sign up SIGN UP

SKINCARE

Diet Sehat untuk Hilangkan Jerawat

Ika Dyah | Rabu, 19 Aug 2015 10:00 WIB
Diet Sehat untuk Hilangkan Jerawat
caption
Jerawat memang tidak sepenuhnya disebabkan oleh faktor makanan. Stres, kurang menjaga kebersihan, dan faktor genetik bisa menjadi faktor lain penyebab timbulnya jerawat. Akan tetapi jerawat yang memang disebabkan oleh makanan bisa diatasi dengan cara diet sehat untuk menghilangkan jerawat. Mengapa harus diet? Mungkin diet Minasan ketahui selama ini hanya untuk menurunkan berat badan. Namun pada kenyataanyya, diet sehat juga berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat yang mengganggu Minasan selama ini. Seperti apa itu? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Perbanyak Minum Air Putih


Air sebagai pembersih, pelarut dan pembuang racun dalam tubuh. Selama ini yang Minasan tahu bahwa takaran untuk minum air putih adalah 8 gelas sehari, namun untuk Minasan yang memiliki berat badan berlebih tentunya akan berbeda kebutuhan air dalam tubuh. Lalu berapa kira-kira jumlah air putih yang perlu Minasan konsumsi? Minasan bisa menghitungnya dengan cara berat badan Minasan dibagi 20, maka hasilnya adalah berapa liter air yang seharusnya Minasan konsumsi setiap harinya. Contoh: jika berat badan Minasan 60 kg, maka air minum yang harus Minasan konsumsi 3 liter tiap harinya. Minum air putih ini akan membantu menjaga kelembaban kulit Minasan. Kulit yang lembab adalah salah satu ciri kulit sehat, dan kulit yang sehat akan membuat Minasan terhindar dari masalah kulit seperti jerawat.
Foto: https://blog.aingindra.co.id/rajin-minum-air-putih-dapat-menurunkan-berat-badan/

Kurangi Konsumsi Gula


Apabila Minasan berjerawat, lakukan diet rendah gula. Minasan bisa mencoba untuk mengganti gula dengan madu dan menghindari makanan dan minuman yang manis seperti soda, kue-kue atau makanan lainnya yang banyak mengandung gula. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi kulit yang berjerawat agar tidak lebih parah dan menyembuhkan jerawat sedikit demi sedikit.

Konsumsi Suplemen Minyak Ikan


Minyak ikan tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh Minasan tetapi juga untuk kesehatan kulit Minasan. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 di dalam minyak ikan berfungsi sebagai penghalang alami untuk peradangan pada jerawat. Jadi, apabila Minasan ingin mengobati jerawat dari dalam, Minasan bisa menambahkan suplemen minyak ikan ini.
Foto: https://dokita.co/blog/manfaat-suplemen-minyak-ikan-omega-3-untuk-tekanan-darah-tinggi/

Konsumsi Makanan yang Kaya Serat


Penyebab umum lainnya jika timbul jerawat pada Minasan adalah akibat kekurangan serat. Serat adalah bagian terpenting yang membantu sistem pencernaan dalam tubuh Minasan. Kira-kira berapa kebutuhan serat Minasan dalam sehari? Kebutuhan serat dalam tubuh Minasan adalah 20 sampai 30 gram serat setiap hari. Serat sendiri bermanfaat untuk menjaga usus besar tetap bersih dan mengeluarkan racun dari tubuh sebelum mencapai kulit.

Diet Karbohidrat


Kurangi asupan karbohidrat Minasan. Hindari karbohidrat yang sudah melewati proses kimia seperti soda, permen, atau makanan yang dimasak pada pemanggangan karena bisa meningkatkan tingkat insulin dalam darah dan peningkatan insulevel yang mungkin menjadi penyebab jerawat. Jika Minasan bisa melakukan diet karbohidrat ini dengan benar, tidak hanya jerawat saja yang hilang, bahkan Minasan jika bisa menurunkan berat badan sebagai bonusnya.
Foto: https://www.lihatdisini.com/health/cara-diet-karbohidrat-yang-benar

Diet Rendah Lemak dan Kalori


Diet rendah lemak dan kalori artinya Minasan harus mengontrol asupan lemak dan kalori yang masuk dalam tubuh. Bukan berarti tanpa kalori atau lemak sama sekali, ya, Minasan. Kebutuhan kalori dan lemak tiap orang berbeda sesuai dengan aktivitas masing-masing. Minasan yang berjerawat biasanya memiliki kadar hormon berlebih dan mengakibatkan kulit cenderung berminyak sehingga menyebabkan kotoran cepat menempel pada kulit. Jerawat ini sebenarnya adalah sebagian lemak yang dikeluarkan pada kulit yang bercampur dengan kotoran kemudian menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang, sehingga terjadilah peradangan. Hasil dari perdangan inilah yang nantinya menjadi jerawat.
(ebn/ebn)

Our Sister Site

mommyasia.id