sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih dengan Basic Skincare di Pagi Hari

Dian Aprilia | Sabtu, 10 Jul 2021 21:00 WIB
Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih dengan Basic Skincare di Pagi Hari
caption

Komedo merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak wanita dan cukup mengganggu penampilan. Penyebab munculnya komedo adalah produksi minyak yang berlebih sehingga menyebabkan pori-pori kulit tersumbat. Komedo dibagi menjadi dua jenis, yakni komedo hitam dan komedo putih.

Demi mendapatkan wajah yang flawless dan glowing, wanita perlu mengetahui cara menghilangkan komedo yang ampuh. Tidak hanya cara menghilangkan komedo hitam, melainkan juga cara menghilangkan komedo putih.

Berikut beautynesia.id telah merangkum cara menghilangkan komedo hitam dan putih yang ampuh dengan basic skin care pagi hari:

Cleanser

Cleanser
Cara menghilangkan komedo/pexels.com/cottonbro

Cara menghilangkan komedo yang utama adalah mencegah terjadinya komedo kembali, yakni dengan memakai cleanser atau pembersih muka. Cleanser berguna untuk mengendalikan produksi minyak agar tidak berlebihan sehingga menyumbat pori-pori dan memicu terbentuknya komedo.

Pilih jenis cleanser yang gentle foaming dan non scrub. Sebaiknya pilih cleanser atau face wash dengan kandungan salicylic acid. Kandungan ini dipercaya sebagai cara menghilangkan komedo hitam. Cara kerja salicylic acid ialah dengan masuk ke dalam pori-pori dan melarutkan sumbatan komedo.

Toner dan Serum

Cara menghilangkan komedo
Cara menghilangkan komedo/pexels.com/Victoria Emerson

Selanjutnya, pakai juga toner dan serum yang tepat. Pilihan toner dan serum ini bukanlah hal yang wajib, tapi bagi kamu yang berusia 25 tahun ke atas, sebaiknya pilih salah satu dari keduanya untuk jadi basic skincare.

Pilih toner hydrating guna menyeimbangkan pH alami kulit. Sedangkan untuk serum, kamu bisa memilih serum yang mengandung vitamin C atau Niacinamide. Vitamin C berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi sebum. Sementara Niacinamide berfungsi untuk menyeimbangkan produksi sebum berlebih.

Pelembap

Cara menghilangkan komedo
Cara menghilangkan komedo/pexels.com/Monstera

Cara menghilangkan komedo putih dan hitam dengan pelembap. Penggunaan pelembab yang rutin bisa membuat kelembapan kulit terjaga. Pelembap juga berfungsi agar wajah berminyak tidak mengeluarkan minyak terlalu banyak.

Cara memilih pelembap yang tepat adalah dengan kandungan oil free serta tekstur yang ringan dan tidak lengket di kulit. Jangan pilih pelembap yang mengandung bahan non-comedogenic, sebab bisa memicu timbulnya komedo. Bila perlu, pilih pelembab yang dikhususkan untuk kulit berminyak atau segala jenis kulit.

Sunscreen

Cara menghilangkan komedo
Cara menghilangkan komedo/pexels.com/moose photos

Cara menghilangkan komedo putih dan hitam yang selanjutnya adalah penggunaan sunscreen. Sunscreen berguna untuk mengurangi produksi sebum. Sebaiknya, pilih produk sunscreen yang dikhususkan untuk oily acne prone skin. Jika tidak cocok dengan produk tersebut, kamu bisa memilih jenis sunscreen yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide.

Itulah 4 basic skincare pagi hari untuk kamu yang mengalami masalah komedo hitam dan putih. Selamat mencoba, beauties!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id