sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Membaca Expired Date, Manufacturing Date, dan PAO dalam Skincare

Intan Dwi | Kamis, 17 Sep 2020 09:30 WIB
Cara Membaca Expired Date, Manufacturing Date, dan PAO dalam Skincare
Foto: Instagram.com/Skinsitive/

Setiap orang khususnya wanita pasti memiliki berbagai macam produk perawatan kulit untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Satu hal yang pasti kamu lihat dari produk skincare pasti dari bahan-bahannya dan ditunjukkan untuk jenis kulit apa.

Namun ada lagi yang tidak kalah penting untuk selalu kamu periksa. Adalah expired date, manufacturing date, dan PAO setelah menggunakannya. Lho, apa bedanya?

Nah, kalau kamu masih bingung, Beautynesia mau kasih tau kamu nih cara membaca expired date, manufacturing date dan PAO. Yuk, simak!


Expired Date

Facial wash merupakan produk skincare pertama yang digunakan pada pagi hari. Facial wash berfungsi membersihkan wajah dari minyak, keringat, kotoran, serta sisa-sisa skincare pada malam hari.Facial wash / Foto: Unsplash.com

Expired date merupakan tanggal yang disarankan untuk menggunakan produk skincare, setelah masa yang ditentukan habis produk harus dibuang. Namun beberapa produk skincare ada yang tidak mencamtumkan expired date mereka.

Tapi sebelum menggunakan produk skincare kamu, disarankan untuk selalu melihat tanggal kedaluwarsa. Karena jika produk tersebut telah melewati batas penggunaan sebaiknya jangan kamu gunakan karena itu bisa berbahaya untuk wajah kamu.

Cara mengetahui tanggal kedaluwarsa produk skincare kamu, tanggal biasanya dicetak dengan format “EXP: YYYY/MM/ DD”. Jika tanggal kadaluarsa tidak menunjukkan tanggal yang tepat, dapat diasumsikan bahwa produk tersebut baik digunakan hingga akhir bulan.

Dalam hal tanggal kedaluwarsa itu tidak tercetak pada produk, Shelf Life. Biasanya dalam beberapa tahun akan menandai berapa lama produk dapat bertahan sejak tanggal produk diproduksi. Jika ingin merawat kulit cantikmu selalu lihat tanggal kadaluarsa, jangan sampai ingin tampil cantik tapi kulit malah luka karena kadaluarsa.

Manufacturing Date

Manufacturing date merupakan tanggal produksi skincare yang ditunjukkan pada kemasan sebagai
Manufacturing Date/pibuu.co

Manufacturing date merupakan tanggal produksi skincare yang ditunjukkan pada kemasan sebagai "MFG: YYYY/MM/DD". Maka jika produk skincare kamu terdapat tulisan ‘MFG: 2019/10/05’, artinya produk skincare tersebut diproduksi pada 05 Oktober 2019. Dengan adanya manifacturing date ini membantu kamu untuk mengetahui dengan tepat seberapa segar produk mereka.

Tapi jika produk skincare kamu tidak mencantumkan tanggal pembuatan pada kemasan, kamu bisa mengetahuinya dari batch number (biasanya dalam bentuk urutan huruf atau angka). Berbeda lagi dengan produk skincare Korea yang biasanya lebih memilih mencantumkan manufacturing date daripada expired date.

Periode After Opening (PAO)

PAO merupakan penulisan masa kadaluarsa yang banyak tertera di produk-produk skincare. Biasanya PAO ini dilambangkan dengan simbol ‘toples terbuka’ disertai angka dan huruf ‘M’.
Periode After Opening (PAO)/pinterest.com

Selain expired date dan manufacturing date, yang satu ini juga enggak kalah penting, yaitu periode after opening (PAO). Dari namanya sih pasti kamu sudah tahu ya kalo ini adalah masa pemakaian skincare setelah produk tersebut dibuka.

PAO merupakan penulisan masa kedaluwarsa yang banyak tertera di produk-produk skincare. Biasanya PAO ini dilambangkan dengan simbol ‘toples terbuka’ disertai angka dan huruf ‘M’. Dimana hal tersebut untuk menandakan berapa lama produk aman digunakan setelah dibuka, huruf ‘M’ artinya bulan dan ‘12M’ berarti produk bisa digunakan selama 12 bulan setelah dibuka.

Kalau tanggal berakhir seperti yang ditunjukkan oleh PAO telah melewati tanggal kedaluwarsa (tanggal EXP sebelum PAO), produk harus segera dibuang. Selain itu, jika PAO habis sebelum produk dianggap kedaluwarsa (PAO sebelum tanggal EXP), produk juga harus dibuang mengikuti tanggal PAO.

Untuk memudahkan kamu agar tidak lupa, tulis saja kapan kamu buka skincare tersebut pertama kali. Sehingga bisa dipastikan kamu bebas dari tanggal kedaluwarsa PAO ini. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id