sign up SIGN UP

SKINCARE

Gak Cuma Sabun Pepaya, Sabun Zaitun Juga Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan Kulit!

tyana | Jumat, 16 Oct 2020 15:00 WIB
Gak Cuma Sabun Pepaya, Sabun Zaitun Juga Punya Segudang Manfaat untuk Kecantikan Kulit!
caption

Sabun pepaya memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Tapi, ternyata tak hanya sabun pepaya. Sabun zaitun juga tak kalah memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit lho, Ladies. 

Buah zaitun bukan hal baru dalam kandungan skincare. Buah ini telah dimanfaatkan dari berabad-abad lalu menjadi rahasia kecantikan Ratu Cleopatra. Zaitun kaya akan antioksidan dan vitamin. Untuk itu tak salah kalau sabun zaitun memiliki berbagai macam manfaat sebagai berikut. 

1. Menghaluskan Kulit Badan dan Wajah

Manfaat sabun zaitun yang tak kalah dari sabun pepaya
Ilustrasi Kulit Halus/Pinterest.com/zorida7777

Sama halnya dengan sabun pepaya. Sabun zaitun juga memiliki manfaat untuk menghaluskan kulit wajah dan badan. Zaitun kaya dengan vitamin A dan E sebagai antioksidan yang dapat merangsang kulit memproduksi collagen.

Kulit menjadi lebih kenyal dan halus. Zaitun juga banyak mengandung nutrisi yang baik sehingga kulit semakin sehat dan terhidrasi dengan baik. Gunakan secara teratur untuk mendapatkan kulit yang sehat, lembap dan halus,

2. Mencerahkan Kulit

Manfaat dari sabun zaitun
Ilustrasi Kulit Cerah/Pinterest.com/remie3390

Tak hanya dapat menghaluskan dan melembapkan kulit. Zaitun juga mengandung senyawa polifenol dan hidroksi kortisol yan dapat membuat kulit menjadi lebih cerah. Kandungan antioksidan dalam sabun zaitun juga dapat melindungi sel-sel kulit dari kerusakan karena radikal bebas. Radikal bebas itu sendiri merupakan zat yang terbentuk secara alami saat terjadi proses metabolisme di dalam tubuh.

3. Mencegah Penuan Dini

Manfaat sabun zaitun untuk mencegah penuaan dini
Ilustrasi Kulit Awet Muda/Pinterest.com/lssouthern

Ladies, tahukah kamu kalau aktivitas kita sehari-hari dapat mempercepat penuan kulit? Paparan sinar matahari dapat merusak kulit sehingga cepatnya muncul tanda-tanda penuan.

Tak hanya itu penggunaan makeup dan skincare yang tak cocok ataupun terlalu keras dapat merusak lapisan pelindung kulit yang menyebabkan munculnya penuan dini. Sabun zaitun mengandung banyak nutrisi diantaranya adalah vitamin A dan E yang bermanfaat mempercepat regenerasi sel baru. Sehingga kulit menjadi lebih sehat dan muda.

4. Mengecilkan Pori-pori

Manfaat sabun zaitun
Ilustrasi Pori-pori Halus/Pinterest.com/rebelnewdress

Memiliki pori-pori besar tak hanya dapat mempercepat munculnya komedo tetapi juga bikin makeup menjadi tidak rata. Sabun zaitun mengandung zat linoleic acid yang dapat menjaga kadar air pada wajah.

Selain itu kandungan antioksidan dalam sabun zaitun juga dapat merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Oleh karena itu bukan hanya kulit yang terlihat lebih sehat tetapi juga pori-pori kulit juga lebih tersamarkan.

5. Mengatasi Jerawat

Manfaat sabun zaitun untuk mengatasi jerawat
Ilustrasi Kulit Tanpa Jerawat/Pinterest.com/behance

Jerawat tak hanya muncul di wajah tetapi juga di bagian punggung dan dada. Jerawat disebabkan oleh menumpuknya kulit mati, minyak dan kotoran sehingga menimbulkan bakteri. Kandungan vitamin E dalam sabun zaitun memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mempercepat peradangan jerawat.

Sabun zaitun juga memiliki antibakteri alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Banyak banget iya manfaat sabun zaitun. Tertarik untuk mencoba? 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id