sign up SIGN UP

SKINCARE

Beauty Hacks! Ini Cara Terbaik Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rangkaian Kecantikan

Astari Dewi Larasati | Selasa, 29 Sep 2020 13:00 WIB
Beauty Hacks! Ini Cara Terbaik Menggunakan Minyak Kelapa Untuk Rangkaian Kecantikan
caption
Jakarta -

Minyak kelapa merupakan bahan pokok kecantikan yang dapat digunakan untuk banyak hal, termasuk perawatan kulit hingga rambut. Karena mengandung asam dan lemak, minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembap. Selain itu, asam laurat memiliki efek antimikroba yang membantu melawan bakteri, virus, dan jamur.

Namun, minyak kelapa belum bisa dipastikan dapat menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit. Daripada memakai produk yang mengandung bahan kimia dan bisa menimbulkan efek samping pada kulit. Berikut ini cara terbaik menggunakan minyak kelapa untuk rutinitas kecantikan.

Body moisturizer

Karena mengandung komedogenik, para ahli kulit tidak merekomendasikan untuk memakainya pada wajah.
Body moisturizer/freepik.com

Karena minyak kelapa bersifat komedogenik, para ahli kulit tidak merekomendasikan untuk memakainya pada wajah, terutama jika memiliki kulit yang mudah. Maka dari itu bisa menggunakan bagi tubuh karena kaya akan asam lemak dan memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Bekerja memberikan penghalang yang baik untuk melembapkan kulit dan mencegah kekeringan.

Deep conditioner

Cocok untuk rambut kering, mudah rusak, dan mudah patah.
Deep conditioner/freepik.com

Jika mengalami masalah rambut kering, mudah rusak, dan mudah patah, maka minyak kelapa bisa jadi alternatifnya. Coba gunakan sebagai perawatan rambut tanpa bilas karena membantu memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat pewarnaan, suhu, dan sinar matahari. Bahkan bisa memakainya sebagai perawatan sebelum keramas untuk menenangkan rambut kering sebelum memakai sampo dan kondisioner. Biarkan selama satu jam hingga benar-benar meresap.

Body scrub

Pakailah minyak kelapa untuk membuat lulur buatan sendiri agar kulit mengelupas secara alami.
Body scrub/freepik.com

Jika tubuh terlihat kusam, pakailah minyak kelapa untuk membuat lulur buatan sendiri agar kulit mengelupas secara alami. Selain itu, dapat membantu menangkal iritasi akibat pengelupasan sehingga cocok untuk kulit sensitif. Lakukanlah body scrub ini setidaknya seminggu sekali untuk langkah awal. Ppastikan tidak ada efek samping pada kulit.

Lip balm

Minyak kelapa memiliki komposisi untuk mengatasai bibir kering dan pecah-pecah.
Lip balm/freepik.com

Komposisi lemak minyak kelapa membantu mengisi kompenen yang hilang akibat bibir kering dan pecah-pecah. Selain itu, obat ideal untuk bibir karena sifatnya semipadat sehingga tidak terlalu berantakan dibandingkan minyak lainnya. Masukkan sedikit ke dalam toples mini dan ratakan di bibir sepanjang hari. Jika rutin melakukannya, maka bibir akan menjadi lebih lembap.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id