sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Mengatasi Jerawat Pada Punggung

Anisa Febri | Selasa, 01 Sep 2015 05:00 WIB
Cara Mengatasi Jerawat Pada Punggung
caption
Minasan pasti setuju kalau jerawat adalah hal yang sangat menyebalkan. Namun, sayangnya hampir semua orang memiliki masalah kulit ini. Orang dengan wajah berjerawat berkemungkinan besar berjerawat juga di tubuhnya, terutama di punggung. Mungkin jerawat di punggung tidak mendapatkan perhatian yang sama seperti jerawat di wajah. Ada beberapa cara mengatasi jerawat yang muncul di area punggung. Berikut ini adalah cara-caranya.

Gunakan Pakaian yang Longgar dan Bersih


Pertama, kita harus tahu penyebab jerawat yang ada di punggung sebelum tahu cara mengatasi jerawat tersebut. Salah satu penyebab jerawat tersebut adalah baju kotor yang dibiarkan menempel pada kulit. Oleh karena itu, sebisa mungkin Minasan gunakan baju yang longgar dan bersih. Kemudian, untuk bahan baju disarankan untuk tidak menggunakan baju berbahan sintesis, contohnya poliester. Gunakan baju berbahan alami yang bisa membuat kulit bernapas atau menyerap keringat, misalnya katun. Selain itu, tas punggung pun juga turut ikut serta berpartisipasi sebagai penyebab jerawat punggung. Maka dari itu, lebih baik untuk tidak terlalu sering menggunakan tas punggung. Baju ketat dan tas punggung yang terus-terusan dipakai dapat menyebabkan iritasi pada kulit punggung sehingga menyebabkan jerawat.

Jangan Biarkan Keringat Terperangkap Lama


Masih ada hubungannya dengan poin cara mengatasi jerawat sebelumnya, keringat yang terperangkap lama di punggung akan menyebabkan bakteri dan minyak berlebih di punggung menumpuk. Hal ini seharusnya diperhatikan, apalagi bagi Minasan yang hobi berolahraga. Sering-seringlah menyeka keringat dengan handuk bersih atau tisu, karena semakin lama keringat menumpuk, akan lebih mudah jerawat muncul. Jika berkeringat, cepatlah membersihkan badan. Jangan terlalu lama memakai baju berkeringat apalagi yang ketat, karena akan mempercepat timbulnya jerawat. Jika Minasan tidak dapat langsung mandi, dapat pula menggunakan produk yang mengandung asam salisilat untuk mengatasi jerawat.
Foto: https://www.allure.com/beauty-trends/blogs/daily-beauty-reporter/2014/07/how-to-banish-body-acne.html

Sering Mengganti Seprai Kasur


Seprai memiliki kontak dengan kulit setiap hari. Besar kemungkinan seprai tersebut lama-lama akan kotor dengan keringat serta sel-sel kulit mati yang menumpuk sehingga sangat rentan menjadi penyebab jerawat. Maka dari itu, penting bagi Minasan untuk memastikan segala bahan-bahan yang memiliki kontak dengan kulit sebersih mungkin. Hal ini pun berarti Minasan harus sering mengganti atau mencuci handuk, karena sama seperti seprai, handuk pun pastinya bersentuhan dengan kulit setiap hari.
Foto: https://www.mariobadescu.com/back-acne

Mandi Dengan Baik dan Benar


Selain selalu menyegerakan mandi saat tubuh kotor, ada cara-cara lain yang perlu diperhatikan. Yang pertama, sama seperti pembersih wajah, kita harus memperhatikan kandungan yang terdapat pada sabun yang dipakai. Gunakanlah sabun yang cocok untuk kulit Minasan. Misalnya, sabun yang memiliki pH seimbang (pH balance) atau sabun antibakteri. Selain itu, baik pula jika Minasan menggunakan body scrub. Body scrub akan membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang merupakan salah satu penyebab jerawat. Yang terakhir, hindari mandi dengan air yang terlalu panas, terutama jika disiramkan pada punggung karena akan menyebabkan kulit iritasi.
Foto: https://www.dermalogica.com/6-ways-to-prevent-body-acne/ys_acne_4,default,pg.html
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id