sign up SIGN UP

SKINCARE

Biar Gak Keliru, Yuk Kenali 7 Jenis Masker Wajah Beserta Fungsinya Masing-masing

Ade Irma Suryani | Minggu, 24 May 2020 12:00 WIB
Biar Gak Keliru, Yuk Kenali 7 Jenis Masker Wajah Beserta Fungsinya Masing-masing
caption
Penggunaan masker wajah adalah salah satu bagian dari rangkaian skincare. Saat ini, ada begitu banyak pilihan masker wajah yang tersedia. Karena itulah, kamu perlu memilih jenis masker yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Nah, agak tak keliru dalam memilih, berikut ini ada 7 jenis masker wajah dan fungsi yang dimiliki dari setiap masing-masing. Yuk langsung simak di bawah ini.

1. DIY Mask


Masker tradisional yang satu ini terbuat dari berbagai bahan alami yang bisa kita racik sendiri. Umumnya DIY mask menggunakan berbagai buah-buahan yang segar, lidah buaya, madu, putih telur dan lain sebagainya. Karena berasal dari bahan-bahan alami, DIY mask ini tentunya lebih baik untuk kulit dan lebih aman digunakan. Meskipun begitu, untuk hasil yang diberikan membutuhkan proses yang agak cukup lama.


Foto: https://freepik.com


 


2. Sheet Mask


Masker yang berasal dari Korea Selatan ini tentunya sudah tidak asing lagi di kalangan para skincare enthusiast. Hal ini tak lain karena penggunaannya yang simple dengan hasil yang instan, serta mampu membuat wajah terasa lebih lembap, halus dan cerah. Selain itu, masker ini cocok untuk semua jenis kulit dan memiliki cairan yang begitu banyak, sehingga dapat menghidrasi kulit wajah dengan baik. Namun, ada kalanya penggunaan sheet mask juga bisa menimbulkan jerawat atau alergi setelah pemakaian. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan formula kandungannya terlebih dahulu secara teliti. 



Foto: https://freepik.com


 


3. Peel-Off Mask


Peel-off mask adalah jenis masker yang berbentuk krim atau gel. Masker ini akan mengering setelah beberapa menit diaplikasikan dan dapat dikelupas. Tak hanya dapat membuat kulit wajah terasa lebih halus dan kencang, masker ini juga mampu mengangkat kotoran serta komedo pada wajah. Masker ini cocok digunakan pada malam hari setelah kamu beraktivitas seharian atau bisa juga di siang hari. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya mengecek kandungannya terlebih dahulu, agar tidak menimbulkan reaksi alergi.  


Foto: https://freepik.com


 


4. Clay Mask


Clay mask adalah masker yang terbuat dari tanah liat dan dapat melembapkan kulit wajah dengan baik. Hal ini karena tanah liat memiliki kemampuan dalam membuat kulit wajah tetap terhidrasi. Bagi kamu yang memiliki kulit wajah yang berminyak, masker ini sangat cocok untuk digunakan lho. 

Masker ini dapat menyerap minyak berlebih, menghilangkan jerawat dan komedo, serta membersihkan kotoran pada wajah secara mendalam. Namun, jangan sampai terlalu lama mendiamkannya agar tidak iritasi. Selain itu, jangan lupa gunakan pelembap agar wajah tidak kering. Kamu cukup menggunakan masker ini satu kali dalam seminggu.


Foto: https://freepik.com


 


5. Charcoal Mask


Seperti namanya, charcoal mask adalah masker yang terbuat dari arang. Masker ini sendiri sangat cocok untuk jenis kulit yang berminyak dan rawan jerawat. Penggunaan masker ini dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak di wajah, menyamarkan noda jerawat, menutup pori-pori besar, mengatasi kulit kusam dan sebagai exfoliator alami. Kamu bisa menggunakan masker ini di malam hari sebelum tidur atau di siang hari saat tidak beraktivitas di luar ruangan.


Foto: https://freepik.com


 


6. Sleeping Mask


Seperti namanya, masker jenis ini memang digunakan saat malam hari menjelang tidur. Masker ini memiliki tekstur berupa gel, sehingga mudah menyerap ke dalam kulit. Bagi kamu yang sehari-hari beraktivitas di luar ruangan atau tinggal di wilayah kering, masker ini sangat cocok untuk kamu gunakan. Karena masker ini sendiri dapat menghidrasi dan menyegarkan wajah setelah lelah beraktivitas seharian.


Foto: https://freepik.com


 


7. Exfoliating Mask


Masker jenis ini memiliki butiran halus di dalamnya dan mengandung asam hidroksi serta ekstrak bahan alami. Karena itulah, masker ini mampu mengangkat sel kulit mati dan juga membersihkan kotoran yang menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Saat kulit sel mati terangkat, maka kulit wajah pun dapat menjadi cerah kembali.


Foto: https://freepik.com
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id