sign up SIGN UP

SKINCARE

Bekas Jerawat Sering Jadi Bopeng? Cek Dulu Penyebabnya

Meydiana Adinda | Sabtu, 05 Jun 2021 10:00 WIB
Bekas Jerawat Sering Jadi Bopeng? Cek Dulu Penyebabnya
caption

Setelah berperang melawan jerawat, masih ada satu hal lagi yang harus dihadapi para acne fighters, yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat ini dapat berupa PIE, PIH, bahkan bopeng/scars. Untuk merawat PIE dan PIH masih bisa dilakukan mandiri dengan bantuan berbagai skincare.

Tapi kalau sudah menjadi scars atau bopeng, skincare saja tidak cukup, Ladies. Untuk merawatnya, kita memerlukan bantuan tenaga ahli, yaitu dokter kulit.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan bekas jerawat di kulit kita menjadi bopeng? Apakah hal ini bisa dihindari? Nah, untuk tahu lebih lanjut penyebab bopeng pada wajah, simak artikel berikut ini, ya!

1. Faktor Genetik

Alasan Timbul Bopeng Setelah Berjerawat
Faktor Genetik/freepik.com

Faktor genetik dapat membawa pengaruh terhadap potensi munculnya bopeng kulit. Jika di keluargamu ada yang memiliki kulit rentan memiliki bopeng, maka hal ini juga berpotensi Ladies alami. Karena kondisi kulit setiap orang berbeda-beda, termasuk di dalamnya ada yang lebih rentan rusak dan tidak tahan apabila terkena jerawat.

Jika kondisi ini kamu alami, ingatlah untuk segera mengatasi jerawat agar tak parah dan makin merusak lapisan kulitmu, Ladies. Jangan sedih, Ladies bisa tetap merawat kulit dengan bantuan dokter kulit agar kulit sehat.

2. Keparahan Jerawat

Alasan Timbul Bopeng Setelah Berjerawat
Keparahan Jerawat/pinterest.com/procollagen

Tingkat keparahan jerawat juga akan memberikan pengaruh timbulnya scars di kulit. Apabila jerawatmu cukup parah dan kerap muncul di tempat yang sama, maka akan lebih beresiko untuk menjadi bopeng setelahnya. Hal ini dikarenakan lapisan kulit yang telah rusak saat berjerawat menjadi semakin parah kondisinya karena kemunculan jerawat secara berulang.

Untuk itu, kenali kondisi jerawat segera mungkin ya, Ladies. Apabila kondisi cukup parah dan skincare jerawatmu tak cukup kuat, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter kulitmu, ya.

3. Perawatan Jerawat

Alasan Timbul Bopeng Setelah Berjerawat
Perawatan Jerawat/freepik.com

Untuk mengurangi potensi bopeng, perawatan yang tepat dan cepat dalam mengatasi jerawat sangat penting. Apabila kulit dibiarkan berlama-lama dalam kondisi berjerawat tanpa dirawat dan diobati dengan tepat, maka kondisi jerawat dapat semakin parah dan beresiko menjadi bopeng setelahnya.

4. Kebiasaan Memencet Jerawat

Alasan Timbulnya Bopeng Setelah Berjerawat
Memencet Jerawat/freepik.com

Kebiasaan buruk seperti memegang dan memencet jerawat akan membawa pengaruh buruk seperti bopeng. Kebiasaan memencet jerawat secara sembarangan dapat membuat jerawatmu semakin parah dan memicu timbul scars setelahnya. Jika Ladies masih sering tanpa sadar memencet jerawat, cobalah menggunakan acne patch untuk mencegah kebiasaan buruk ini.

Nah, itulah empat penyebab kenapa bekas jerawatmu dapat menjadi bopeng. Yuk cegah kemunculan bopeng dengan memperbaiki kebiasaan-kebiasaan saat berjerawat!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id