sign up SIGN UP

SKINCARE

Bukan Cuma Basmi Jerawat, Ini Kegunaan Tea Tree Oil untuk Kesehatan Rambut

Anggiputriw | Rabu, 27 Nov 2019 15:15 WIB
Bukan Cuma Basmi Jerawat, Ini Kegunaan Tea Tree Oil untuk Kesehatan Rambut
caption
Tea tree oil adalah minyak esensial dari pohon teh yang punya segudang manfaat. Bahan alami ini banyak digunakan untuk produk-produk kecantikan kulit. Tak hanya untuk kulit, tea tree oil juga bagus untuk kesehatan rambut. Manfaatnya bisa untuk mengatasi kerusakan dan masalah rambut lainnya asal digunakan dengan cara yang benar. Seperti apa aturan penggunaannya untuk rambut?

1. Gunakan Bersama Shampo




Foto: Istimewa

Jika shampo biasa dirasa kurang mampu mengatasi berbagai masalah rambut, itu berarti saatnya mencoba tea tree oil. Merawat rambut dengan tea tree oil bisa digunakan bersama dengan shampo. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa permasalah kulit kepala berketombe yang dialami responden berkurang secara signifikan setelah menggunakan tea tree oil secara rutin selama empat minggu.

Dr. Jenelle Kim, seorang ahli pengobatan Tiongkok dan pendiri JBK Wellness Labs di San Diego menuturkan bahwa minyak pohon the alias tea tree oil adalah bahan yang efektif dalam membasmi bakteri dan jamur penyebab kulit kepala gatal. Sehingga tidak hanya ketombe saja yang bisa berkurang, penggunaan tea tree oil sebagai tambahan shampoo juga akan menjadikan rambut lebih bersih, sehat dan bebas gatal yang mengganggu.


2. Gunakan Sambil Dipijat




Foto: Istimewa

Saat menggunakan tea tree oil sebagai bahan tambahan shampoo, jangan sampai terlewat untuk melakukan pijatan secara lembut. Gerakan memijat ini akan membuka pori-pori kulit kepala sehingga manfaat tea tree oil bisa terserap maksimal. Selain itu, pemijatan pada kulit kepala juga bisa merangsang pertumbuhan rambut baru akibat kerontokan. Manfaatnya tidak hanya mengatasi masalah ketombe dan rontok, tapi juga membuat rambut lebat serta tumbuh sehat.


3. Bisa Digunakan Setiap Hari




Foto: https://magazine.job-like.com/

Aktivitas sehari-hari pastinya akan menimbulkan keringat pada kulit kepala. Keringat tersebut akan tercampur dengan kotoran dari debu dan polusi terlebih ketika musim panas dan kering. Akibatnya, kotoran tersebut akan menumpuk di pori-pori kulit kepala dan menyumbatnya. Penyumbatan tersebutlah yang menjadi awal munculnya ketombe yang secara langsung berpengaruh terhadap pertumbuhan dan kesehatan rambut.

Tea tree oil bekerja dalam proses pembersihan kulit kepala yang tidak bisa dilakukan secara maksimal oleh shampo biasa. Zat dalam tea tree oil bisa membersihkan kotoran dan debu secara menyeluruh sehingga pori-pori kulit kepala bisa bebas bernapas. Maka tea tree oil ini disarankan untuk digunakan secara rutin bersama dengan shampo. Dalam dua hingga tiga kali penggunaan, efeknya sudah bisa dirasakan. Untuk pemilik kulit kepala berminyak dan rambut tidak sehat, tea tree oil aman digunakan setiap hari.



(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id