sign up SIGN UP

SKINCARE

Bukan Jerawat Biasa, Ini Ciri-Ciri Fungal Acne

Rumaysha Milhania | Sabtu, 21 Nov 2020 11:00 WIB
Bukan Jerawat Biasa, Ini Ciri-Ciri Fungal Acne
caption
Jakarta -

Jika kamu melihat jerawat muncul di wajahmu, kamu pasti sudah memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya. Akan tetapi, terkadang ada jerawat yang tidak akan hilang dengan upaya apapun yang sudah dilakukan.

Ketahuilah bahwa itu mungkin menjadi pertanda bahwa jerawat yang kamu tangani sebenarnya bukan jerawat. Pasalnya, tidak ada produk jerawat yang akan berhasil jika yang kamu tangani ini sebenarnya bukan jerawat.

Jika kamu melihat jerawat, kamu pasti sudah tahu cara mengatasinya. Kamu akan menggunakan produk jerawat andalan kamu.
Mengatasi Fungal Acne/ Sumber: Freepik.com

Melansir dari Hero Cosmetics, tidak semua noda di wajah adalah jerawat.

Kita semua tahu bahwa jerawat biasa kita miliki disebut sebagai jerawat bakteri. Namun, sebenarnya terdapat jenis lain yang disebut Fungal Acne atau jerawat jamur. Akan tetapi, noda wajah ini sebenarnya bukan jerawat tetapi terlihat dan berbentuk seperti jerawat.

Jerawat Bakteri VS Jerawat Jamur

Jerawat bakteri biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di folikel rambut kulit akibat penumpukan kotoran, minyak, make up, sel kulit mati, atau polutan lainnya.

Di sisi lain, jerawat jamur, juga dikenal sebagai pityrosporum folliculitis, disebabkan oleh pertumbuhan jamur berlebih yang disebut Malassezia di folikel rambut yang menyebabkan peradangan dan reaksi seperti jerawat.

Jerawat bakteri biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh di folikel rambut kulit akibat penumpukan kotoran, minyak, make up, sel kulit mati, atau polutan lainnya.
Penyebab Jerawat/ Sumber: Freepik.com

Kita semua memiliki jamur di kulit kita dan kondisi ini sangat normal. Namun, ini bisa menjadi masalah saat jamur meningkat karena kondisi panas, lembab, atau berkeringat.

Semakin banyak jamur, semakin banyak yang menyebabkan peradangan, yang kemudian menyebabkan benjolan seperti jerawat. Istilah teknis untuk itu adalah Malassezia folliculitis.

Jerawat bakteri paling sering ditemukan di wajah dan kemungkinan besar mencakup campuran jerawat, blachhead, whitehead dengan berbagai ukuran.

Meskipun jerawat jamur terkadang dapat muncul di wajah, jerawat ini cenderung lebih sering muncul di lengan atas, dada, bahu, punggung, dan area lain yang tidak mendapat banyak ventilasi udara.

Umumnya jerawat bakteri bervariasi dalam jenis dan ukuran, di sisi lain jerawat jamur muncul sebagai kumpulan benjolan merah kecil yang seragam, dan juga bisa terasa gatal.
Fungal Acne/ Sumber: Freepik.com

Jerawat yang disebabkan jamur juga terlihat dan terasa berbeda. Umumnya jerawat bakteri bervariasi dalam jenis dan ukuran, di sisi lain jerawat jamur muncul sebagai kumpulan benjolan merah kecil yang seragam, dan juga bisa terasa gatal.

Jerawat akibat bakteri terkadang juga terasa gatal, tetapi jerawat jamur dapat terasa sangat gatal. Jadi jika kamu pernah mengalami hal seperti itu, kemungkinan besar itu adalah jerawat jamur dan bukan jerawat bakteri.

Jadi, jangan sampai salah lagi ya saat menggunakan obat jerawat! Jika jerawatmu tidak kunjung hilang, kamu bisa mencurigai bahwa itu adalah fungal acne.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id