sign up SIGN UP

SKINCARE

Agar Rambut Tetap Sehat, Ini Dia Tips Mencatok Rambut yang Tidak Boleh Kamu Sepelekan

Rumaysha Milhania | Selasa, 18 Feb 2020 08:30 WIB
Agar Rambut Tetap Sehat, Ini Dia Tips Mencatok Rambut yang Tidak Boleh Kamu Sepelekan
caption
Mencatok rambut dengan rutin memang berisiko tinggi menyebabkan kerusakan rambut. Tapi, jangan khawatir. Simak tips mencatok rambut dengan benar agar cara menebalkan rambut tidak sia-sia berikut ini.

Menata rambut dengan catokan merupakan salah satu cara untuk bisa membuat tampilan rambut lebih rapi. Itulah sebabnya, banyak wanita yang merasa bahwa mencatok rambut tidak boleh dilewatkan saat akan berpergian. Sayangnya, memanaskan helaian rambut terlalu sering berisiko besar membuat rambut menjadi kering, rontok dan bercabang. Namun, jangan khawatir, kamu tetap bisa mencatok rambut dengan rutin selama kamu melakukannya dengan cara yang benar. Simak tips mencatok rambut dengan benar agar rambut tidak rusak berikut ini.
 



1. Pilih Catokan yang Tepat

Alat yang tepat akan membantumu mendapatkan hasil catokan rambut yang rapi. Selain itu, catokan rambut yang berkualitas juga akan membantumu merawat rambut dengan menghindarinya dari kerusakan. Untuk tips memilih jenis catokan, kamu dapat mempertimbangkan beberapa hal seperti mempertimbangkan lebar dan bentuk catokan yang sesuai serta suhu pada catokan tersebut.
 


Foto: https://www.indianbeauty.tips/


2. Persiapkan Rambut sebelum Mencatok

Agar memiliki rambut yang lebih sehat dengan hasil catokan yang lebih tahan lama, kamu perlu melakukan sedikit persiapan. Setelah mandi, pastikan untuk menyemprotkan sedikit pelindung rambut pada helai rambut yang basah dan keringkan rambut sepenuhnya. Jika kamu meninggalkan rambut yang sedikit lembap, hasil ikal juga tidak akan maksimal. Selain itu, pelindung rambut dari panas juga penting untuk menghindari rambut yang rusak.
 




3. Tentukan Suhu yang Tepat

Aturan untuk mengatur suhu catokan yang tepat adalah kamu harus memasangnya dalam kisaran panas  adalah Anda harus tetap dalam kisaran 150-175 derajat celsius. Pada kisaran suhu ini kamu akan dapat menghindari kerusakan serius pada rambut. Jika kamu mengaturnya dengan suhu yang lebih panas, bisa dipastikan rambutmu akan semakin kering dan bahkan bercabang.
 


Foto: https://indiabuysmart.in/


4. Perhatikan Arah 

Mengeritingkan rambut dengan arah melawan catokan akan menyebabkan rambut kusut yang mengganggu pada rambutmu. Jadi, daripada menggulung rambut ke atas dan di sekitar penjepit, keritingkan rambut menggulung rambut ke arah tubuh sehingga lebih mudah untuk diatur.
 



5. Gunakan Produk Perawatan Rambut

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan produk perawatan rambut seperti shampo, conditioner, serum rambut, dan minyak rambut pada ujung-ujung rambut untuk  menjaga rambut tetap terhidrasi dengan baik. Selain itu, cara ini juga dapat menghindari rambut menjadi kering dan rusak.
 


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id