sign up SIGN UP

Cek Lagi! 6 Kebiasaan Berikut Bikin Skincare-mu Tidak Efektif

Meydiana Adinda | Jumat, 18 Jun 2021 10:00 WIB
Cek Lagi! 6 Kebiasaan Berikut Bikin Skincare-mu Tidak Efektif
caption

Rutinitas skincare bertujuan untuk merawat kulit tetap sehat. Rutinitas ini dimulai dari kegiatan membersihkan kulit hingga menutupnya dengan pelembap. Penggunaan berbagai produk skincare dengan tepat, tentunya juga membuat kulit terhindar dari berbagai masalah.

Namun pada beberapa kesempatan, kita bisa saja keliru dalam penggunaan produk, maupun melakukan kebiasaan yang dianggap sepele, lantas mengakibatkan kinerja produk tidak efektif. Akhirnya, kulit justru tidak mendapatkan manfaat dari produk tersebut secara maksimal.

Apa saja sih kekeliruan yang tanpa sadar sering kita lakukan? Biar lebih jelas, Ladies bisa simak artikel di bawah ini, ya!

1. Tidak Mencuci Tangan

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Tidak Mencuci Tangan/freepik.com

Selain memastikan wajahmu dalam kondisi bersih dengan double cleansing, Ladies juga wajib memastikan tangan dalam kondisi bersih sebelum memulai rutinitas skincare. Pasalnya, kita akan mengaplikasikan berbagai produk dan menyentuh seluruh area wajah saat menggunakan skincare.

Jika tanganmu dalam kondisi kotor, otomatis berbagai mikroorganisme dari tangan akan berpindah juga ke kulit wajahmu, Ladies. Tentu hal ini akan berakibat buruk pada kulit seperti risiko iritasi.

2. Takaran Penggunaan Tidak Tepat

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Takaran Penggunaan Skincare/freepik.com

Menggunakan skincare dengan jumlah yang tepat adalah hal yang penting, Ladies. Menggunakan produk terlalu sedikit tentu membuat kulit tak maksimal menerima manfaat dari skincare. Sebaliknya, takaran yang terlalu banyak akan membuat kulit terkejut dan menimbulkan berbagai masalah, seperti kulit menjadi kering atau terlalu berminyak.

Nah, sebenarnya setiap produk dan jenis skincare bisa berbeda takarannya. Untuk itu, penting membaca secara saksama saran penggunaan yang disajikan di kemasan setiap produk skincare-mu.

3. Tidak Memberi Jeda Antar Produk

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Beri Jeda Antar Produk/freepik.com

Kekeliruan paling umum yang sering kita lakukan adalah tidak memberi jeda antar produk skincare. Akhirnya, produk tidak meresap sempurna ke dalam kulit. Tentu saja ini akan membuat keefektifan produk berkurang. Setelah ini, ingatlah untuk menunggu produk benar-benar meresap ke dalam kulit sebelum melanjutkan pengaplikasian produk selanjutnya ya, Ladies.

4. Urutan Tidak Tepat

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Gunakan Skincare dengan Urutan Tepat/pinterest.com/sokoglam

Dalam menggunakan skincare, kita disarankan memulainya dengan tekstur yang paling cair dan mengakhirinya dengan yang paling padat. Secara umum, urutan penggunaannya adalah cleanser, toner, serum, moisturizer, dan sunscreen.

Jika tidak tepat dalam urutannya, maka produk dengan tekstur yang padat akan menghalangi produk yang lebih cair untuk meresap ke kulit. Tentu saja ini dapat membuat skincare-mu tidak efektif.

5. Tidak Rutin Eksfoliasi

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Lakukan Eksfoliasi/freepik.com

Mungkin banyak dari kita beranggapan bahwa mencuci wajah saja sudah cukup. Padahal, cleanser saja tidak cukup untuk membersihkan kulit hingga ke pori-pori. Maka dari itu, kulit membutuhkan eksfoliasi untuk membersihkan kulit lebih dalam serta membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit.

Jika kulit sudah dalam kondisi yang benar-benar bersih, maka produk skincare-mu bisa lebih baik meresap dan efektif dalam bekerja. Namun, tetap pastikan Ladies melakukan eksfoliasi dengan tepat ya, jangan sampai terlalu sering maupun terlalu jarang.

6. Malas Menggunakan Sunscreen

Kekeliruan dalam Menggunakan Skincare
Sunscreen/pinterest.com

Kebiasaan malas menggunakan sunscreen atau malas reapply sunscreen juga dapat membuat rutinitas skincare-mu percuma, Ladies. Menggunakan sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari berbagai akibat buruk sinar UV.

Paparan sinar UV dapat membuat kulit rentan mengalami penuaan dini. Sebab, paparan sinar matahari secara langsung memengaruhi proses produksi kolagen sehingga membuat garis-garis halus dan kerutan menjadi tampak jelas.

Selain itu, tidak memakai sunscreen juga bisa menimbulkan berbagai masalah kulit lainnya, seperti kemerahan, hiperpigmentasi, sunspot, hingga iritasi. Karenanya, jangan lagi malas menggunakan sunscreen ya, Ladies.

Nah, itu dia enam hal keliru yang bisa membuat skincare kita tidak efektif, Ladies. Yuk, sama-sama kita perbaiki!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id