sign up SIGN UP

SKINCARE

Alpha Arbutin: Rahasia Pencerah Kulit yang Belum Banyak Orang Tahu

Intan Dwi | Selasa, 20 Apr 2021 17:00 WIB
Alpha Arbutin: Rahasia Pencerah Kulit yang Belum Banyak Orang Tahu
caption

Banyak yang menganggap bahwa keriput merupakan masalah kulit terbesar dalam hal penuaan. Tetapi sebagian orang juga mengkhawatirkan hal lain, yaitu masalah warna kulit yang tidak merata. Bintik-bintik penuaan dan tekstur kulit kemerahan sebenarnya faktor utama yang membuat kamu terlihat lebih tua daripada garis halus.

Meskipun banyak produk yang menjanjikan untuk mencerahkan dan mengencangkan, tetapi produk itu bisa menjadi terlalu keras atau mengeringkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Jadi kamu harus lebih hati-hati dalam memilih produk, pilihlah produk yang kandungannya aman untuk semua jenis kulit.

Salah satu bahan yang mencerahkan kulit dan aman untuk semua jenis kulit adalah alpha arbutin. Ini menjadi kandungan rahasia untuk mencerahkan kulit. Berikut ini adalah penjelasan mengenai alpha arbutin, yuk simak!

Apakah Alpha Arbutin?

Alpha arbutin merupakan molekul yang diekstrak dari tanaman bearberry yang berkerja untuk mencegah pembentukan melanin.
Apakah alpha arbutin?/instagram.com/trilogy_id

Alpha arbutin merupakan molekul yang diekstrak dari tanaman bearberry yang bekerja untuk mencegah pembentukan melanin. Selain itu, alpha arbutin juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase untuk memberikan efek mencerahkan kulit. Rupanya, pada dasarnya bercak cokelat berasal dari pigmen yang diprodusksi di sel yang disebut melanosit, yang mengandung enzim yang disebut tirosinase.

Mereka akan aktif setiap kali terkena sinar UV, karena itu kamu akan melihat freckles dan sun spot yang mulai berkembang kalau kamu menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari. Kemudian, saat itulah alpha arbutin masuk dan Ia akan memblokir tirosinase dan menjauhkan bintik-bintik hitam.

Alpha arbutin sendiri salah satu kandungan skincare yang aman digunakan untuk semua jenis kulit. Kandungan ini akan bekerja lebih baik untuk kulit jika dicampurkan dengan kandungan skincare lainnya, seperti vitamin C dan AHA.

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kulit

Alpha arbutin memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kulit, seperti mencerahkan, melembutkan dan memudarkan bekas jerawat
Manfaat alpha arbutin/instagram.com/trilogy_id

Alpha arbutin memiliki banyak manfaat untuk kulit, seperti:

Memperbaiki kulit yang tidak rata, karena alpha arbutin menghambat tirosinase yang merupakan enzim yang membantu produksi melanin. Alpha arbutin dapat mencegah munculnya bintik hitam atau bahkan membantu memudarkannya, sehingga menghasilkan kulit yang lebih merata.

Mencerahkan kulit, seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa alpha arbutin dapat mencegah pembentukan flek hitam sehingga memberikan efek yang mencerahkan pada kulit.

Memiliki sifat perlindungan matahari, alpha arbutin bisa mengurangi tingkat kegelapan kulit setelah terpapar sinar matahari dengan menghalangi produksi tirosinase.

Efektif memudarkan bekas luka, sama seperti kemampuannya yang memudarkan bintik hitam. Arbutin juga bagus dalam memudarkan bekas jerawat red-purple acne yang bertahan lama setelah jerawat hilang.

Melembutkan kulit, jika kandungan untuk mencerah kulit lainnya dapat mengeringkan dan mengiritasi kulit. Berbeda dengan arbutin yang tidak terlalu mengiritasi, karena komponen aktif arbutin dilepaskan secara perlahan sehingga dapat mengurangi iritasi . Membuat alpha arbutin menjadi salah satu kandungan skincare yang bisa digunakan oleh kulit sensitif.

Lebih aman dari hydroquinone, hydroquinone sendiri merupakan bahan mencerahkan kulit lainnya yang ajaib. Sementara hydroquinone bekerja dengan membunuh sel yang menghasilkan pigmentasi dan melanin. Kalau arbutin akan menghambat enzim yang merangsang sel penghasil pigmen.

Efek Samping Alpha Arbutin

The Ordinary memiliki salah satu produk yang mengandung alpha arbutin
Efek samping alpha arbutin/instagram.com/deciem

Meskipun ada beberapa orang yang merasa ragu dengan alpha arbutin, karena manfaat mencerahkannya sama seperti hydroquinone. Tetapi alpha arbutin secara luas dianggap sebagai bahan yang aman dan efektif untuk memutihkan kulit.

Penggunaan produk yang mengandung alpha arbutin secara teratur akan memperbaiki warna kulit kamu dan bisa menjadi cara yang bagus untuk mengurangi bekas luka. Jadi sejauh ini efek samping dari arbutin belum ditemukan, tetapi kalau kamu ragu kamu bisa melakukan uji tempel sebelum menambahkan produk baru ke rutinitas harian kamu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id