sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mencukur Bulu Ketiak agar Kulit Tidak Hitam dan Bebas Iritasi

Anindya Milagsita | Minggu, 10 May 2020 02:00 WIB
Cara Mencukur Bulu Ketiak agar Kulit Tidak Hitam dan Bebas Iritasi
caption
Menjaga kebersihan wajib buat dilakukan. Salah satunya dengan mencukur bulu ketiak. Rutinitas yang satu ini cukup dihindari dan sulit dilakukan karena salah cukur yang terjadi malah ketiak iritasi dan kulitnya berubah jadi gelap. Agar tidak terjadi, yuk lakukan cara aman mencukur bulu ketiak berikut ini!

Kulit ketiak yang iritasi terjadi karena adanya luka yang diakibatkan gesekan antara alat cukur dan permukaan kulit. Nggak hanya iritasi, mencukur kulit ketiak juga terkadang justru memicu permasalahan kulit yang menggelap. Kulit gelap bisa terjadi karena adanya penumpukan sel kulit mati atau bahan kimia tertentu yang terkandung dalam deodoran kamu, ladies. 


1. Jaga Kebersihan Alat Cukur




Foto: https://www.freepik.com/

Kondisi ketiak yang jarang dibersihkan dapat memicu bakteri berkembang, akibatnya kondisi kulit kamu bisa rentan iritasi saat terluka karena gesekan alat cukur. Agar tidak terjadi, langkah awal buat menjaga kebersihan ketiak adalah dengan memastikan kamu menjaga kebersihan alat cukurnya juga, Ladies. Setelah memakai alat cukur jangan lupa langsung mencucinya. Setelah itu simpan di tempat yang kering, agar terbebas dari bakteri dan juga kuman. 


2. Ganti Pisau Cukur Sesering Mungkin




Foto: https://www.freepik.com/

Selain mencucinya secara rutin, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan buat menjaga kebersihan alat cukur adalah dengan mengganti pisaunya secara berkala. Pisau cukur yang dipakai berulang kali bisa memicu karat dan juga kontaminasi dengan kuman ataupun bakteri. Jadi cara terbaik supaya tetap terjaga kebersihannya adalah dengan mengganti pisau cukur saat dirasa sudah waktunya. 


3. Pilih Alat Cukur yang Berkualitas




Foto: https://www.freepik.com/

Tidak hanya memperhatikan kebersihan alat cukur, kamu juga harus lebih mempertimbangkan kualitasnya. Pastikan memilih alat cukur dengan pisau yang tajam, mengandung gel yang memudahkan saat mencukur, dan pilih yang bentuknya bisa fleksibel mengikuti bentuk ketiak. Saat ini udah ada alat cukur khusus buat wanita lho. Bisa kamu jadikan sebagai referensi buat memilih alat cukur yang nyaman dipakai, Ladies. 


4. Lakukan Saat Mandi




Foto: https://www.freepik.com/

Setelah memastikan kalau alat cukur kamu aman dan nyaman buat dipakai, waktunya memperhatikan hal-hal yang bisa kamu lakukan saat mencukur. Kondisi kulit ketiak yang basah saat akan mencukur bulunya ternyata bisa membantu kamu. Waktu yang paling tepat dilakukan adalah saat kamu mandi. Kulit ketiak yang basah bisa menghindari kulit kamu rentan iritasi saat mencukurnya, Ladies. 


5. Perhatikan Arah Saat Mencukur




Foto: https://www.freepik.com/

Selanjutnya yang wajib banget buat kamu perhatikan adalah arah saat mencukur. Bulu ketiak tumbuh dengan arah yang berbeda-beda. Lakukan gerakan mencukur dengan arah berlawanan. Seperti kalau bulu menghadap ke arah atas, berarti kamu bisa mencukurnya ke arah sebaliknya yaitu bawah. Pastikan kamu menyesuaikan arah tumbuh bulu ketiak ya, Ladies. Ini dilakukan agar hasil mencukur bisa lebih optimal. 


6. Hindari Pemakaian Deodoran Secara Langsung




Foto: https://www.freepik.com/

Last but not least, setelah selesai mencukur bulu ketiak pastikan kulit daerah itu bebas dari bahan kimia seperti yang terkandung dalam deodoran. Buat mengakali hal ini, kamu juga bisa melakukan rutinitas mencukur bulu ketiak pada malam hari. Keadaan kulit yang terhidrasi dan mengalami regenerasi pada malam hari dirasa jadi pilihan waktu yang tepat buat mencukur bulu ketiak. Tapi itu semua kembali sesuai sama kebutuhan kamu ya.


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id