sign up SIGN UP

SKINCARE

Beda Sama Kering, Ini Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi dan Ciri-Cirinya!

Budi Rahmah Panjaitan | Selasa, 17 Nov 2020 13:00 WIB
Beda Sama Kering, Ini Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi dan Ciri-Cirinya!
caption

Kulit wajah kering memang kerap disamakan dengan kulit dehidrasi. Namun faktanya, dua kondisi kulit ini sangatlah berbeda. Kulit kering sendiri merupakan salah satu jenis kulit yang secara alami dibawa sejak lahir dan semakin dipengaruhi oleh pertambahan usia. Sementara itu, kulit dehidrasi lebih disebabkan oleh faktor luar yang cukup beragam.

Lantas, apa sih kulit dehidrasi itu, penyebab dan ciri-cirinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Kulit Dehidrasi

Kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit yang kekurangan asupan cairan/freepik.com
Kulit dehidrasi/freepik.com

Kulit dehidrasi merupakan kondisi kulit yang kekurangan asupan cairan sehingga membuat kulit terasa kering. Perlu digarisbawahi meskipun dehidrasi bisa menyebabkan kulit menjadi kering, bukan berarti kulit kering selalu disebabkan oleh dehidrasi. Ya, hal ini mengingat bahwa kulit kering adalah salah satu tipe kulit yang secara genetis mengarah pada bawaan sejak lahir dan dipengaruhi oleh umur seseorang.

Seyogyanya, pertambahan usia akan turut menurunkan produksi minyak di dalam tubuh sehingga kulit cenderung lebih kering.  Sementara kulit dehidrasi disebabkan faktor luar yakni asupan cairan yang diterima oleh tubuh tidak mencukupi. Kulit dehidrasi ini bisa dialami oleh siapa saja, tidak terkecuali untuk kamu yang tipe kulitnya berminyak ataupun kering.

Penyebab Kulit Dehidrasi

kulit dehidrasi bisa disebabkan oleh berbagai faktor luar seperti cuaca panas ataupun dingin/freepik.com
kulit dehidrasi /freepik.com

Kulit dehidrasi bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk di antaranya yang paling umum adalah kurang minum air. Namun di samping itu, terdapat pula beberapa penyebab lain seperti kelembapan udara yang kurang, suhu panas ataupun dingin, kurang tidur dan juga sinar matahari. Kondisi-kondisi ini secara keseluruhan merupakan faktor luar yang memang sering ditemui dalam keseharian.

Untuk itu pula, tidak jarang kulit mengalami dehidrasi karena mendapati salah satunya ketika menjalankan aktivitas sehari-hari. Selain faktor luar yang sudah disebutkan, kebiasaan hidup juga berpengaruh terhadap kulit dehidrasi lho. Sebut saja kebiasaan mandi menggunakan air hangat yang bisa membuat kulit jadi dehirasi karena mengangkat lapisan minyak pelindung kulit.

Selain itu, makanan yang dikonsumsi setiap harinya juga turut berpengaruh. Contohnya saja terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa membuat kulit jadi dehidrasi. Hal ini mengingat bahwa garam memiliki sifat menyerap cairan yang ada di dalam tubuh.

Ciri-Ciri Kulit Dehidrasi

kulit dehidrasi akan menampilkan ciri-ciri, salah satunya terlihat kusam/freepik.com
kulit dehidrasi/freepik.com

Kulit yang dehirasi bisa dikenali dari ciri-ciri yang ditampilkan. Biasanya, kulit dehidrasi akan terlihat lebih kusam, berminyak namun terasa kering, lebih sensitif, terasa gatal dan terasa kasar. Di samping itu, cara mudah lainnya yang bisa dicoba untuk memastikan apakah kulit kamu dehidrasi atau tidak adalah dengan melakukan pengecekan sederhana.

Cobalah cubit sedikit bagian pada punggung tangan, pipi, perut ataupun dada. Perhatikan dengan seksama apakah kulit bekas cubitan lekas kembali atau tidak. Jika kulit kembali ke bentuk semulanya setelah beberapa detik, bisa dipastikan bahwa kulit tersebut sedang mengalami dehidrasi.

Mengatasi Kulit Dehidrasi

kulit dehidrasi bisa diatasi dengan mengoleskan krim pelembap/freepik.com
kulit dehidrasi/freepik.com

Kulit dehidrasi ini bisa diatasi dengan banyak cara. Salah satunya ialah dengan memenuhi asupan cairan tubuh. Selain itu, untuk mengantisipasi berbagai kondisi, bantuan moisturizer akan sangat membantu. Oleskan moisturizer ke permukaan kulit agar terasa lebih lembap dan meresap ke dalam kulit.

Terdapat pula bahan-bahan alami yang disarankan untuk kulit dehidrasi yaitu lidah buaya, asam sitrat, madu dan gliserin. Di sisi lain, berbagai faktor penyebab kulit dehidrasi lainnya juga patut kamu hindari. Misalnya saja gaya hidup dan asupan makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id