sign up SIGN UP

SKINCARE

AHA vs BHA, Gimana Cara Memilih Exfoliate yang Tepat untuk Kulit?

Budi Rahmah Panjaitan | Sabtu, 01 Aug 2020 19:30 WIB
AHA vs BHA, Gimana Cara Memilih Exfoliate yang Tepat untuk Kulit?
caption

AHA dan BHA merupakan dua kandungan yang digunakan dalam proses eksfoliasi kulit. Berbeda dengan penggunaan scrub yang tergolong phisycal exfoliate, AHA dan BHA ini adalah cara lain untuk mengeksfoliasi dengan cara chemical exfoliate.

Memperbaiki tekstur dan meregenerasi sel kulit menjadi salah satu keunggulan yang dimilikinya. Meski demikian, masih banyak yang bingung untuk menentukan salah satu yang tepat untuk eksfoliasi di antara AHA dan BHA. Nah, supaya tidak bingung lagi, simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu AHA dan BHA?

BHA mempunyai sifat larut dalam minyak sehingga bisa menembus jauh ke dalam pori-pori.
AHA BHA/thetrendspotter.net

Dilansir dari thetrendspotter.net  terdapat dua jenis utama dalam chemical exfoliate yakni asam AHA (alpha hydroxy acid) dan BHA (beta hydroxy acid). Kedua kandungan ini bisa terjadi secara alami maupun sintesis yang dibuat di laboratorium.


Beberapa bentuk AHA seperti asam laktat, asam sitrat, asam glikolat. Senyawa dalam AHA ini mempunyai sifat larut dalam air serta mengeksfoliasi kulit dengan cara melonggarkan lapiran seperti lem yang menjadi penyatu lapisan luar kulit.

Sementara itu, BHA mempunyai sifat larut dalam minyak sehingga bisa menembus jauh ke dalam pori-pori. Adapun BHA yang paling terkenal ialah asam salisilat. Kandungan satu ini memang sudah tidak asing lagi didengar, terutama untuk penuntasan masalah kulit berjerawat.

Manfaat Chemical Exfoliate

chemical exfoliate lebih minim abrasif pada kulit sehingga lebih aman dari kemungkinan iritasi dan terjadinya luka pada kulit
AHA BHA/thetrendspotter.net

Hal penting yang harus diketahui dari chemical exfoliate ialah kelebihan yang ditawarkan. Ya, jika dibandingkan dengan phisycal exfoliate dengan menggunakan scrub dan yang lainnya, chemical exfoliate lebih minim abrasif pada kulit sehingga lebih aman dari kemungkinan iritasi dan terjadinya luka pada kulit.

Chemical exfoliate ini juga sangat cocok untuk semua jenis kulit dari yang normal hingga yang sensitif. Manfaat terbesar dari chemical exfoliate ini adalah mengurangi kemunculan kerutan dan garis halus pada wajah serta meminimalkan tampilan pori-pori.

Apa Perbedaan dan Kesamaan AHA dan BHA?

Keduanya mengelupas kulit sehingga halus dan lembut, serta membantu merawat dan mencegah komedo
AHA BHA/thetrendspotter.net

Jika ditelaah sekilas, AHA dan BHA  ini memang sangat mirip. Keduanya mengelupas kulit sehingga halus dan lembut, serta membantu merawat dan mencegah komedo. Keduanya juga membuat kulit lebih cerah dan kencang, meratakan warna kulit dan meminimalkan tampilan garis-garis halus. Meski demikian terdapat beberapa perbedaan utama dari segi sifat dan kemampuannya.

Nah, karena BHA larut dalam minyak, ia dapat menembus pori-pori dan melarutkan minyak dan kotoran di sana. Sementara itu, AHA tidak larut dalam minyak sehingga hanya bekerja di lapisan atas kulit. AHA ini akan sangat efektif untuk mengobati pigmentasi, namun juga dapat menyebabkan iritasi dan membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar UV.

Bisakah Mengkombinasikan AHA dan BHA?

dianjurkan bagi kamu untuk memulai dengan formula yang lebih ringan
AHA BHA/thetrendspotter.net

Jawabannya, memang boleh-boleh saja. Namun ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu.  Faktor yang dimaksud adalah kekuatan kandungan AHA dan BHA yang jelas berbeda.

Nah, produk yang lebih kuat dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi sehingga sangat dianjurkan bagi kamu untuk memulai dengan formula yang lebih ringan. Sementara itu, pilihan lainnya adalah menggunakan AHA dan BHA secara terpisah dan lihat reaksinya pada kulitmu.

Mana yang Lebih Baik untuk Jenis Kulit Kamu?

, BHA juga baik untuk kamu yang memiliki kulit mudah jerawatan dan bermasalah pada komedo
AHA BHA/thetrendspotter.net

Umumnya, BHA direkomendasikan untuk kamu yang memiliki jenis kulit normal hingga berminyak. hal ini dikarenakan sifat asam dalam BHA dapat memecah minyak alami kulit yang dikenal sebagai sebum. Untuk alasan yang sama, BHA juga baik untuk kamu yang memiliki kulit mudah jerawatan dan bermasalah pada komedo.

BHA juga dianggap lebih lembut daripada AHA, sehingga lebih recomended bagi para pemilik kulit sensitif. Sementara itu, AHA dapat menstimulasi kemampuan kulit untuk memproduksi kolagen, itulah sebabnya pengelupasan kulit ini sering direkomendasikan untuk jenis kulit yang lebih kering dan terdapat tanda-tanda penuaan dini.

Bagaimana Menggunakan Kedua Produk dalam Rutinitas Skincare Sehari-hari?

kamu yang jenis kulitnya sensitif, cukup gunakan AHA sekali dalam satu minggu.
AHA BHA/thetrendspotter.net

Gunakan AHA jika kamu ingin merawat kulit yang kusam, menyamarkan kerutan, dan terdapat  tanda-tanda kerusakan akibat sinar matahar. Karena asam ini cenderung lebih kuat, sebaiknya mulai dengan formula persentase yang lebih rendah, misalnya, 5% kemudian naik secara bertahap.

Meski demikian, perlu digarisbawahi untuk kamu yang jenis kulitnya sensitif, cukup gunakan AHA sekali dalam satu minggu. Sedangkan untuk jenis kulit lainnya dapat menggunakan AHA satu kali dalam dua hari.

Karena menggunakan exfoliant AHA atau BHA dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap sinar matahari, maka waktu terbaik untuk mengaplikasikannya dalah  pada malam hari dan selalu menggunakan tabir surya SPF untuk melindungi kulit di siang hari. Selain itu, hindari pemberian vitamin C atau produk retinol dengan AHA Anda karena ini dapat menyebabkan kulit menjadi tidak seimbang dan teriritasi.

Gunakan BHA jika kamu pemilik kulit yang cenderung normal hingga berminyak.
AHA BHA/thetrendspotter.net


Gunakan BHA jika kamu pemilik kulit yang cenderung normal hingga berminyak. Pada kulit sensitif, produk dengan asam salisilat 0,5%, akan cenderung cukup kuat sehingga kurang disarankan.

BHA sendiri sering dimasukkan sebagai bahan dalam banyak pembersih, namun itu bukanlah cara terbaik untuk menggunakannya karena BHA membutuhkan waktu pada kulit untuk masuk ke pori-pori Anda.

Jadi, pilihkan produk seperti toner yang bisa digunakan lebih lama pada kulit dibandingkan dengan cleanser. Disarankan juga untuk menggunakan tabir surya secara teratur di siang hari ketika menggunakan semua jenis produk chemical exfoliate.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id