sign up SIGN UP

SKINCARE

Dibanding Cream, 8 Kebiasaan Ini Lebih Ampuh Atasi Jerawat

Henny Alifah | Jumat, 11 Sep 2020 21:45 WIB
Dibanding Cream, 8 Kebiasaan Ini Lebih Ampuh Atasi Jerawat
caption

Jerawat. Demi menjinakkannya, kamu pun menjalani semua tahapan skincare routine dengan rajin dan teratur. Setelah mencoba banyak produk, kamu pun akhirnya menemukan satu yang benar-benar ampuh mengatasinya. Tak heran, kamu pun bersuka cita merayakannya, mengingat perjuanganmu yang panjang.

Tapi kadang, alangkah sedihnya, kamu harus patah hati karena ternyata produk yang semula membebaskanmu dari jerawat malah menimbulkan breakout di kemudian hari. Pada akhirnya, kamu pun sadar, tidak semua produk perawatan memberikan manfaat yang permanen.

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Jika iya, mungkin sekarang lah saatnya kamu memperbaiki beberapa kebiasaan sehari-hari. Akan baik jika kamu tidak hanya fokus pada pemakaian krim-krim penghilang jerawat, tapi juga menjalani kebiasaan yang sehat.


Cara mengatasi jerawat dapat dimulai dari kebiasaan sehari-hari. Nah, berikut ini adalah kebiasaan yang ampuh atasi jerawat.

1. Cuci muka setelah menggunakan sampo dan kondisioner

membersihkan muka setelah menggunakan sampo dan kondisioner merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/streicherhair

Menurut Pam Marshall, clinical aesthetician sekaligus co-founder Milk & Mortar, krim dan minyak rambut dapat menyebabkan jerawat di wajah. Kondisioner diformulasikan untuk menempel pada folikel rambut sehingga juga bisa menempel pada bulu-bulu halus wajah, berpotensi menyebabkan penyumbatan di pangkal yang akan menimbulkan flek. Pastikan kamu juga membersihkan dada dan punggung setelah membilas rambut jika menderita jerawat di dada atau punggung.

2. Pastikan usus sehat, konsumsi makanan sumber probiotik

menjaga usus sehat dengan mengonsumsi makanan sumber probiotik merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/loccitane

Ada dua cara untuk melepaskan racun, yaitu melalui usus atau melalui kulit. Yup, usus sehat ternyata bisa jadi kunci untuk mengatasi masalah kulit apapun, utamanya jerawat. Konsumsilah makanan sumber probiotik seperti yogurt, kefir, kimchi, miso, tempe, susu kedelai.

Ala Madeleine Spencer, yang merupakan beauty editor, blogger, makeup artist, dan juga kolumnis di Get The Gloss, kamu juga bisa menambah bakteri baik di usus dengan mengonsumsi probiotik cair seperti Symprove setiap pagi dan mengonsumsi tablet Optibac.

3. Cuci seprai dan sarung bantal dengan air bersuhu 60° C seminggu sekali

rajin mencuci dan mengganti sprei, selimut, dan sarung banyak merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/sensatiabotanicals

Rajin mencuci dan mengganti sprei serta selimut juga merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat. Sprei yang kotor bisa memperparah jerawat, apalagi sarung bantal.

Pam Marshall menyarankan untuk mengganti sarung bantal tiap dua kali seminggu karena keringat, bakteri, jamur, debu, polusi, dan sel kulit mati menumpuk di sana. Kecuali kamu mencuci rambut setiap malam sebelum tidur, kemungkinan besar itu akan membawa segala kotoran ke tempat tidur bersamamu dan menumpuk malam demi malam.

4. Bersihkan kuas makeup setidaknya sekali seminggu

mebersihkan kuas makeup seminggu sekali merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/benefitcosmetics

Cara mengatasi jerawat juga dapat dimulai dari kebersihan peralatan makeup. Kamu tahu, kan? Kuas makeup menampung bakteri, riasan lama, keringat, dan sel kulit mati. Cuci setidaknya sekali seminggu dengan pembersih lembut dan air panas. Biarkan hingga kering, gantung bulu-bulu di tepi meja agar udara bisa bergerak di sekitar kepala sikat.

5. Bersihkan ponsel dan gunakan dengan tangan bersih

membersihkan ponsel dan menggunakannya dengan tangan bersih merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/loccitane

Bayangkan, apa saja yang sudah kamu pegang dengan tanganmu, dengan siapa saja kamu berjabat tangan, lalu kamu menyentuh layar ponsel. Entah sudah berapa banyak kotoran atau bakteri yang menumpuk di sana sepanjang hari akhirnya menumpuk di layar ponsel. Selanjutnya dapat ditebak, kuman dan kotoran pun akhirnya dapat mengenai wajah ketika kamu melakukan panggilan telepon dengan ponsel tersebut.

Sebaiknya kamu selalu sedia tisu anti bakteri, di tas maupun di samping tempat tidur. Dengan demikian kamu bisa menyeka ponsel sepenuhnya tepat sebelum menggunakannya. Penting juga untuk cuci tangan sebelum mengangkat telepon, menjawab pesan, dan semua hal yang berhubungan dengan ponsel karena keyboard komputer yang kamu hadapi sepanjang hari juga sama kotornya tanpa kamu sadari.

6. Upayakan tidak menyentuh wajah

salah satu kebiasaan yang ampuh atasi jerawat yaitu tidak terlalu sering menyentuh wajah
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/figandyarrow

Kamu mungkin sudah lelah dengan saran ini. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, tangan bisa jadi membawa banyak kotoran.

Misalnya, kamu duduk manis mengikuti materi kuliah di kelas. Kamu tidak tahu siapa yang duduk di kursi-meja itu sebelumnya, apa yang telah mereka lakukan dengan tangan mereka di sana. Kamu menyentuh kursi-meja itu, ditambah apa pun yang kamu sentuh sepanjang hari, kemudian kamu menyentuh wajah. Berapa kali kamu bertopang dagu sambil materi dari dosen? Jadi, upayakan sekuat tenaga sebelum kamu mau menyentuh wajah.

7. Hindari konsumsi whey protein dan produk susu jika memungkinkan

menghindari konsumsi whey protein dan produk susu seperti keju, susu, atau es krim merupakan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/ssshhabnamm

Whey protein biasanya menyebabkan jerawat karena whey menghasilkan faktor pertumbuhan seperti insulin sehingga meningkatkan produksi sebum, yang kemudian mengiritasi folikel rambut dan kelenjar sebaceous. Karenanya, salah satu kebiasaan yang ampuh atasi jerawat yaitu pola makan vegan.

Beberapa orang tidak bereaksi sama sekali terhadap produk susu sementara yang lain hanya mentolerir beberapa bentuk: keju, misalnya, tetapi tidak pada susu dan es krim. Jika kamu termasuk di antaranya, perlahan dan selangkah demi selangkah hentikan konsumsinya.

8. Tidak memakai terlalu banyak produk di wajah

salah satu cara mengatasi jerawat yaitu dengan menggunakan satu atau dua produk saja tapi mampu bekerja efektif
Kebiasaan yang Ampuh Atasi Jerawat/ Foto: Instagram.com/cosrx

Less is more. Kamu mungkin hanya perlu menjaga rutinitas perawatan wajah yang sederhana, namun spesifik sebagai cara mengatasi jerawat. Menurut Pam Marshall, ada dua produk yang kombinasinya bisa jadi cara mengatasi jerawat yang ampuh. Pertama, PHA (polyhydroxy acids), yang mengelupas dan menghidrasi dengan lembut secara bersamaan. Semakin tinggi daftar bahan-bahannya semakin baik, carilah lactobionic acid, maltobionic acid dan gluconolactone. Kemudian gabungkan dengan mandelic acid, yang merupakan AHA (alpha hydroxy acid), yang sangat lembut dan mampu membunuh bakteri. 

Itu tadi delapan kebiasaan yang ampuh atasi jerawat. Perhatikan pula, kamu mungkin punya kebisaan di bawah sadar yang membuat jerawat terus betah di wajah. Misalnya, selesai nge-gym kamu langsung merebahkan diri di sofa, tanpa sadar setiap hari ini menambahkan keringat dan bakteri dan bahkan mungkin jamur ke sofa, dan kemudian ditransfer ke wajahmu. Jadi penting untuk selalu menjaga kebersihan.

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id