sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami

Amrih Priutami | Sabtu, 20 Jul 2019 04:30 WIB
Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami
caption
Menjaga kesehatan gigi merupakan hal yang sangat penting karena bisa mempengaruhi kenyamanan, kesehatan hingga rasa percaya diri saat bergaul dengan orang lain. Tak hanya soal kesehatan, gigi putih bersih juga kerap diinginkan banyak wanita. Simak yuk, tips memutihkan gigi dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah.
Gigi merupakan bagian tubuh yang harus diperhatikan betul kesehatannya. Kesehatan dan kebersihan gigi yang tak dijaga, biasanya akan menimbulkan banyak masalah. Jika terjadi pada masa kanak-kanak akan mengakibatkan letak gigi tidak rapi ketika dewasa. Selain itu, masalah bau mulut dan warna gigi yang kuning akan mempengaruhi rasa percaya diri. 

Gigi kuning sendiri bisa disebabkan oleh berbagai kebiasan sepele. Salah satunya mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat mempengaruhi warna gigi, seperti teh, kopi dan minuman yang mengandung pewarna. Selain kebiasaan makan, warna pada gigi juga dipengaruhi oleh kebiasaan merokok dan mengunyah sirih.
Foto: https://www.freepik.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dikutip dari buku yang berjudul "Seputar Kesehatan Gigi dan Mulut" oleh DokterGigiGaul, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah warna kuning pada gigimu:


1. Membersihkan Gigi secara Rutin Menggunakan Sikat Gigi, Pasta Gigi dan Benang Gigi


Menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan gigi dengan benang gigi sekali sehari. Hal ini dapat mencegah kotoran yang mempengaruhi warna menempel di gigi.


Foto: https://www.freepik.com

2. Banyak Berkumur


Berkumur membantu melarutkan zat-zat yang berpotensi meninggalkan warna pada gigi. Berkumur sangat disarankan terutama setelah kamu minum teh, kopi dan setelah merokok. Selain itu, setelah mengkonsumsi makanan manis ada baiknya membiasakan diri berkumur. Hal ini untuk meminimalisir gula yang menempel di gigi.



Foto: Istimewa

3. Banyak Mengkonsumsi Makanan Renyah Mengandung Air


Contoh makanan renyah berair adalah apel, bengkoang, stroberi dan wortel. Makanan ini mengandung asam yang dapat membantu mengikis noda yang mungkin menempel pada gigi. Makanan ini mengandung asam namun tak terlalu asam sehingga aman, tak sampai membuat lubang di gigi.


Foto: https://www.freepik.com

Jika kamu memiliki gigi yang berwarna kuning, cara memutihkan gigi dengan cepat bisa kamu lakukan dengan mengunjungi dokter gigi. Treatment yang dilakukan di dokter gigi bisa memberikan hasil cepat dengan proses yang aman. Namun, jika kamu ingin mencoba menggunakan bahan alami yang ada di rumah inilah beberapa bahan yang bisa kamu coba.

 


1. Cara Memutihan Gigi dengan Garam
 


Foto: https://www.pixabay.com

Gunakan larutan garam untuk berkumur. Kandungan antibakteri garam juga mampu membunuh kuman penyebab gigi berlubang. So, enggak heran ya, selain digunakan untuk membersihkan noda pada gigi, larutan garam juga familiar digunakan untuk meringankan sakit gigi.


2. Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis
 


Foto: https://www.pixabay.com

Jeruk nipis tak hanya segar untuk dijadikan minuman tetapi juga bermanfaat untuk menghilangkan warna kuning pada gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis kurang lebih sama dengan menggunakan larutan garam. Campur jeruk nipis dengan air dan gunakan untuk berkumur. Selain dengan berkumur, menggosokkan irisan jeruk nipis secara langsung pada gigi juga bisa kamu lakukan.


3. Memutihkan Gigi dengan Stroberi
 


Foto: https://www.pixabay.com

Stroberi merupakan salah satu buah yang mengandung asam malat yang dipercaya mampu menghapus noda pada gigi. Cara menghilangkan warna kuning pada gigi dengan buah stroberi bisa kamu tempuh dengan beberapa cara. Pertama, gunakan buah stroberi yang sudah dilumatkan untuk menggosok gigi. Cara berikutnya, gosok langsung potongan buah stroberi pada gigi. Atau campurkan buah stroberi dengan baking soda sebelum kamu gunakan sebagai pengganti pasta gigi.


4. Memutihkan Gigi dengan Arang
 


Foto: https://www.pixabay.com

Arang kayu memiliki zat alkali yang dapat mengikis noda kuning yang menempel. Gunakan dalam skala kecil karena penggunaan yang terlalu sering justru mampu mengikis lapisan email gigi. Ambil sedikit arang kayu kemudian haluskan. Campur bubuk arang kayu dengan air jeruk lemon. Gunakan campuran tersebut untuk menyikat gigi.


5. Memutihkan Gigi dengan Baking Soda
 


Foto: Istimewa

Cara memanfaatkan baking soda untuk memutihkan gigi adalah dengan mencampur baking soda dengan air hingga berbentuk pasta. Gunakan 1 sdt baking soda dengan 2 sdt air untuk mendapat takaran yang pas.


[Gambas:Youtube]

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id