sign up SIGN UP

SKINCARE

Ciri-Ciri Purging Pada Wajah Setelah Menggunakan Skincare

tyana | Rabu, 09 Sep 2020 18:30 WIB
Ciri-Ciri Purging Pada Wajah Setelah Menggunakan Skincare
caption

Ladies, pernah merasa tidak cocok dalam menggunakan skincare karena timbulnya komedo dan jerawat? Tak selamanya adanya reaksi negatif saat menggunakan skincare adalah karena tidak cocok.

Jangan-jangan ini merupakan ciri-ciri purging. Purging merupakan proses penyesuaian kulit saat menggunakan skincare dengan cara mengeluarkan sel kulit mati yang menumpuk di kulit. Setelah proses ini selesai kulit akan terlihat lebih cerah, bersih dan lembut. 

Purging biasanya muncul setelah penggunaan skincare yang dapat meregenarasi kulit lebih cepat biasanya produk ini mengandung hydroxy acids seperti benzoyl peroxide, glycolic acid, lactic acid retinoids, salicylic acid, vitamin C, ataupun produk eksfoliasi seperti enzyme exfoliants dan scrubs.


Proses ini berbeda dengan breakout. Breakout biasanya terjadi karena ketidak cocokan kulit dengan skincare yang menyebabkan timbulnya iritasi dan jerawat pada kulit. Purging biasanya ditandai dengan beberapa hal ini. 

Kulit Kemerahan dan Gatal

Ciri ciri purging setelah penggunaan skincare
Ilustrasi Purging/pinterest.com/thefashionspot

Hal yang umum sering terjadi saat proses purging adalah kulit menjadi merah dan gatal. Ciri-ciri purging ini memang sangat mengganggu penampilan dan membuat tak nyaman. Tapi tanda ini merupakan proses pengeluarannya sisa kulit mati dan racun yang terdapat dalam kulit keluar. Jadi jangan terlalu cemas saat kulit menjadi kemerahan dan gatal. 

Apakah saat ada tanda-tanda ini kita perlu berhenti menggunakan skincare? Penggunaan skincare dapat tetap digunakan karena setelah proses purging ini selesai kulit kita akan tampak lebih sehat, cerah dan lembut kembali. 

Adanya Pengelupasan

Ciri ciri purging setelah menggunaan skincare
Ilusrasi Purging/pinterest.com/summerdelfin

Selain kulit menjadi kemerahan dan gatal, sering kali proses purging ini menyebabkan kulit mengelupas. Pengelupasan ini terjadi dikarenakan proses regenerasi kulit yang cepat dan menyebabkan kulit mati cepat terangkat agar timbul kulit baru yang lebih sehat. 

Proses purging biasanya juga disebut proses detox dimana racun dan kulit mati yang tertumpuk di kulit. Proses purging pada setiap orang berbeda-beda tergantung jenis kulitnya. 

Tidak Adanya Iritasi

Ciri ciri purging karena skincare
Ilustrasi Purging/pinterest.com/lensemporia/

Perbedaan purging dan breakout yang paling terlihat adalah saat proses purging tidak adanya iritasi seperti breakout yang membuat kulit terasa perih dan panas. Walaupun adanya pengelupasan kulit, tetapi proses purging tidak menyebabkan iritasi. Hal ini dikarenakan saat proses pembersihan kulit hanya racun dan kotoran yang di dalam kulit di keluarkan dan kulit baru yang lebih sehat akan muncul. 

Timbulnya Jerawat, Beruntus dan Komedo

Ciri ciri purging setelah pemakaian skincare
Ilustrasi Purging/pinterest.com/turntopage28

Ladies, jangan khawatir apabila saat proses purging wajah akan timbul jerawat, beruntus dan komedo. Hal ini dikarenakan kandungan skincare yang kamu gunakan dapat mempercepat regenerasi kulit baru sehingga sel kulit mati dan racun dengan cepat diangkat ke permukaan berupa jerawat, komedo dan beruntus. 

Berbeda dengan breakout, jerawat yang timbul saat purging biasanya terletak ditempat timbulnya breakout bukan di tempat yang baru. 

Kulit Menjadi Lebih Cerah dan Sehat

Ciri ciri purging karena penggunaan skincare
Ilustrasi Purging/pinterest.com/lifestyle_square/

Proses purging memang sangat menyebalkan dan tidak nyaman. Kabar baiknya setelah kesabaran kita melewati proses purging, kulit kita akan berganti dengan kulit yang lebih sehat dan cerah. So, apabila kamu memiliki beberapa ciri-ciri purging di atas jangan khawatir dan bersabar karena kulit akan kembali normal dan tambah sehat.

Untuk mengurangi proses purging kamu juga dapat menjaga kesehatan dan kebersihan kulit dengan rajin cuci muka, mengkonsumsi makanan yang bernutrisi untuk kulit dan tidur yang cukup. Kamu juga dapat mengurangi intensitas pemakaian skincare apabila ingin mengurangi ciri-ciri purging, tapi jangan berhenti menggunakan skincare agar mendapatkan kulit yang kamu inginkan. 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id