sign up SIGN UP

SKINCARE

Benarkah Jerawat Bisa Musnah dengan Air Liur Kucing?

Izzul Millati Umami | Kamis, 10 Dec 2020 16:00 WIB
Benarkah Jerawat Bisa Musnah dengan Air Liur Kucing?
caption
Jakarta -

Kulit yang bersih bebas jerawat merupakan impian banyak orang. Baik wanita maupun pria sangat mendambakan kulit bebas jerawat. Itulah kenapa banyak sekali orang yang berlomba-lomba mengeluarkan uang untuk membeli skincare paling canggih sekalipun. 

Namun, ternyata, di Indonesia sendiri pernah terjadi sebuah fenomena langka dimana seorang wanita membiarkan kucingnya menjilati wajah untuk tujuan kecantikan. Banyak pro kontra terkait masalah ini. Nah, apakah benar air liur kucing bisa menyembuhkan jerawat?

Lidah kucing didesain untuk membersihkan diri

kucing lidah
kucing lidah/sumber:unsplash.com

Memang benar bahwa lidah kucing didesain untuk membersihkan diri, termasuk menyisir bulu kucing itu sendiri. Inilah alasan mengapa kucing terlihat sering membersihkan diri mereka sangat sering dengan tujuan untuk membersihkan kotoran pada bulunya. 

Lidah kucing punya kandungan antiseptik

kucing lidah antiseptik
kucing lidah antiseptik/sumber:unsplash.com

Lidah kucing memang didesain untuk memiliki kandungan antiseptik. Kandungan ini punya fungsi untuk menyembuhkan luka. Kucing yang habis berkelahi biasanya akan menjilati tubuhnya lebih sering daripada biasanya. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka mereka. 

Kucing suka menjilati dubur

kucing menjilati dubur
kucing menjilati dubur/sumber:unsplash.com

Sayangnya, kita tahu sendiri bahwa kucing sangat sering menjilati area dubur mereka. Inilah kenapa sebenarnya air liur kucing tidak ada kaitannya dengan proses penyembuhan jerawat pada wajah manusia. Air liur kucing tidak benar-benar higienis. 

Bahkan, setelah mandi pun, seekor kucing akan dengan cepat menjilati kembali dubur mereka. Tentunya hal ini sangat tidak cocok dengan pernyataan bahwa air liur bisa membasmi jerawat. 

Parasit banyak bersarang di dubur kucing

dubur kucing
dubur kucing/sumber:unsplash.com

Selain itu, parasit bernama toxoplasma Gondii sangat sering bersarang pada feses kucing. Sementara itu, kucing diketahui banyak menjilati area dubur letak keluarnya feses. Lagipula, tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa air liur kucing bisa digunakan untuk membersihkan wajah, termasuk jerawat. 

Lidah kucing bermanfaat untuk struktur bulu

struktur bulu
struktur bulu/sumber:unsplash.com

Kebersihan lidah kucing hanya bermanfaat untuk struktur bulu dan tidak berguna untuk kulit manusia. Kucing pun terlihat juga sering menjilati hewan yang berbeda semacam bebek atau anjing untuk menunjukkan rasa persahabatan. Ini bukti kalau lidah kucing hanya berguna untuk sesama makhluk berbulu. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id