sign up SIGN UP

SKINCARE

Bebas Efek Samping, Ramuan Ajaib Ini Bisa Bikin Tumit Kamu Mulus dan Anti Pecah-Pecah

Ika Dyah | Jumat, 12 Jan 2018 02:30 WIB
Bebas Efek Samping, Ramuan Ajaib Ini Bisa Bikin Tumit Kamu Mulus dan Anti Pecah-Pecah
caption
Tumit pecah-pecah sudah menjadi salah satu masalah yang banyak dijumpai. Selain terjadi karena kulit kehilangan kelembapan, faktor lingkungan, paparan sinar matahari terus menerus, masalah air atau pemakaian sabun berbahan dasar keras dapat menyebabkan hal tersebut. Berikut ada beberapa bahan-bahan alami yang dapat kamu manfaat untuk mengatasi masalah tumit yang pecah-pecah.

Tepung beras, Madu dan Cuka Apel


Salah satu cara mengatas kulit pecah-pecah pada kaki adalah dengan memanfaatkan tepung beras dan madu sebagai scrub. Tepung beras yang memiliki tekstur kasar dapat membantu menghapus kulit yang retak pada tumit kamu, sekaligus membersihkan dan menutrisi kulit kaki sehingga kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Sedangkan madu berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit kaki kamu dan cuka apel sendiri dapat membuat kulit tetap lembap karena asam asetat yang terdapat di dalamnya mampu membantu pengelupasan kulit mati secara alami. 

Cukup campurkan 2 - 3 sendok makan tepung beras dan dicampur dengan 1 sendok teh madu dan 3 - 4 tetes cuka apel. Sebelumnya rendam kaki terlebih dahulu dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit. Kemudian keringkan dan oleskan scrub dengan memijatnya secara lembut untuk mengangkat sel kulit mati. Lakukan perwatan menggunakan scrub ini 2x seminggu. 


Foto: https://akucantik.id


 


Lemon dan Vaseline


Bahan alami selanjutnya untuk mengatasi kulit pecah-pecah adalah lemon. Kamu bisa merendam kaki dalam perasan air jeruk lemon selama 10 - 15 menit. Sifat antibakteri dan antivirus di dalam lemon akan membantu membunuh bakteri serta melembutkan tumit kaki kamu yang pecah-pecah.

Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari. Alternatif lainnya, kamu bisa mencampur 4 - 5 tetes air lemon dengan 1 sendok teh vaseline. Hampir sama dengan metode sebelumnya, kamu rendam dulu kaki di air hangat baru setelah dikeringkan kamu bisa mengoleskan campuran air lemon dan vaseline.

Namun, setelahnya kamu bisa pakai kaos kaki berbahan wol dan biarkan semalaman lalu kamu cuci keesokan harinya. Untuk perawatan ini kamu bisa pakai setiap hari juga sebelum tidur malam. 


Foto: https://akucantik.id


 


Minyak Zaitun


Minyak zaitun adalah minyak yang memiliki banyak manfaat dan salah satunya untuk mengatasi tumit kaki kamu yang pecah-pecah. Minyak zaitun dapat menutrisi dan membuat kulit lembut seketika. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak zaitun pada tumit yang pecah-pecah sebelum beraktivitas dan sebelum tidur menggunakan tangan atau kapas dan lakukan dengan gerakan melingkar selama 10 - 15 menit.

Selanjutnya pakai kaos kaki tebal dan biarkan selama kurang lebih 1 jam baru kemudian kamu lepas dan cuci kaki hingga bersih. Lakukan perawatan menggunakan minyak zaitun ini setiap hari untuk memperoleh tumit kaki yang halus, lembut dan sehat.


Foto: https://okewawbanget.blogspot.co.id


 


Pisang


Buah pisang ternyata juga bermanfaat mengatasi kulit peca-pecah lho! Kamu bisa memanfaatkan pisang ambon atau pisang apa saja. Pisang berfungsi melembutkan, melembapkan dan menghidrasi kulit kaki sehingga dapat mengatasi serta mencegah kulit kaki menjadi kering dan pecah-pecah.

Untuk perawatan ini, cukup ambil 2 buah pisang matang kemudian dihaluskan. Selanjutnya oleskan pada tumit yang pecah-pecah dan pijat selama 10 - 20 menit. Jika sudah, kamu bisa cuci kaki dengan air hangat. Karena hanya memakai bahan alami, kamu bisa melakukan perawatan ini setiap hari atau bahkan 2x sehari. 


Foto: https://www.ebtshopper.com


 


Alpukat


Selain pisang, buah lainnya yang bermanfaat untuk kulit pecah-pecah adalah alpukat. Caranya juga tak jauh berbeda. Cukup ambil setengah buah alpukat kemudian haluskan. Alpukat yang kaya akan beberapa minyak esensial, vitamin dan lemak akan membantu memperbaiki kulit yang kering, merapatkan celah kulit yang meregang akibat pecah-pecah, menjaga kelembapan alami dan menghaluskan kulit.

Alpukat yang dihaluskan tadi bisa kamu manfaatkan sebagai scrub kaki. Jangan lupa setelah mengoleskan pada kaki kamu lakukan pemijatan juga selama 5 menit dan diamkan selama 20 menit baru bisa kamu bilas hingga bersih.


Foto: https://www.khasiat.tepungsagu.com


 


Getah Pepaya


Jika pisang dan alpukat yang kamu manfaatkan adalah buahnya, maka lain halnya dengan pepaya. Untuk pepaya yang kamu manfaatkan adalah getahnya. Kamu bisa ambil pepaya muda kemudian potong pangkal buah pepaya tersebut untuk diambil getahnya. Selanjutnya oleskan getah pepaya pada tumit yang pecah-pecah dan diamkan sampai mengering.

Setelah kering kamu bisa bilas dengan air hangat hingga bersih. Getah pepaya tersebut bermanfaat untuk melembutkan kulit pecah-pecah sekaligus mencegah terjadinya kekeringan kembali di area tumit. 


Foto: https://www.buka-sesuatu.com


 


Ampas Kopi


Tak hanya bermanfaat sebagai scrub wajah dan badan, ampas kopi ternyata juga bermanfaat untuk scrub tumit kaki yang pecah-pecah. Kamu bisa gunakan ampas kopi untuk menggosok lembut tumit kaki yang mengalami pecah pecah.

 Ampas kopi dapat melembapkan tumit yang kering dan mampu mempercepat pengelupasan secara alami. Kamu bisa mengoleska ampas kopi pada tumit kaki kemudian lakukan massage secara melingkar di daerah tumit yang pecah-pecah tersebut untuk meremajakan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.


Foto: https://caracantikmaksimal.blogspot.co.id


 


Ampas Kelapa


Jika di rumah ada ampas kelapa jangan buru-buru dibuang ya, Beautynesian! Kenapa? Jika kamu memiliki masalah tumit pecah-pecah ternyata ampas kelapa ini juga bisa menjadi salah satu bahan alami yang dapat mengatasi hal tersebut. Cukup gosokan ampas kelapa secara lembut dan berulang-ulang pada area tumit yang pecah pecah.

Setelah itu biarkan 10 - 15 menit agar khasiat pada ampas kelapa terserap dengan baik. Ampas kelapa yang memiliki minyak alami tersebut dapat melembutkan, mengangkat sel kulit mati dan memberikan kelembapan alami yang tidak mudah hilang pada tumit dan tentunya aman tanpa menimbulkan efek samping.


Foto: https://www.pertanianku.com


 


(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id