sign up SIGN UP

SKINCARE

Bahaya! Jangan Masukkan 5 Bahan Ini ke DIY Skincare Kamu

Intan Dwi | Senin, 11 May 2020 14:00 WIB
Bahaya! Jangan Masukkan 5 Bahan Ini ke DIY Skincare Kamu
caption
Hampir semua wanita melakukan perawatan kulit untuk mendapatkan wajah yang cerah, bersih dan sehat, seperti pergi ke klinik kecantikan atau membeli produk-produk skincare yang terkenal bagus. Tapi tidak sedikit juga dari mereka yang coba untuk DIY perawatan kulit mereka menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Sebelum membuat perawatan kulit, kamu harus perhatikan bahan-bahan yang tidak boleh kamu gunakan. Berikut ini ada lima bahan yang tidak boleh dimasukan ke DIY skincare kamu.

Cuka




Foto: https://www.freepik.com/

Cuka merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan untuk kebutuhan memasak. Namun saat ini banyak orang yang memanfaatkan cuka sebagai salah satu bahan untuk DIY perawatan kulit mereka. Beberapa orang menjadikan cuka sebagai toner untuk wajah, karena menurut mereka cuka memiliki kesamaan bahan dan sifat penyeimbang pH. Tapi kamu tahu enggak sih, kalau penggunaan cuka sebagai perawat kulit kamu itu salah?

Selain baunya yang menyengat akan tahan lama tinggal di kulit, cuka juga dapat memberikan efek berbahaya seperti iritasi, luka bakar kimiawi, terbakar sinar matahari dan depigmentasi sebagai akibat dari iritasi awal.


Pasti Gigi dan Baking Soda




Foto: https://www.freepik.com/

Meskipun banyak orang yang berhasil mengggunakan pasta gigi untuk mengobati timbulnya jerawat. Hal itu mungkin berhasil karena kandungan antimicrobial triclosan yang terdapat di dalam pasta gigi. Tapi hal itu salah, daripada menggunakan pasta gigi sebagai obat jerawat lebih baik guanakan perawatan untuk jerawat yang sebenarnya. Hal itu juga berlaku untuk kamu yang menggunakan baking soda sebagai bahan DIY skincare. Karena pasta gigi dan baking soda itu bisa mengiritiasi kulit ssan terjadinya peradangan pada kulit.


Rempah-Rempah




Foto: https://www.freepik.com/

Selain cuka, rempah-rempah yang biasa digunakan untuk memasak juga digunakan untuk bahan dasar DIY skincare beberapa orang. Bagi mereka yang menggunakan rempah-rempah sebagai bahan dasar perwatan kulit, secara umum rempah-rempah ini hanya perlu ditangani dengan hati-hati. Tapi kamu tahu enggak sih, kalau rempah-rempah tertentu justru bisa membuat kulit iritasi, contohnya adalah kunyit dan kayu manis. Meskipun ada beberapa ramuan rempah-rempahan yang terbukti bermanfaat untuk kulit. Tapi selalu pastikan untuk tidak menggunakannya seperti produk yang kamu beli dari toko atau klinik kecantikan.
 



Lemon dan Buah Lainnya




Foto: https://www.freepik.com/

Saat ini banyak orang yang melakukan beauty hacks untuk perawatan kulit yang kemudian disebar luaskan ke media sosial. Salah satu bahan yang mereka gunakan adalah lemon yang mereka percaya untuk mencerahkan kulit. Tapi apakah kamu tahu, kalau asam dari lemon itu dapat membakar kulit dan merubah warna kulit? Selain itu, lemon juga bisa menyebabkan sesuatu yang dinamakan phytophotodermatitis yaitu suatu reaksi peradangan kulit. Selain lemon, ada buah-buahan lainnya yang juga berbahaya untuk kulit kamu.
 


Telur Mentah




Foto: https://www.freepik.com/

Produk kecantikan dari Korea mungkin banyak menggunakan telur sebagai bahan dasar mereka. Tapi jika kamu mengoleskan telur mentah secara langsung ke kulit itu akan memiliki beberapa konsekuensi yang cukup serius. Karena telur mentah bisa menyebabkan infeksi bakteri yang disebut salmonella. Sebuah studi mengungkapkan, infeksi salmonella memang masih terbilang langka. Tapi jika kamu mencari gambarnya, pasti kamu tidak akan mau melakukannya lagi karena tidak mau mengambil risiko.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id