sign up SIGN UP

SKINCARE

Fakta Tentang Retinol dan Cara Tepat untuk Menggunakannya

Rumaysha Milhania | Selasa, 15 Sep 2020 11:30 WIB
Fakta Tentang Retinol dan Cara Tepat untuk Menggunakannya
Retinol/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Bagi kamu yang suka mencari review dan ulasan mengenai produk skincare, kamu pasti sering mendengar Retinol. Bahan ini memang sering sekali dipampang sebagai bahan aktif utama yang dipromosikan dari sebuah produk anti-aging. Pasalnya, bahan ini memang sangat menarik karena dapat memberikan banyak manfaat untuk kulit, bahkan diakui oleh banyak ahli perawatan kulit.

Dibutuhkan waktu untuk bisa membangun toleransi kulit dalam menerima retinol.
Retinol/ Sumber: Freepik.com

1. Toleransi Penggunaan yang Harus Dibangun

Penggunaan retinol itu sendiri tidak boleh sembarangan. Kamu tidak bisa langsung menggunakannya seperti skincare pada umumnya. Dibutuhkan waktu untuk bisa membangun toleransi kulit dalam menerima retinol. Selain itu, ada lebih dari satu jenis retinoid yang juga harus dipilih. Biasanya, untuk penggunaan awal di lakukan 1 atau 2 kali dalam seminggu. Lakukan ini selama 3 bulan berturut-turut sebelum mengistirahatkan penggunaan selama 3 bulan berikutnya.


2. Mencegah Munculnya Tanda-Tanda Penuaan

Meskipun perlu dipahami betul penggunaannya, para ahli setuju tidak ada bahan yang bekerja seoptimal dan seefektif retinol untuk menghaluskan kulit. Ini adalah satu-satunya bahan yang terbukti secara nyata mengurangi munculnya penuaan.

Retinol meningkatkan proses pergantian sel dan merangsang produksi kolagen dan elastin. Itu dapat meningkatkan tampilan kulit serta menambah kekencangan dengan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan.
Manfaat Retinol/ Sumber: Freepik.com

3. Meningkatkan Regenerasi Kulit

Retinol meningkatkan proses pergantian sel dan merangsang produksi kolagen dan elastin. Itu dapat meningkatkan tampilan kulit serta menambah kekencangan dengan menyamarkan garis-garis halus dan kerutan. Bahan aktif ini juga dapat memperbaiki warna kulit yang tidak merata, merawat pigmentasi dan menghaluskan permukaan kulit. Bahkan dapat membantu mengatasi jerawat dan noda kistik di wajah.

4. Usia Terbaik Mulai Menggunakan Retinol

Usia 20-an adalah waktu terbaik untuk mulai menggunakan retinol. Meskipun tidak ada waktu yang pasti untuk menjadi waktu paling tepat menggunakan retinol, sebagian besar ahli kulit menyarankan untuk memperkenalkan produk ini pada usia pertengahan dua puluhan, terutama jika kamu menderita jerawat atau masalah pigmentasi. Sebaiknya gunakan retinol selama 3 bulan, kemudian istirahat tiga bulan sebelum kembali menggunakannya di periode 3 bulan selanjutnya.

Retinol tidak bekerja dengan baik pada semua orang. Hindari jika kamu menderita rosacea, eksim, atau psoriasis.
Bahaya Retinol/ Sumber: Freepik.com

5. Efek Samping Retinol

Retinol tidak bekerja dengan baik pada semua orang. Hindari jika kamu menderita rosacea, eksim, atau psoriasis. Bahan aktif terlalu kuat pada kulit yang membutuhkan sentuhan lembut. Jika dipaksakan, ini dapat meningkatkan peradangan, kulit kering dan kerusakan pada kulit yang sudah halus.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id