sign up SIGN UP

SKINCARE

Gak Perlu Khawatir, Begini Cara Bikin Pori-Pori Wajah Terlihat Mengecil

Priska Andini | Jumat, 11 Oct 2019 06:45 WIB
Gak Perlu Khawatir, Begini Cara Bikin Pori-Pori Wajah Terlihat Mengecil
caption
Kotoran dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan beragam masalah. Tapi tahu tidak, ternyata hal-hal ini dapat membuat pori-porimu mengecil, lho. Simak ulasannya dan praktikkan segera!

Pori-Pori Besar


Kulit kita memiliki pori-pori untuk membantu keluarnya minyak dan keringat yang berlebih di dalam tubuh, tak terkecuali di wajah. Meski kehadirannya diperlukan, namun jika pori-pori wajahmu terlalu besar, hal ini malah akan memudahkan kotoran untuk masuk dan menjadi salah satu penyebab jerawat. Selain jerawat, kehadiran pori-pori yang besar juga dapat menimbulkan permasalahan kulit seperti warna kulit yang kusam sebagai efek dari kulit mati yang bertumpuk.


Foto: Istimewa

Nah, untuk kamu yang struggling dengan permasalahan pori-pori besar, jangan khawatir, girls! Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat pori-porimu mengecil, lho. Penasaran? Yuk simak penjelasannya:


Stop Pegang Wajah dengan Tangan, Apalagi Memencet Jerawat!


Memang sih, kehadiran komedo dan jerawat sangat mengganggu penampilan. Mata pun rasanya risih ya, saat melihatnya. Alhasil, tangan kita jadi gatal ingin mencetin jerawat. Eits, stop melakukan hal itu mulai sekarang! Tahukah kamu, ternyata kondisi tangan yang kotor juga bisa memperburuk wajahmu lho, terlebih jika kamu memiliki problem pori-pori yang besar.

Jerawat yang dipaksa keluar dengan dipencet, selain membuat luka pada wajah, juga bisa makin memperbesar pori-porimu. Big no, kan? Makanya, sekarang ditahan-tahan ya girls, kalau ingin memegang wajah, apalagi mencet jerawat...



Foto: Istimewa

Rajin Membersihkan Wajah dengan Produk dan Cara yang Tepat


Sebagai pemilik pori-pori besar, otomatis wajahmu semakin rentan dengan kotoran, girls. Maka dari itu, jangan malas membersihkan pori-porimu ya! Pilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, pastikan kamu membersihkan wajah sampai benar-benar bersih dengan teknik double atau triple cleansing.

Sesekali, kamu juga bisa melakukan pembersihan pori-pori dengan menggunakan uap dari air hangat. Setelah diuapi, bersihkan wajahmu seperti biasa, bilas, lalu kompres wajahmu dengan menggunakan kompres es batu. Dijamin, pori-pori wajahmu akan mengecil!


Foto: Istimewa

Rajin Melakukan Eksfoliasi dan Menggunakan Masker


Nasib si pori-pori besar, saking besarnya, alhasil kotoran pun semakin banyak yang masuk dan menumpuk hingga membuat wajah jadi kusam. Stop sedih dan galau ya, girls. Kamu bisa mengatasi wajah kusam dengan rajin melakukan eksfoliasi dan menggunakan masker, kok! Cukup 2 sampai 3 kali dalam seminggu, hal ini bisa mengecilkan pori-pori wajahmu.

Pastikan kamu mengeksfoliasi wajahmu dengan menggunakan scrub yang tidak terlalu kasar, ya. Untuk masker, kamu bisa menggunakan masker alami seperti masker dari putih telur atau clay mask. Hal ini dikarenakan kandungan kaolin dan bentonite pada clay mask mampu mengecilkan pori-porimu.


Foto: Istimewa

Konsumsi Makanan Sehat dan Kaya Nutrisi


Selain perawatan dari luar, kamu juga bisa merawat tubuhmu dari dalam dengan menjaga asupan makanmu, lho. Perbanyaklah mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin, seperti beri-berian, kacang-kacangan, dan makanan kaya serat. Untuk metabolisme tubuh yang baik, pastikan pula kamu cukup minum air putih ya!


Foto: Istimewa

Istirahat yang Cukup


Ternyata, semua yang kamu lakukan untuk memperkecil pori-pori tidak akan membuahkan hasil yang maksimal jika kamu masih suka begadang. Istirahat yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh kulit, untuk melakukan proses regenerasi. Permasalahan kulit bisa timbul jika kamu tidak cukup istirahat. Tahukah kamu, ternyata waktu metabolisme tubuh paling optimal adalah dari pukul 10 malam hingga pukul 2 pagi? Makanya, pastikan kamu tidur cukup ya, girls!


Foto: Istimewa
(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id