sign up SIGN UP

SKINCARE

Berkhasiat, Ini 5 Manfaat Kulit Semangka Untuk Kecantikan

Lifia Mawaddah Putri | Jumat, 09 Oct 2020 14:30 WIB
Berkhasiat, Ini 5 Manfaat Kulit Semangka Untuk Kecantikan
caption
Jakarta -

Semangka adalah salah satu buah yang menyehatkan dan dapat menghilangkan dahaga. Tapi pastinya setelah memakan bagian merah pada semangka, kita langsung membuang kulitnya. Padahal, kulit semangka juga bisa kamu manfaatkan untuk perawatan kecantikan lho! Yuk simak 5 manfaat yang bisa kamu manfaatkan dari kulit semangka berikut ini.

Mengatasi Kulit Kering

Salah satunya adalah kulit yang kering dan kusam. Kandungan likopen ini juga diyakini mampu membuat wajah jadi lebih segar dan bercahaya.
Semangka/freepik.com

Bagian berwarna putih pada semangka memiliki kandungan yang kaya akan likopen. Nah, kandungan ini mampu untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Salah satunya adalah kulit yang kering dan kusam. Kandungan likopen ini juga diyakini mampu membuat wajah jadi lebih segar dan bercahaya. Cara menggunakannya juga mudah kok. Kamu hanya perlu mengoleskan langsung bagian tersebut pada kulit wajahmu. Diamkan selama 20 menit lalu bilas hingga bersih. Supaya hasil lebih maksimal, lakukan setiap hari ya.


Menghilangkan Mata Panda

Lingkar hitam di bagian bawah mata tentu bikin penampilan jadi enggak maksimal. Untuk mengatasinya, kamu enggak perlu melakukan perawatan yang mahal. Cukup gunakan kulit semangka saja pada bagian tersebut. Lakukan setiap hari sebelum tidur agar hasilnya lebih maksimal.

Meredakan Jerawat

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari kulit semangka mampu meredakan jerawat.
Semangka/freepik.com

Masalah kulit yang satu ini rasanya sering dialami oleh hampir semua orang. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari kulit semangka mampu meredakan jerawat. Sebab, daging semangka yang berwarna putih dan kulitnya memiliki kandungan vitamin B6, A, dan C yang berguna untuk menghaluskan dan menghilangkan jerawat serta noda bekas jerawat. Agar hasil lebih maksimal, kamu bisa menggosok-gosokkan bagian putih tersebut pada pagi dan malam hari.

Menyeimbangkan Minyak Berlebih

Tipe kulit yang berminyak maupun yang kering juga sangat cocok untuk mengoleskan kulit semangka pada wajah lho! Sebab, kulit semangka mampu mengatasi kulit kering serta mengurangi produksi minyak berlebih. Hal ini dikarenakan kulit semangka memiliki daya serap tinggi. Cara menggunakannya juga hanya cukup oleskan bagian putih pada wajah lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan menggunakan air.

Atasi Rambut Rontok

Selain untuk kecantikan wajah, kulit semangka juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Untuk menggunakannya sebagai masker rambut, pisahkan buah semangka yang merah dari bagian putihnya.
Semangka/freepik.com

Selain untuk kecantikan wajah, kulit semangka juga bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok. Untuk menggunakannya sebagai masker rambut, pisahkan buah semangka yang merah dari bagian putihnya. Lalu keruk dan blender bagian putih tersebut hingga halus. Setelah selesai, sisir rambut terlebih dulu lalu aplikasikan ekstrak kulit semangka tersebut pada rambut. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id