sign up SIGN UP

SKINCARE

Benarkah Gonta-Ganti Skincare Bisa Menimbulkan Efek Buruk di Kulit?

Rani Mutiara | Rabu, 09 Jun 2021 16:15 WIB
Benarkah Gonta-Ganti Skincare Bisa Menimbulkan Efek Buruk di Kulit?
Choosing Skincare | Freepik.com
Jakarta -

Seringkali kita bertanya-tanya apakah gonta-ganti produk dan merek skincare secara terus menerus bisa berefek buruk pada kulit? Pertanyaan ini biasanya muncul ketika kita ingin mengganti merek skincare yang sedang kita gunakan sekarang ke merek lain. Bisa saja karena kita sudah bosan, ingin mencoba produk terbaru ataupun karena tidak nyaman digunakan.

Namun di lain sisi, kita teringat bahwa skincare tadi baru saja digunakan dalam beberapa hari atau minggu, sehingga muncul pertanyaan apakah aman jika langsung mengganti dan menggunakan produk skincare baru dalam waktu yang singkat? Namun sebelum menjawab pertanyaan tadi, perlu dipahami bahwa penggunaan skincare sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Beauty Vlogger | Freepik.com
Beauty Vlogger | Freepik.com

Jika membahas tentang aktivitas skincare enthusiast yang sering mencoba berbagai macam produk dalam waktu yang berdekatan untuk segera di-review, anggap saja itu sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap pekerjaannya, sehingga tidak berarti bahwa kita harus mengikuti apa yang mereka lakukan. Jadikan review skincare yang mereka gunakan sebagai rekomendasi dan referensi untuk kita dalam mencari skincare yang sesuai.

Acne | Freepik.com
Acne | Freepik.com

Meskipun begitu, tidak ada larangan khusus yang mengatur apakah kita boleh atau tidak boleh gonta-ganti skincare. Walaupun masih banyak yang berpendapat bahwa hal tersebut sebaiknya jangan dilakukan namun tidak sedikit juga yang berpendapat bahwa tidak masalah jika ingin gonta-ganti skincare selama kulit kita bisa menerimanya. Karena sebenarnya gonta-ganti skincare tidak selalu akan memberikan efek yang buruk ke kulit selama produk yang digunakan memang sesuai dengan kebutuhan dan tidak menimbulkan reaksi negatif.

Sebaliknya, jika produk yang digunakan bisa memberikan reaksi negatif, maka tanpa harus gonta-ganti skincare sekalipun, hal ini tetap bisa memberikan efek buruk di kulit kita. 

Time | Freepik.com
Time | Freepik.com

Hal yang sebenarnya menjadi masalah dalam pembahasan ini yaitu bahwa waktu untuk merasakan hasil yang maksimal dari pemakaian suatu produk skincare tidaklah bisa didapatkan dalam waktu yang singkat. Sehingga gonta-ganti skincare tidak akan selalu memberikan efek buruk di kulit kita namun tentu saja jika dilakukan terus-menerus dalam jarak waktu berdekatan, kita akan sulit merasakan manfaat dari suatu produk skincare secara maksimal. Meskipun ada beberapa produk yang kelihatannya bisa memberikan hasil yang signifikan dalam pemakaian yang singkat, belum tentu hasilnya bertahan lama.

Jadi, silahkan gonta-ganti skincare sesuka hati selama itu aman dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Namun, jika kamu ingin tetap merasakan hasil maksimal dari pemakaian suatu skincare meskipun di lain sisi kamu juga ingin mencoba skincare baru, maka lakukanlah dengan hati-hati, tidak tergesa-gesa dan tentunya di waktu yang tepat.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id