yang tepat, Ladies harus mengamati tingkat keparahan jerawat yang dialami. Bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini, ya!

1. Jerawat Ringan

Tingkat Keparahan Jerawat
Jerawat Ringan/kravebeauty.com

Ladies bisa mengetahui tingkat keparahan jerawat dengan menghitung jumlah jerawat pada satu sisi wajahmu. Jika pada satu sisi wajahmu terdapat jerawat sebanyak 0-5, maka jerawat ini dikategorikan pada tingkat yang ringan.

Jika kondisi jerawatmu ringan, maka Ladies bisa mengobatinya dengan produk-produk jerawat yang dijual OTC (over the counter). Ladies bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan Salicylic Acid, Benzoyl Peroxide, Sulfur, dan lain-lain.

2. Jerawat Sedang

Tingkat Keparahan Jerawat
Jerawat Sedang/pinterest.com/myhirsutism

Selanjutnya, jika pada satu sisi wajahmu terdapat jerawat sebanyak 6-20, maka kondisimu ada pada tingkat sedang. Nah, jika mengalami ini, Ladies disarankan konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang lebih tepat.

3. Jerawat Parah

PIH dan PIEPIH dan PIE/ Foto:Pinterest/Allure

Pada tingkat yang parah, jumlah jerawat pada satu sisi wajah adalah 21-50 buah jerawat. Pada level ini, tentu opsi perawatan yang terbaik adalah berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih ampuh.

4. Jerawat Sangat Parah

Tingkat Keparahan Jerawat
Jerawat Sangat Parah/pinterest.com/popsugar

Jika pada satu sisi wajahmu terdapat lebih dari 50 jerawat, maka kondisi jerawatmu sangat parah, Ladies. Jangan pikir panjang, berkonsultasilah pada dokter untuk segera menyelesaikan permasalahanmu.

Perlu diingat, apabila jumlah jerawatmu sedikit tapi memiliki benjolan yang sangat besar, maka disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Dengan bantuan dokter, jerawatmu dapat diobati agar segera mengecil dan sembuh.

Itu dia penjelasan lengkap mengenai cara mengenali tingkat keparahan jerawatmu. Jangan sedih dan stress akibat jerawat, tetap optimis bahwa kulitmu akan segera sehat ya, Ladies. Yuk semangat!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id