sign up SIGN UP

SKINCARE

Agar Tidak Salah Pilih Skincare, Ini Dia Cara Mengetahui Jenis Kulitmu

Rumaysha Milhania | Kamis, 10 Sep 2020 17:00 WIB
Agar Tidak Salah Pilih Skincare, Ini Dia Cara Mengetahui Jenis Kulitmu
caption
Jakarta -

Salah satu langkah paling penting untuk bisa memberikan perawatan wajah yang tepat adalah dengan memahami jenis kulitmu. Dengan begitu, kamu akan tahu bagaimana menyesuaikannya kebutuhan kulit dengan produk yang ingin digunakan.

Salah satu langkah paling penting untuk bisa memberikan perawatan wajah yang tepat adalah dengan memahami jenis kulitmu.
Jenis Kulit Kombinasi/ Sumber: Freepik.com

Selain itu, kamu juga perlu paham bahwa kulit setiap orang itu unik, tetapi ada beberapa jenis kulit dengan karakteristik umum yang dapat membantu kamu mengidentifikasi kecenderungan dari kulitmu. Pada dasarnya ada 3 jenis kulit yang umum dimiliki, yaitu kulit kering, kulit berminyak, dan kulit kombinasi. Nah, untuk mengetahui kulitmu merupakan jenis yang mana, berikut ini adalah cara praktis yang bisa kamu lakukan.

Biarkan kulit apa adanya tanpa menggunakan pelembap, serum, atau produk perawatan tambahan lain.
Jenis Kulit Kering/ Sumber: Freepik.com

Metode Bare Face

Bersihkan wajah kamu secara menyeluruh dengan pembersih ringan dan keringkan dengan lembut. Biarkan kulit apa adanya tanpa menggunakan pelembap, serum, atau produk perawatan tambahan lain. Setelah 30 menit, periksa apakah ada kilau pada pipi, dagu, hidung, dan dahi. Setelah 30 menit berikutnya, evaluasi apakah kulit kamu terasa kering, terutama jika kamu tersenyum atau membuat ekspresi wajah lainnya. Jika kulit kamu terasa kencang, kemungkinan besar kulit kamu kering. Jika ada kilau yang terlihat di hidung dan dahi Anda, kemungkinan besar kulit kamu normal / kombinasi. Jika ada kilau di pipi, selain di dahi dan hidung, kemungkinan besar kamu memiliki kulit berminyak.


Tepuk lembut slotting sheet di berbagai area wajah. Jika sudah, lihat seberapa banyak minyak yang ada.
Ciri Kulit Berminyak/ Sumber: Freepik.com

Metode Blotting Sheet

Metode ini jauh lebih cepat dan seringkali menjadi pembeda yang sangat baik antara jenis kulit berminyak dan kering. Tepuk lembut slotting sheet di berbagai area wajah. Jika sudah, lihat seberapa banyak minyak yang ada. Jika pada blotting sheet hanya ada sedikit atau tidak ada minyak, kemungkinan besar kamu memiliki kulit kering. Jika blotting sheet menampilkan minyak dari dahi dan daerah hidung kamu, kulit kamu adalah kulit normal/ kombinasi. Terakhir, jika kertas penyerap minyak tampak penuh dengan minyak, kemungkinan besar kamu memiliki kulit berminyak.

Nah, itulah beberapa metode yang bisa kamu lakukan untuk menentukan apakah kulit kamu berminyak, kering atau kombinasi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id