sign up SIGN UP

Alasan Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama

S Saraswathi | Minggu, 16 Aug 2020 20:30 WIB
Alasan Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama
caption

Ladies, sadar enggak sih, jerawat suka muncul kembali di tempat yang sama? Bahkan bisa-bisa sampai bertumpuk. Hal ini tidak bisa dianggap remeh loh, Ladies.

Sebab, itu berarti kulit kita sedang dalam keadaan yang tidak sehat. Selain itu ada alasan lain kenapa jerawat bisa timbul di tempat yang sama. Simak di bawah ini ya!

1. Sering Menyentuh Wajah

Touching Face
Touching Face / www.freepik.com

Sering kali tanpa disadari kita menyentuh wajah ketika sedang melakukan aktivitas. Perlu disadari bahwa telapak tangan kita ini menyentuh berbagai macam benda dan tentunya banyak bakteri yang juga ikut menempel pada telapak tangan. Inilah yang kemudian bisa menjadi pemicu munculnya jerawat.

2. Sering Memencet Jerawat

Acne
Acne / www.freepik.com

Memencet jerawat, juga salah satu hal yang sering kali kita anggap sepele. Seringnya kita lakukan ketika jerawat itu tampak sudah matang, tidak sabar ingin menghilangkannya justru malah kita pencet.

Inilah yang kemudian memicu jerawat untuk timbul lagi di tempat yang sama. Selain itu juga, jika kamu memegang daerah sekitar jerawat itu, dapat menyebarkan bakteri ke lokasi yang berdekatan, menyebabkan jerawat yang sama muncul lagi, bahkan mungkin bisa jadi ada jerawat baru yang menumpuk.

3. Produk Perawatan Rambut

Hair Product
Hair Product / www.freepik.com

Jika kamu termasuk yang sering menggunakan produk perawatan rambut, seperti minyak atauĀ serum perlu berhati-hati ya. Jangan sampai cairan tersebut mengenai daerah sekitar wajah dan dahimu. Bisa saja kandungan cairan itu tidak cocok dengan kulit wajahmu, yang berujung bisa menjadikan timbulnya jerawat.

4. Jerawat Kistik

Acne Skin
Acne Skin / www.freepik.com

Bagi kamu yang tahu, jerawat ada 3 utama, yaitu jerawat komedo, jerawat radang, dan jerawat kistik. Ketiga tipe jerawat inilah yang berpotensi untuk menimbulkan jerawat yang berulang di tempat yang sama. Namun dari ketiga jenis ini, jenis jerawat kistiklah yang biasanya muncul di tempat yang sama.

Jerawat kistik ini cenderung lebih sering muncul pada kulit berminyak. Wanita dan orang tua dengan hormon yang tidak seimbangpun bisa mengalaminya. Jerawat ini dapat membaik seiring dengan usia. Namun, bekasnya memangĀ  sulit menghilang dengan sendirinya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id