sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Kulit Terbakar Matahari

Intan Kumala | Kamis, 07 Jan 2016 05:00 WIB
Bahan-Bahan Alami untuk Mengatasi Masalah Kulit Terbakar Matahari
caption
Saat liburan ke pantai kulit banyak terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari yang lama membuat kulit terasa perih dan kemerahan. Biasanya hal ini terjadi karena tidak memakai sunblock dan topi sehingga sinar matahari langsung menembus kulit. Bila tidak ditangani dengan tepat justru akan mengganggu penampilan. Berikut bahan alami yang bisa mengatasi masalah kulit terbakar.

1. Madu


Madu mentah berfungsi sebagai antiseptik alami yang dapat menyembuhkan kulit rusak. Oleskan madu kemudian tutup dengan kain kasa dan biarkan beberapa saat. Madu ini akan membantu mengurangi infeksi karena luka bakar dan menumbuhkan sel epitel baru.
Foto: https://mulaisehat.com/manfaat-madu-bagi-kesehatan-sangat-bermanfaat-bagi-tubuh/

2. Yoghurt


Yoghurt yang mengandung probiotik dapat membantu mengembalikan kulit yang terbakar matahari. Oleskan yoghurt pada daerah yang terbakar dan biarkan selama 10 menit. Kemudian bersihkan dengan kain dingin.
Foto: https://www.drdobbin.co.uk/yoghurt

3. Cuka Apel


Cuka bersifat antiseptik untuk membunuh kuman, meredakan peradangan, dan mengurangi kulit gatal dan nyeri. Cuka dapat menyeimbangkan kadar PH dan mempercepat pengobatan. Rendam kapas atau kain pada cuka apel dan tempelkan pada luka bakar. Tunggu beberapa menit hingga mengering. Agar lebih praktis semprotkan cuka apel pada kulit yang terbakar.
Foto: https://www.prosesdetox.com/cara-diet-cepat-dalam-2-hari-dengan-cuka-apel/

4. Baking Soda


Baking soda juga bersifat antiseptik dan mampu menghilangkan rasa gatal. Caranya campu baking soda dengan air kemudian oleskan dengan kapas pada daerah yang terbakar matahari. Kamu bisa juga menambahkan setengah cangkir baking soda pada air yang digunakan untuk mandi dan berendam.
Foto: https://www.healthyfoodhouse.com/how-to-fight-colds-and-the-flu-with-baking-soda/

5. Oatmeal


Menurut beberapa penelitian ilmiah menyebutkan bahwa ekstrak gandum bersifat anti peradangan membantu mengurangi rasa nyeri karena terbakar matahari. Haluskan secangkir oatmeal kemudian tuangkan dalam bak berisi air hangat untuk mandi.
Foto: https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-oatmeal.html

6. Susu


Rendam handuk ke dalam susu dingin kemudian oleskan pada kulit yang terbakar matahari. Susu dingin diklaim meringankan rasa nyeri dan gatal ketika dikompres dingin.
Foto: https://health.kompas.com/read/2013/03/16/1236201/3.Minuman.Ini.Jangan.Disajikan.Panas

7. Teh


Teh salah satu bahan alami yang sangat baik untuk mengatasi luka bakar. Campurkan teh dengan air kemudian celupkan kasa dan kompres bagian tubuh yang terbakar matahari.
Foto: https://tehhitamblesstea.com/teh-hitam-blesstea-asli/

8. Tepung Maizena


Bila luka bakar terdapat pada bagian punggung, taburkan tepung maizena pada sprei. Hal ini dapat menghalangi kontak langsung tubuh dengan sprei sehingga tidak membuat perih.
Foto: https://heraanwar.com/manfaat-tepung-maizena-untuk-kesehatan/
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id