sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Bintik Hitam Akibat Sinar Matahari

Henny Alifah | Jumat, 04 Sep 2020 14:00 WIB
Cara Mengatasi Bintik Hitam Akibat Sinar Matahari
caption

Bintik hitam akibat efek sinar matahari atau sun spot sebenarnya merupakan upaya tubuh dalam melindungi diri dari dampak sinar UV/UB, yaitu dengan meningkatkan produksi melanin, pigmen yang berperan memberi warna pada kulit. Secara penampakan, umumnya sun spot memiliki warna yang cenderung lebih muda, berukuran kecil, dan tidak timbul jika dibandingkan dengan dark spot.

Ada banyak cara untuk menghapus keberadaan sun spot di wajah, mulai dari cara yang alami, penggunaan skincare, hingga perawatan dengan bantuan teknologi. Berikut tujuh cara mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari yang efektif menurut dermatologist.

1.Vitamin C

salah satu cara untuk menghilangkan bintik hitam akibat efek sinar matahari yaitu dengan menggunakan serum vitamin C
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Freepik.com

Vitamin C dapat berperan sebagai antioksidan yang membantu memblokir radikal bebas penyebab kerusakan oksidatif pada kulit seperti keriput dan kulit kusam. Sumayah Jamal, M.D. dari Schweiger Dermatology Group mengatakan kepada SELF bahwa vitamin C juga dapat menghambat proses enzimatik yang menghasilkan melanin di kulit, sehingga dapat membantu mengurangi warna gelap pada kulit.


Fran E. Cook-Bolden, M.D., dokter kulit, dan ahli bedah kosmetik, dan direktur Skin Specialty Dermatology menjelaskan bahwa vitamin C mencerahkan dan hanya menargetkan area pigmentasi yang bermasalah, bukan bagian kulit yang lain.

Coba: Wardah C-Defence Serum, Klairs Freshly Juiced Vitamin Drop, The Body Shop Vitamin C Skin Boost, Wishtrend Pure Vitamin C 21.5% Advanced Serum

2. Kedelai

ekstrak kedelai dapat bermanfaat untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Instagram.com/aveenous

Ekstrak kedelai telah terbukti membantu mencerahkan kulit, kata Joshua Zeichner, M.D., direktur kosmetik dan penelitian klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital, New York City, kepada SELF. Kedelai bekerja sebagai pengobatan bintik hitam dengan mencegah melanin memasuki lapisan atas kulit.

Coba: Aveeno Positively Radiant Targeted Tone Corrector

3. Azelaic acid

skincare dengan kandungan azelaic acid seperti pada produk Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster dapat digunakan untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Instagram.com/the.skincareblog

Mungkin masih asing, tetapi bahan ini juga merupakan salah satu perawatan yang direkomendasikan dokter kulit untuk mengatasi bintik hitam di wajah. Jadi, apa itu azelaic acid? Azelaic acid adalah ekstrak alami dari oat, gandum, atau gandum hitam yang mengganggu produksi pigmentasi abnormal. Tak heran, ada pula yang menyarankan untuk menggunakan masker oat sebagai perawatan dark spot. Azelaic acid juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu menghalau jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Coba: Paula’s Choice 10% Azelaic Acid Booster, The Ordinary Azelaic Acid Suspension 10%

4. Laser

salah satu cara untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari yaitu dengan perawatan sinar laser
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Freepik.com

Laser merupakan perawatan yang paling mahal untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari. Namun, cara ini merupakan yang paling ampuh dalam mengatasi sun spot. Dengan menggunakan cahaya laser yang difokuskan pada flek hitam, laser mampu melakukan penetrasi ke dalam kulit untuk memecah dan menghilangkan partikel pigmen pada kulit.

Menurut Dr. Cook-Bolden, Photofacial atau IPL memang dapat mengatasi pigmentasi yang tidak diinginkan, namun cara ini memberikan cahaya yang kurang fokus dan mungkin memiliki efek yang tidak diinginkan pada kulit di sekitarnya, terutama pada kulit yang lebih gelap atau kecokelatan.

5. Chemical Peeling

salah satu cara mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari yaitu dengan melakukan chemical peeling
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Freepik.com

Eksfoliasi menggunakan bahan kimia atau chemical peeling dapat membantu mengurangi penampilan kulit kusam, bintik hitam, dan membantu kulit tampak lebih cerah. Chemical peeling bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan mendorong pergantian sel kulit, sehingga dapat mengurangi bintik hitam.

Menurut Dr. Sumayah Jamal, sebaiknya tetap berhati-hati pada bahan kimia yang terlalu kuat karena dapat membuat kulit mengalami iritasi. Sebagai pilihan, gunakan bahan aktif seperti glycolic acid, salicylic acid, mandelic acid, dan lactic acid yang bisa ditemukan pada produk skincare drugstore.

6. Microneedling

salah satu cara mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari yaitu dengan perawatan microneedling
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Freepik.com

Prosedur microneedling dilakukan menggunakan stainless roller yang dipenuhi jarum berukuran kecil. Microneedling akan menciptakan luka-luka mikroskopik atau sangat kecil pada kulit untuk merangsang produksi kolagen. Untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari, Setidaknya lakukan perawatan ini tiga kali setiap enam minggu. Biar hasilnya maksimal, kombinasikan treatment ini dengan perawatan topikal seperti vitamin C untuk mencerahkan area kulit. Jangan lupa, pastikan treatment ini dilakukan di klinik yang benar-benar terpercaya.

7. Microdermabrasion

salah satu cara mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari yaitu dengan perwatan mikrodermabrasi
Cara Mengatasi Bintik Hitam/ Foto: Freepik.com

Satu lagi cara yang direkomendasikan dokter kulit untuk mengatasi bintik hitam akibat efek sinar matahari, microdermabrasion. Beberapa klinik kecantikan menawarkan perawatan microdermabrasion atau mikrodermabrasi, yaitu merupakan prosedur non-kimia dan non-abrasif yang menggunakan butiran kristal berukuran mikro untuk mengangkat lapisan kulit yang rusak. Prosedur ini dapat memberikan hasil signifikan dan tidak memerlukan waktu pemulihan yang lama.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id