sign up SIGN UP

Bukan Mitos, Stres Beneran Bisa Mempengaruhi Kulit

Arum Narwastu | Minggu, 10 Oct 2021 23:45 WIB
Bukan Mitos, Stres Beneran Bisa Mempengaruhi Kulit
Jakarta -

Masalah kulit bisa datang tiba-tiba. Padahal, kamu sudah memakai skincare terbaik. Tapi kok jerawat tetap muncul, kulit tetap kusam, dan kerutan jadi semakin banyak?

Ternyata, ada hubungan yang sangat dekat antara stres dan kondisi kulit. Semakin tinggi tingkat stres kamu, maka akan semakin buruk kondisi kulitmu. Stres bisa memunculkan hormon kortisol pada tubuh. Hormon inilah yang menimbulkan rasa tak enak hati sehingga memengaruhi mood, kesehatan, hingga kondisi kulit kamu.

Kalau sudah begini, bagaimana solusinya? Jawabannya jelas, jauhi stres!

Stres dapat muncul dari dua hal, yakni faktor internal dan eksternal. Stres dari internal biasanya dipicu oleh ketakutan diri kita sendiri. Kita terlalu mengkhawatirkan hal yang belum tentu terjadi. Sementara, stres dari faktor eksternal terjadi tanpa bisa kita duga, misalnya stres yang disebabkan karena pekerjaan, karena masalah keluarga, atau masalah lainnya.

Masalah memang bisa datang kapan saja. Namun, ada satu hal yang paling penting, yakni bagaimana kita bereaksi terhadap masalah tersebut. Apakah kita akan memikirkannya hingga berpengaruh buruk untuk diri sendiri? Atau kita lebih baik mencari jalan keluar terbaik untuk hal ini?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id