sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan

Retno Wulandari | Kamis, 23 Jul 2020 11:35 WIB
Cara Mengatasi Bekas Jerawat Kemerahan
caption

Ladiesbekas jerawat memang dapat mengganggu penampilan, terutama bekas jerawat yang kemerahan. Ya, jerawat yang juga disebut sebagai Post Inflammatory Erythema (PIE) ini timbul akibat adanya pembesaran pembuluh darah yang berada di sekitar permukaan kulit wajah.

Di antara bekas jerawat pada umumnya, bekas jerawat kemerahan lebih sulit untuk dihilangkan. Tapi kamu tidak perlu khawatir, beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan untuk mengatasinya!

1. Menggunakan Pelembap

Bekas Jerawat Kemerahan
Menggunakan Pelembap/Freepik.com

Menggunakan pelembap tidak hanya ditujukan untuk kulit kering, tapi semua jenis kulit membutuhkan hadirnya produk skincare yang satu ini, Ladies.


Faktor yang menyebabkan munculnya jerawat di wajah tidak hanya produksi sebum yang berlebih, tapi kondisi kulit yang dehidrasi juga menjadi pemicu yang jarang disadari.

Jika kulit wajah kehilangan kelembapannya, maka lapisan pelindung kulit akan terpengaruh hingga membuat bekas jerawat semakin parah. Oleh sebab itu, kehadiran pelembap sangatlah penting perannya untuk mengatasi bekas jerawat yang kemerahan.

2. Kandungan Skincare yang Tepat

Bekas Jerawat Kemerahan
Kandungan Skincare yang Tepat/Freepik.com

Menggunakan produk skincare yang mengandung centella asiatica, aloe vera, green tea, dan allantoin dapat membantu mengurangi warna kemerahan pada bekas jerawat kamu, Ladies.

Kandungan-kandungan ini bersifat soothing dan calming, sehingga sangat aman jika digunakan. Kandungan-kandungan ini biasanya sering ditemui pada produk skincare dari brand kosmetik asal Korea yang tidak sulit dijumpai di pasaran.

3. Gunakan Sunscreen

Bekas Jerawat Kemerahan
Gunakan Sunscreen/Freepik.com

Ladies, terkena paparan sinar matahari secara langsung memang menimbulkan efek buruk bagi kulit, salah satunya membuat bekas jerawat yang kemerahan semakin memerah. Selain itu, sinar matahari juga dapat mengganggu kesehatan kulit sehingga membuat proses pemulihan bekas jerawat semakin lama.

Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari agar bekas jerawat yang kemerahan cepat menghilang.

4. Jangan Membuat Kulit Iritasi

Bekas Jerawat Kemerahan
Jangan Membuat Kulit Iritasi/Freepik.com

Penyebab lain yang membuat proses pemulihan bekas jerawat kemerahan menjadi lama adalah kulit yang iritasi. Agar proses pemulihan berjalan dengan cepat, sebaiknya hindari aktivitas memencet jerawat atau komedo di area kulit yang bermasalah.

Hindari produk skincare yang mengandung alkohol atau astringent, dan jangan menggunakan pembersih wajah dengan kadar pH atau sulfates yang tinggi ya, Ladies.

5. Laser Treatment

Bekas Jerawat Kemerahan
Laser Treatment/Freepik.com

Karena permasalahan bekas jerawat kemerahan terletak pada pembuluh darah yang membesar, maka cara yang paling efektif untuk mengurangi bekas jerawat kemerahan ini adalah melakukan perawatan laser secara khusus.

Salah satu perawatan laser yang bisa kamu lakukan adalah vascular laser, di mana perawatan ini akan bekerja menembus lapisan kulit hingga mencapai pembuluh darah dan dapat memencarkan pembesaran pembuluh darah. Tapi sebelum melakukan perawatan ini kamu perlu berkonsultasi dengan dokter dulu ya, Ladies.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id