sign up SIGN UP

SKINCARE

Fakta Tentang Azulene Oil, Bahan Skincare Berwarna Biru

Intan Dwi | Jumat, 11 Sep 2020 09:30 WIB
Fakta Tentang Azulene Oil, Bahan Skincare Berwarna Biru
caption

Nah, apakah kalian pernah tahu kalau saat ini ada produk skincare berwarna biru? Jika kalian sudah tahu atau pernah menggunakannya, kalian tahu enggak sih warna biru itu berasal dari mana?

Dilansir dari Byrdie, inilah tentang Azulene Oil bahan skincare yang berwarna biru, mulai dari kandungannya, manfaatnya hingga efek sampingnya.

Apa Itu Azulene Oil?

Herbivore-Lapis Blue Tansy Face Oil, salah satu produk skincare yang mengandung azulene oil.
Herbivore Lapis Blue Tansy Face Oil/sephora.com

Produk-produk skincare yang memiliki warna biru, kemungkinan besar mengandung Azulene Oil. Apa itu Azulene Oil?


Azulene merupakan minyak nabati alami yang berasal dari distilasi uap bunga chamomile, yarrow dan blue tansy. Dimana semua bahan-bahannya memiliki sifat anti-inflamasi. Dengan warna birunya yang cantik ini membuat produk tampak bagus.

Tak hanya itu, azulene oil ini salah satu bahan penenang kulit terbaik yang pernah ada. Hal menarik lainnya adalah nama ‘azul’ sendiri berasal dari bahasa Spanyol yang artinya biru. Azulene oil ini juga kerap ditemukan di tempat-tempat waxing untuk menenangkan kulit setelah waxing. Terus apa manfaatnya?

Anti-inflamasi

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, azulene ini dapat menenangkan berbagai iritasi kulit
Anti-inflamasi/freepik.com

Memiliki sifat anti-inflamasi, azulene ini dapat menenangkan berbagai iritasi kulit, seperti benjolan dan kemerahan setelah waxing. Meskipun bahan ini lebih sering ditemukan dalam produk-produk untuk mencukur atau waxing bulu.

Meski begitu perlahan-lahan bahan ini dimasukkan ke dalam formula produk skincare. Produk dengan azulene oil ini juga bisa digunakan jika kamu mengalami kulit terbakar.

Melembapkan

Azulene oil juga meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga dapat melembabkan kulit
Melembabkan/freepik.com

Memang produk dengan bahan azulene oil masih terbilang jarang, karena bahan ini baru digunakan oleh produk-produk skincare high-end. Azulene oil juga meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga dapat melembabkan kulit dan memberi efek menghidrasi yang baik untuk kulit.

Anti-mikroba

Manfaat anti-inflamasi tersebut bisa bertindak sebagai anti-mikroba yang akan membantu mencegah jamur yang nantinya menyebabkan infeksi pada kulit.
Anti-mikroba/freepik.com

Manfaat anti-inflamasi tersebut bisa bertindak sebagai anti-mikroba yang akan membantu mencegah jamur yang nantinya menyebabkan infeksi pada kulit. Meskipun masih belum ada cukup studi klimis yang mendukung manfaat azulene untuk jerawat. Tetapi ada beberapa produk untuk perawatan jerawat yang menggunakan bahan ini.

Efek Samping Azulene Oil

Jika kalian yang alergi terhadap bunga chamomile atau tanaman lainnya dalam keluarga daisy, itu bisa bereaksi cepat.
Efek Samping Azulene Oil/freepik.com

Azulene oil ini umumnya bisa digunakan dengan baik oleh sebagian orang, tapi tak dipungkiri jika ada seseorang yang menggunakan dan memiliki efek sampingnya. Karena efek samping dalam penggunaan produk skincare menjadi hal yang mungkin terjadi.

Bagi kamu yang alergi terhadap bunga chamomile atau tanaman lainnya dalam keluarga daisy, itu bisa bereaksi cepat. Karena itu lebih baik hindari menggunakan produk skincare dengan bahan azulene oil.

Azulene oil ini juga bisa membuat kulit kamu lebih sensitif terhadap sinar matahari. Karena itu hindari paparan sinar matahari setelah menggunakan produk azulene. Jangan lupa selalu pastikan untuk menggunakan produk yang memiliki SPF.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id