sign up SIGN UP

SKINCARE

Apa Itu Jerawat Pasir, Penyebab, dan Cara Pencegahannya

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 13 Sep 2020 16:00 WIB
Apa Itu Jerawat Pasir, Penyebab, dan Cara Pencegahannya
caption

Jerawat pasir merupakan salah satu jenis jerawat level sedang yang sudah cukup umum dialami para wanita. Kemunculan jerawat ini sering disebut sebagai bruntusan. Jumlahnya yang relatif banyak dan berukuran kecil kerap kali membuat tidak pede siapapun yang mengalaminya.

Meski demikian, bukan berarti tidak ada cara untuk mengatasi jerawat jenis ini. Agar lebih mengenal lebih dalam apa itu jerawat pasir, penyebab dan cara pencegahannya, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Jerawat Pasir

jerawat pasir masuk dalam kategori jerawat level sedang dalam dunia medis
jerawat pasir/freepik.com

Jerawat pasir atau yang sering disebut jerawat beruntusan adalah jenis jerawat kategori sedang di dalam dunia kesehatan. Pada umumnya, jerawat ini meliputi komedo putih, pustula dan juga papula.


Perlu digariswabawahi kalau jerawat ini tidak masuk dalam kategori komedo hitam. Komedo hanyalah penyumbatan pada bagian pori-pori kemudian mengalami oksidasi sementara jerawat lebih terkait dengan penyumbatan yang dapat menimbulkan peradangan.

Ciri-Ciri Jerawat Pasir

ciri-ciri jerawat pasir ini ialah berukuran kecil dan menyebar merata
jerawat pasir/freepik.com

Agar bisa membedakan jerawat pasir dengan jerawat jenis lainnya, kita perlu mengetahui ciri-ciri jerawat pasir ini. adapun ciri-cirinya ialah berukuran kecil, mempunyai puncak kepala putih yang isinya lemak dan nanah, kemunculannya berjumlah banyak dan merata pada permukaan kulit. Apabila kulit sudah mengalami peradangan parah, tidak jarang jerawat pasir akan berwarna kemerahan.

Perlu diketahui pula bahwa jerawat pasir ini mudah menyebar di permukaan wajah, apalagi di bagian dahi dan juga pipi. Potensi penyebarannya juga semakin tinggi apabila penderita sering memencet jerawat secara paksa guna mengeluarkan sisinya. Tindakan demikian tidaklah dibenarkan karena bisa menyebabkan infeksi serta meninggalkan bekas pada kulit yang tentunya lumayan susah untuk dihilangkan.

Penyebab Munculnya Jerawat Pasir

salah satu penyebab munculnya jerawat pasir adalah stress yang berlebihan
jerawat pasir/freepik.com

Penyebab kemunculan jerawat pasir ini ialah penyumbatan di bagian pori-pori oleh kombinasi bakteri, minyak dan juga sel kulit mata. Pori-pori ini sendiri mempunyai bukaan yang berfungsi sebagai tempat keluarnya minyak yang dihasilkan dari keringat dan kulit. Bukaan ini kemudian bisa menyempit bahkan tertutup oleh sel kulit mati yang menebal dan menumpuk.

Pada akhirnya, kelebihan minyak yang tidak dapat keluar akan terperangkap dan mengundang bakteri untuk berkembang biak. Pada akhirnya, pori-pori yang mengalami penyumbatan akan meradang, menimbulkan benjolan dan bernanah. Potensi munculnya jerawat ini semakin besar apabila stress melanda dan kebiasaan menyentuh permukaan kulit wajah.

Pencegahan Jerawat Pasir

menggunakan sunscreen bisa menjadi langkah awal untuk mencegah jerawat pasir
sunscree/freepik.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Setidaknya kalimat inilah yang harus dipegang selalu. Demikian hal nya dengan jerawat pasir ini. Ada beberapa bentuk pencegahan yang bisa dilakukan yaitu:

  • Menjaga kebersihan wajah; hal ini perlu dilakukan guna memastikan tidak ada sisa kotoran yang bisa menyebabkan munculnya jerawat. Gunakanlah pembersih wajah yang ringan di pagi hari, sebelum tidur dan juga setelah selesai berolahraga. Perlu diingat untuk tidak menggunakan sabun pembersih berupa scrub yang kasar karena bisa iritasi.
  • Lebih bijak dalam menggunakan kosmetik; penggunaan kosmetik akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit, termasuk pula kemunculan jerawat. Untuk itu, hindari penggunaan kosmetik yang tebal pada waktu yang tidak tepat. Hindarilah penggunaan kosmetik yang mengandung minyak karena seyogyanya dapat memperburuk kondisi kulit wajah berjerawat. Untuk itu, pilihlah kosmetik yang sedikit kandungan minyaknya serta oleskan secara tipis saja.
  • Jaga kebersihan rambut; ini juga menjadi hal penting untuk diperhatikan karena jerawat pasir yang ada di bagian dahi biasanya akan terkena poni. Bayangkan saja jika kondisi rambutmu kotor. Otomatis, akan sangat mempengaruhi kondisi jerawat. Kotoran pada rambut bisa saja berpindah ke bagian dahi sehingga memperburuk kondisi kulit dan memicu timbulnya jerawat.
  • Menggunakan sunscreen; ini bisa dikatakan sudah menjadi basic dari skincare kamu sebelum melakukan berbagai aktivitas. Apalagi kamu yang harus keluar rumah dan terpapar matahari. Gunakanlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit. Saat ini ada banyak varian sunscreen yang bisa dipilih sehingga kamu tidak perlu bingung lagi untuk menemukan yang pas untuk kulitmu.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id