sign up SIGN UP

SKINCARE

Atasi Kulit yang Terbakar Matahari dengan Es Batu Lidah Buaya

diah zaenab | Sabtu, 13 Aug 2016 09:00 WIB
Atasi Kulit yang Terbakar Matahari dengan Es Batu Lidah Buaya
caption
Beraktifitas terlalu lama di bawah terik matahari tak jarang menyebabkan kulit terbakar karenanya. Secara tiba-tiba, kulit terasa nyeri, perih, dan tampak kemerahan. Jika dibiarkan tanpa pengobatan, tentu hal ini tidak baik untuk kulit kita. Saat kulit terbakar oleh matahari, jangan langsung panik! Kamu bisa melakukan pertolongan pertama menggunakan es batu lidah buaya. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya disini!

Untuk bisa mengobati kulit yang terasa perih dan nyeri akibat sengatan matahari menggunakan es batu lidah buaya, tentu kamu harus memilikinya terlebih dahulu. Buatlah beberapa jam atau semalam sebelum akan beraktifitas dalam waktu cukup lama di bawah sinar matahari seperti pergi ke pantai, kolam renang, atau aktifitas lainnya. Nah, berikut adalah cara membuat es batu lidah buaya yang mudah dan bisa dipraktekan di rumah.


Foto: https://www.barefootwine.com/blog/soothe-those-spritzerseason-sunburns

Alat dan Bahan yang Diperlukan


Untuk membuat es batu lidah buaya, kamu hanya memerlukan baki es batu dan gel lidah buaya. Untuk gel lidah buaya, kamu bisa mengambilnya langsung dari tanaman lidah buaya atau yang lebih praktis dengan membeli gel lidah buaya kemasan yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran.

Jika kamu membeli gel lidah buaya dalam kemasan, pilihlah yang banyak mengandung gel lidah buaya atau hampir 100%. Salah satunya yaitu soothing gel asal Korea, Holika Holika Aloe 99% Soothing Gel.


Foto: https://sukabelisini.blogspot.co.id/2015/11/holika-holika-aloe-99-soothing-gel-gel.html

Cara Membuat


        
  1. Untuk gel lidah buaya yang diambil sendiri dari tanaman lidah buaya, pertama-tama potong daun lidah buaya. Pilihlah daun yang sudah tua atau yang paling mendekati dasar tanaman atau akar. Keluarkan gelnya saja kemudian masukkan ke dalam baki es batu. Jika menggunakan gel lidah buaya kemasan, tinggal masukkan saja gel lidah buaya ke dalam baki es batu.
  2.     
  3. Masukan ke dalam freezer dan biarkan selama beberapa jam atau semalaman. Lalu es batu lidah buaya dapat kamu gunakan saat diperlukan.

Foto: https://www.tescoliving.com/articles/summer-beauty-tips-and-tricks

Cara Penggunaan


Cara menggunakan es batu lidah buaya yaitu dengan menempelkannya pada area kulit yang terasa nyeri. Gosok-gosok perlahan sampai es batu meleleh dan kulit mati rasa. Jika sudah, biarkan kulit yang basah kering dengan sendirinya.



Foto: https://fashionbeautytrainer.blogspot.co.id/2013/04/how-to-use-aloe-vera-ice-cubes-to-treat.html

Selain dapat mengobati kulit terbakar oleh sengatan matahari, es batu lidah buaya ini juga dapat dimanfaatkan sebagai pertolongan pertama pada luka bakar akibat peralatan rumah tangga seperti terkena panci panas, oven, dan sebagainya.

Semoga bermanfaat!


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id