sign up SIGN UP

SKINCARE

Hati-Hati, 5 Jenis Perawatan Ini Ternyata dapat Merusak Wajah kalau Terlalu Sering Dilakukan, Lho!

Priska Andini | Rabu, 01 Apr 2020 15:00 WIB
Hati-Hati, 5 Jenis Perawatan Ini Ternyata dapat Merusak Wajah kalau Terlalu Sering Dilakukan, Lho!
caption
Saat melakukan perawatan wajah, baik itu di rumah maupun di klinik atau salon kecantikan, pastinya kita mengharapkan hasil yang maksimal, bukan? Namun, apa jadinya ya, kalau kita terlalu sering melakukan perawatan wajah?

Memiliki wajah yang cantik dan bersih merona sepertinya menjadi impian hampir semua wanita Indonesia. Terlebih, banyak beauty brand yang menjamur di Indonesia dengan produk-produk kecantikan yang mengklaim hasil sempurna bagi si pemakainya, sehingga tak heran banyak yang berbondong-bondong membeli produk kecantikan, entah itu makeup ataupun skincare. Bahkan, orang semakin tidak sayang merogoh kocek dalam-dalam demi membeli beauty product tersebut, demi kulit yang sempurna.
 


Foto: Istimewa

Tak hanya beauty product saja, kebanyakan wanita juga melakukan perawatan wajah untuk hasil yang maksimal, baik itu dilakukan secara mandiri di rumah maupun di klinik atau salon kecantikan. Namun, tahukah kamu, ternyata beberapa jenis perawatan kecantikan yang kamu lakukan, jika terlalu sering, justru malah membuat wajahmu rusak. Nah lho, apa saja ya? Berikut 5 jenis perawatan yang sebaiknya tidak perlu kamu lakukan sering-sering, karena dapat merusak wajah.
 


1.    Mencuci Wajah dengan Facial Foam


Saat wajahmu terasa kusam dan berminyak, biasanya apa yang kamu lakukan? Ya, pasti ingin buru-buru membasuh wajah sampai bersih. Umumnya, kita menggunakan sabun wajah a.k.a. facial foam saat mencuci wajah. Selain membuat wajah bersih, formulasi dalam facial foam juga mampu membersihkan pori-pori wajahmu, mengangkat minyak berlebih, hingga membuat wajahmu terasa kenyal dan terlihat kinclong. Apalagi ketika baru pulang beraktivitas, mencuci wajah dapat mengangkat kotoran dan polusi dari kulitmu dan membuat wajahmu bebas jerawat.



Foto: Istimewa

Namun, jika kamu terlalu sering mencuci wajah dengan facial foam, hal ini ternyata dapat merusak wajahmu, lho! Ini terjadi karena facial foam mampu menghilangkan minyak di kulitmu, sementara wajah sebenarnya tetap membutuhkan minyak untuk menjaga kelembapannya. Alhasil, kulitmu malah akan jadi super kering dan bisa saja menimbulkan reaksi peradangan hingga jerawat. Oleh karena itu, cukup cuci wajahmu dengan facial foam sebanyak 2 kali sehari, yaitu saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.
 


2.    Mencuci Wajah dengan Air Hangat


Jika kamu mencuci wajah dengan air hangat, ternyata air hangat mampu membuka pori-pori kulitmu, sehingga sisa sabun malah akan masuk ke dalam pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat. Selain itu, terlalu banyak menggunakan air hangat juga bisa menyebabkan kulit kering dan kehilangan kelembapannya.

Oleh karena itu, kurangi penggunaan air hangat saat mencuci wajah, ya. Kamu bisa menggunakan air bersuhu normal, atau jika ingin menggunakan air hangat, bilaslah wajah dengan menggunakan air dingin. Hal ini bertujuan untuk membuat pori-porimu mengecil kembali setelah ‘dibuka’ dengan air hangat.


Foto: Istimewa


 


3.    Eksfoliasi Wajah


Semakin dewasa, kulit kita cenderung makin kehilangan kemampuannya untuk beregenerasi. Akibatnya, kita perlu untuk melakukan eksfoliasi agar sel-sel kulit mati kita mampu terangkat dan merangsang pertumbuhan sel baru. Eksfoliasi juga mampu membuat kulitmu terlihat lebih cerah. Biasanya, eksfoliasi dilakukan dengan mengaplikasikan scrub ke wajah dan melakukan gerakan memijat lembut untuk membersihkan wajah.


Foto: Istimewa

Namun, jika kamu terlalu sering melakukan eksfoliasi wajah, maka kulitmu bisa saja malah menjadi tipis dan akhirnya meradang karena luka. Kulit yang terlalu tipis juga dapat menimbulkan masalah seperti jerawat dan garis-garis penuaan, lho! Untuk itu, cukup lakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali dalam seminggu, ya.
 


4.    Menggunakan Banyak Produk Skincare


Banyaknya produk skincare yang memiliki kualitas bagus pastinya membuat kita tergiur untuk mencobanya, ya. Apalagi klaim yang dimiliki masing-masing produk sama-sama menjanjikan dan sayang untuk dilewatkan. Tapi, terlalu banyak menggunakan produk skincare justru tidak baik untuk wajahmu, Ladies. Hal ini karena formula yang dimiliki setiap produk tidak selalu cocok untuk kulitmu, apalagi jika kamu memiliki riwayat kulit yang sensitif.


Foto: Istimewa

Sebagai gantinya, cukup gunakan produk yang memang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan. Tahan nafsu untuk memborong semua produk, dan fokuslah pada kebutuhan kulit wajahmu. Tidak harus memiliki banyak skincare, kamu tetap bisa membuat wajahmu sehat, kok.
 


5.    Melakukan Facial Treatment


Hayo, siapa nih yang suka melakukan facial treatment di klinik estetika atau salon kecantikan? Memang sih, facial memiliki sejumlah manfaat, diantaranya menghilangkan komedo dan jerawat serta membuat kulit lebih kenyal dan sehat. Namun, jangan terlalu sering melakukan facial, ya! Terlalu banyak facial ternyata mampu membuat kulit menipis dan bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, kemerahan, sampai reaksi alergi.


Foto: Istimewa

Jika kamu masih di umur 18-22 tahun, sebaiknya lakukan facial treatment 8-10 minggu sekali, karena kulitmu pun belum memiliki banyak masalah yang harus diselesaikan dengan facial. Selain itu, pastikan kamu berkonsultasi dengan ahlinya sebelum melakukan facial, ya.


(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id