sign up SIGN UP

SKINCARE

Cara Sederhana Merawat dan Membersihkan Pori-pori yang Tersumbat

Shinta Nikmah | Kamis, 03 Jun 2021 12:00 WIB
Cara Sederhana Merawat dan Membersihkan Pori-pori yang Tersumbat
caption

Kamu yang memiliki kulit berminyak mungkin sebal dengan pori-pori yang terlihat besar. Pori-pori yang terlihat besar bisa mengganggu penampilan dan membuatmu tidak percaya diri. Kamu tidak bisa selamanya menutupi pori-pori besar tersebut dengan riasan make up bukan? Solusinya kamu harus merawat kulit agar pori-pori bisa tersamarkan. 

Ladies, perlu kamu tahu bahwa pori-pori yang tersumbat diakibatkan oleh produksi sebum yang berlebih. Sebum yang berlebih tersebut keluar lewat pori-pori sehingga pori-pori menjadi terlihat besar. Sebum, kulit mati dan kotoran yang menumpuk bisa menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan komedo dan jerawat. 

Nah, agar pori-pori tidak semakin tersumbat, kamu bisa lakukan perawatan sederhana di bawah ini.

Double Cleansing

Face wash
Mencuci Muka/ Foto: freepik.com

Untuk meringkas kotoran pada kulit, kamu butuh senjata ampuh dengan melakukan dua tahap membersihkan kulit. Kamu perlu menggunakan cleanser dan face wash dalam melakukan double cleansing. Kamu bisa menggunakan cleansing oil, cleansing balm, atau micellar water.

Setelah membersihkan kulit wajah menggunakan salah satu produk tersebut, kamu bisa lanjut mencuci wajah dengan face wash. Selain bisa membersihkan kulit dari kotoran, rutin melakukan double cleansing bisa membuat pori-pori menjadi bersih dari kotoran yang menyumbat serta membuat skincare lebih mudah menyerap.

Eksfoliasi

scrub
Scrub Wajah/ Foto: freepik.com

Double cleansing saja tidak cukup untuk membersihkan pori-pori lho Ladies. Kamu juga butuh eksfoliasi untuk membersihkan kotoran hingga ke dalam pori. Kamu bisa memilih eksfoliasi secara physical menggunakan scrub maupun chemical dengan menggunakan bahan aktif seperti AH dan BHA asal disesuaikan dengan kebutuhan. 

Selain membersihkan pori-pori yang tersumbat, eksfoliasi juga menghindarkanmu dari munculnya jerawat dan komedo. Eksfoliasi juga membantu regenerasi kulit sehingga menghambat penuaan dini.

Gunakan Clay Mask

Clay Mask
Clay Mask Untuk Mengurangi Minyak/ Foto: freepik.com

Masker wajah yang cocok digunakan untuk permasalahan kulit tersumbat adalah clay mask. Clay mask lebih ampuh menyerap minyak pada pori-pori dibandingkan masker jenis lainnya. Minyak yang terangkat clay mask bisa membuat pori-pori lebih bersih dan tidak tersumbat. Clay mask juga mengandung anti bakteri yang membantu mengurangi jerawat pada kulit.

Menggunakan Serum

Serum
Serum Untuk Kulit/ Foto: freepik.com

Serum membantu mengontrol produksi minyak pada wajah. Kamu bisa memilih serum dengan kandungan yang sesuai dengan tipe dan kebutuhan wajah. Agar lebih efektif, kamu bisa menggunakan toner sebelum mengaplikasikan serum. Toner membantu melembabkan kulit dan membuat serum lebih mudah menyerap sehingga bekerja lebih optimal.

[Gambas:Instagram]

Gunakan Sunscreen

Sunscreen
Jangan Lupa Gunakan Sunscreen/ Foto: freepik.com

Kulit yang dibiarkan terpapar matahari secara langsung tanpa perlindungan bisa membuat kulit kusam. Sinar matahari juga bisa membuat sebum teroksidasi sehingga pori-pori kulit semakin membesar akibat sebum yang mengeras menyumbat pori-pori. 

Agar efek buruk sinar matahari tidak memperparah kondisi kulitmu, kamu perlu rutin mengaplikasikan sunscreen sebelum beraktivitas. Jangan lupa untuk selalu re-apply sunscreen setiap 3-4 jam sekali ya.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id