sign up SIGN UP

SKINCARE

Gak Cuma Jerawat, Masker Juga Bikin Kulit Kering Lho!

Budi Rahmah Panjaitan | Kamis, 10 Sep 2020 16:00 WIB
Gak Cuma Jerawat, Masker Juga Bikin Kulit Kering Lho!
caption

Sesuai dengan anjuran organisasi kesehatan dunia WHO di masa pandemi untuk tetap memakai masker, maka memang sudah sepatutnya hal ini dilaksanakan. Tidak heran jika beberapa bulan terakhir ini, penggunaan masker sudah menjadi suatu kebiasaan.

Namun di samping itu, ada beberapa persoalan yang muncul terkait penggunaan masker ini. Sebut saja kulit berjerawat dan juga kulit kering. Apa yang menyebabkan hal itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Masker Menyebabkan Kulit Berjerawat

penggunaan masker dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan perubahan kelembapan dan temperatur di sekitar wajah yang tertutup oleh masker.
mask/freepik.com

Satu hal yang tentu jadi pertanyaan saat ada pernyataan “masker menyebabkan kulit berjerawat” adalah tentang apa penyebabnya. Ya, jelas saja bisa karena penggunaan masker dalam kurun waktu yang lama bisa menyebabkan perubahan kelembapan dan temperatur di sekitar wajah yang tertutup oleh masker.


Kondisi lembap ini lah yang kemudian membuat pori menjadi tersumbat dan akhirnya muncul jerawat. Lebih lanjut, penyebab lainnya adalah gesekan dan tekanan yang terjadi akibat pemakaian masker.

Hal ini bisa menyebabkan skin barrier terganggu dan akhirnya merangsang pertumbuhan jerawat. Selain itu, satu hal lagi yang juga sangat memungkinkan adalah adanya sisa-sisa deterjen yang digunakan untuk mencuci masker. Ini dapat membuat pori menjadi tersumbat sehingga memicu timbulnya jerawat.

Masker Menyebabkan Kulit Kering

Biasanya, masker yang digunakan sehari-hari ini bisa menyerap minyak alami kulit sehingga membuatnya menjadi kering.
mask/freepik.com

Selanjutnya adalah masker bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini biasanya terjadi karena masker yang digunakan berbeda dengan masker medis. Biasanya, masker yang digunakan sehari-hari ini bisa menyerap minyak alami kulit sehingga membuatnya menjadi kering.

Apalagi jenis maskernya memang mempunyai tekstur lembut dan memungkinkan hal tersebut terjadi. Hal ini bisa ditandai dengan warna kulit yang menjadi merah, permukaan menjadi kasar dan lebih sensitif.

Mengatasi Kulit Berjerawat Akibat Penggunaan Masker

pilih masker kain yang tepat. Misalnya saja yang terbuat dari bahan katun karena lebih memungkinkan kulit untuk bisa bernapas
masker/freepik.com

Untuk menghindari kemungkinan munculnya jerawat akibat masker, kamu bisa menerapkan beberapa hal. Pertama, cuci lah wajah sebelum dan sesudah menggunakan masker. Proses pembersihan ini bisa dilakukan dengan menggunakan sabun yang lembut untuk wajah.

Kedua, tidak perlu memakai makeup karena bisa menyumbat pori dan meningkatkan risiko kulit berjerawat. Kalaupun ingin menggunakan makeup, maka pilihlah yang formulanya ringan. Ketiga, pilih masker kain yang tepat. Misalnya saja yang terbuat dari bahan katun karena lebih memungkinkan kulit untuk bisa bernapas.

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah mencuci masker dengan baik dan benar. Pastikan bahwa tidak ada lagi sisa deterjen pada masker.

Mengatasi Kulit Kering Akibat Penggunaan Masker

Mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menghidrasi kulit dari  dalam bisa dimulai dengan menemukan asupan yang memiliki kandungan air yang tinggi
masker/freepik.com

Nah, satu lagi masalah yang sering dihadapi karena penggunaan masker adalah kulit kering. Untuk itu, memastikan kulit terhidrasi dengan baik adalah solusinya. Mengkonsumsi makanan yang bisa membantu menghidrasi kulit dari  dalam bisa dimulai dengan menemukan asupan yang memiliki kandungan air yang tinggi dan meminum air dalam jumlah yang cukup.

Untuk perawatan dari luar, penggunaan pelembap adalah solusinya. Pelembap ini bisa digunakan setengah jam sebelum memakai masker agar bisa terserap sempurna ke dalam kulit.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id